Dibalik Kenikmatan Pada Kentang Goreng

Kentang goreng yang menggoda ilustrasi kentang goreng didapat dari sini ^^

Ada yang suka kentang goreng, ubi goreng serta goreng-gorengan? atau suka menggoreng dengan minyak yang itu-itu saja? Pasti semua suka dan selalu terbayang nikmatnya kentang goreng, ubi goreng dan goreng-gorengan. Tapi hati-hati ya, karena ada yang tersembunyi nih dari kentang goreng, ubi goreng goreng-gorengan dan pengunaan minyak goreng yang overcooked. Apa sih yang tersembunyi itu? Namanya Akrilamideatau Akrilamida. Heh? Akrilamida? Apasih Akrilamida itu? Menurut Wikipediaadalah senyawa organic sederhana dengan rumus kimia C3H5NO dan berpotensi berbahaya bagi kesehatan (menyebabkan kanker dan karisnogenik). Dalam bentuk murni ia berwujud padatan kristal putih dan tidak berbau.


Rumus Kimia Akrilamida
Ini Akrilamida dalam bentuk 3D, Lucu ya ^^ Cek Akrilamida disini ya

Kok bisa si akrilamida ada di kentang goreng, ubi goreng dan goreng-gorengan? akrilamida bisa ada di kentang goreng, ubi goreng dan goreng-gorengan karena terjadi reaksi lanjutan Maillard. Reaksi Maillarddalam proses penggorengan bisa terjadi karena ada reaksi antara gula pereduksi dan amino acid (terutama Asparagin).
Reaksi Maillard

Terus kenapa yang paling sering disebut kentang goreng? Karena kentang goreng paling banyak mengandung Asparaginlebih detail tentang Asparagin
Berarti kita harus puasa makan kentang goreng, umbi goreng dan goreng-gorengan dong?
Tenang, kita masih bisa mengkonsumsi kentang goreng yang enak dan turunannya dengan cara menurunkan kadar Asparagin. Berikut adalah tips-tips yang dapat mengurangi Asparagin:
  1. Melakukan perendaman setelah pemotongan
  2. Merendam dengan air garam
  3. Mengganti minyak setelah menggoreng
  4. Menggunakan enzim Asparaginase
Selamat makan cerdas dan enak ya ^^

Leave a Reply