Langsung ke konten utama

Ini Aksiku! Mana Aksimu?




Aksi kecil para relawan

Sabtu, 29 Maret 2014 merupakan hari dimana Earth Hour ditetapkan yang ditutup pada hari bumi tanggal 22 April 2014. Kami dari tim Blogger Reporter Indonesia berkesempatan untuk meliputi malam selebrasi ini.  Berkumpul di Fx Sudirman kami pun menuju ke Mall Living World – Alam Sutera dimana acara ini berlangsung. Acara ini diselenggarakan berkat kerjasama Mall Living World, The Body Shop, Earth Hour Tanggerang dan XL Axiata. Tujuan acara ini diadakan adalah mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam aksi simbolis mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama satu jam dari pukul 20.30-21.30 dalam rangka mendinginkan bumi yang semakin memanas. Acara ini dihadiri oleh Ryan Krisnadi selaku Deputi GM Living World, Rika Anggraini selaku Kepala Korporasi Komunikasi The Body Shop Indonesia dan Desy Iwanti selaku Koordinator Earth Hour Tanggerang.



Pressconference dari perwakilan Living World, The Body Shop dan Earth Hour Tanggerang

Menurut Ryan Krisnandi, Living World telah melakukan beberapa langkah penghematan energi untuk mendinginkan bumi seperti landscape gedung dikelilingi dengan tanaman untuk menangkal polusi udara, penghematan lampu gedung dengan menggunakan sinar matahari pada siang dan sore hari, menggunakan lampu LED pada seluruh bagian gedung, pengaturan otomatis pendingin ruangan, hingga menggunakan air daur ulang untuk menyiram tanaman. Selain itu Living World bekerja sama dengan Yayasan Kawan Lama Abadi Bangsa telah memberikan lebih dari 400.00 bibit pohon kepada costumer dan 500.000 pohon kepada pemerintah daerah antara lain Jakarta Barat, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok. 

Kampanye pengurangan penggunaan plastik

Seolah tidak mau ketinggalan Rika Anggraini menjelaskan The Body Shop yang selalu berkomitmen terhadap lingkungan mengadakan Aksi Rampok Plastik  bekerjasama dengan Living World, dimana aksi ini merupakan penukaran kantong plastik dengan tas daur ulang yang ramah lingkungan. 


Hasil rampok plastik yang dilakukan para relawan


Selebrasi Earth Hour yang diadakan  di Tanggerang merupakan selebrasi ketiga  dan mengangkat tema “Budaya”. Pertunjukan budaya yang ditampilkan pada malam selebrasi antara lain adalah wushu dan tarian Lenggang Nyai. Selain itu ada pula pertunjukan dari Endah N Rhesa, Classmate Journal, recycled percussion, dan light dance

Para penari Lenggang Nyai

Antusiasme pengunjung menyalakan lilin simbolis


Acara Malam Selebrasi  Earth Hour 2014 ini terbilang cukup sukses dilihat dari antusias masyarakat yang hadir di Living World, terlihat pengunjung yang datang tidak hanya anak-anak muda, orang tua pun turut hadir memeriahkan acara ini. “Ini Aksiku! Mana Aksimu?” kalimat yang terus dikumandangkan selama acara Malam Selebrasi Earth Hour 2014 seolah mengajak semua orang untuk berperan aktif dalam mengurangi panas bumi, hal ini mengukuhkan bahwa untuk menjaga dan menurunkan panas bumi semua orang bisa berpartisipasi.

Komentar

  1. Balasan
    1. Ia lumayan seru, lebih seru lagi kalau sofy ikut :D

      Hapus
  2. Seru banget ya acaranya, bagus untuk meningkatkan kepedulian warga kota besar. Kalau di Pekanbaru gak ada acara khusus karena disini sudah mati lampu setiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan mengedukasi mak. mungkin bisa dibuat acara yang serupa di Pekan mak :D pasti banyak yang berminat.

      Hapus

Posting Komentar

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Pos populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.