The Muslim’ Show : Komik Dakwah dari Perancis

Ada yang tahu dengan komik di atas? kalau suka sowan ke FB, mungkin tahu atau pernah melihat komik yang unik, lucu dan menghibur ini. Komik ini diberi nama The Muslim’ Show karena menggambarkan kisah sehari-hari para penganut agama islam yang berinteraksi dengan masyarakat umum. Berlatar belakang kehidupan di Negara Pusat Mode terbesar di dunia yaitu Perancis, komik ini bisa memberikan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari tanpa kesan menggurui.  Salah satu contoh adalah komik dengan judul A Dangerous Appetite? Digambarkan pada komik tersebut seseorang yang pertama kali menerima suap. Sekali menerima suap orang tersebut terus menerus menerima suap dan sulit berhenti hingga kematianlah yang menghentikannya.
Siapa sih orang-orang yang membuat komik lucu sarat makna ini? yuk kita kenalan 🙂

Noredin Allam sumber foto
Noredine Allam si Jenius yang menciptakan komik-komik lucu yang sarat makna ini lahir pada tahun 1977, di Amiens (Utara Perancis). Perjalanan karirnya dimulai saat ia berumur 17 tahun sebagai kartunis. Allam pun mendirikan studio 2HB yang mengkhususkan pada pembuatan grafiti. Pada tahun 1999, Allam merambah dibidang mewarnai dan mengerjakan perwarnaan seri seperti “Dust Infinity“, serial televisi “Leah Parker” di M6, serial “Maisha Africa” dengan Greg Blondin hingga pewarnaan ulang 33 jilid komik Asterix yang dilakukan studio 2HB ditahun 2006. Tahun 2009 Allam bekerjasama dengan Greg Blondin dan Karim Allam menciptakan serial komik The Muslim’ Show yang diterbitkan oleh BDOUIN yang berkerjasama dengan Dargaud penerbit komik ternama di Perancis.sumber dari Mizan Publishing
Greg Blondin

Ga banyak info tentang Greg Blondin dari situs berbahasa Inggris maupun Perancis, yang pasti Blondin sudah bekerjasama dengan Noredin Allam pada tahun 2007 untuk serial “Maisha Africa”. Greg Blondin juga punya situs khusus yang menampil hasil karyanya sendiri. Tapi mesti siap-siap ya soalnya keseluruhan bahasa yang digunakan adalah bahasa Perancis.

Semakin terkenal semakin banyak tuntutan ya ^^
Dengan semakin terkenalnya komik The Muslim’ Show ini, membuat komik ini diterjemahkan ke berbagai bahasa seperti Indonesia, Malaysia, Arab, Urdu, Rusia, Cina, Bengla, Turki dan Jepang.

Salah satu komik The Muslim’ Show yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia link untuk The Muslim Show Indonesia
Walaupun dibuat di Perancis komik The Muslim’ Show ini juga mewakili keadaan umat islam di negara-negara lain. Berita baiknya nih Noredin Allam, Greg Blondin dan Karim Allam akan berkunjung ke Indonesia yang diundang oleh Mizan selama 10 hari dari tanggal 6-16 Maret 2014 sekaligus meluncurkan 2 jilid komik The Muslim’ Show yang diterbitkan oleh Mizan diajang Islamic Book Fair Jakarta.




Buat para penggemar The Muslim’ Show jangan sampai ketinggalan ya untuk menghadiri peluncuran komik ini di Islamic Book Fair dan jika ingin menjadi peserta lokakarya yang diadakan MIZAN silahkan klik link ini.

12 comments

Leave a Reply