Gusi Sehat Selama Ramadhan

Bulan Ramadhan bulan yang paling dinanti-nantikan oleh umat muslim sedunia dan termasuk saya. Banyak pahala yang didapat selama menjalankan ibadah dibulan Ramadhan jika dijalankan dengan benar. Tapi… seringnya permasalahan pada mulut yang terjadi selama berpuasa membuat kita tidak nyaman. Ga mau kan nambah dosa orang karena bau mulut kita.
Umumnya permasalahan bau mulut terjadi karena Plak. Apa itu Plak? Plak adalah lapisan lunak yang tidak berbau dan tidak berwarna yang terdiri dari kombinasi mikroorganisme. Plak sendiri secara alamiah memang tumbuh di gigi sebagai respon pertahanan tubuh. Apabila plak diabaikan dan tidak dibersihkan, plak dapat bertumpuk dan menyebabkan hilangnya perlekatan antara gigi dengan gusi, sehingga membuat gusi meradang dan kemudian berdarah. Peradangan pada gusi ini akan menyebabkan pembengkakan pada gusi yang apabila dibiarkan akan menyebabkan lepasnya gigi dan bau mulut. Duuhserem ya 🙁 
Gusi bengkak. sumber : carasehathidup.blogspot.com
cara mengidentifikasi gusi. sumber : carasehathidup.blogspot.com
kalau tidak segera ditangani bisa seperti ini. sumber : drg.dionella.net
Ga mau kan gusi dan gigi kita serta keluarga seperti gambar diatas. Untuk itu saya ada beberapa tips menjaga gigi dan gusi sehat selama ramadhan.

Kurangi makanan atau minuman yang bersifat asam

Makanan atau minuman yang bersifatasam dapat menyebabkan pengikisan pada gigi. Selain itu bakteri pada gigi juga mengeluarkan asam saat memproses sisa makanan pada gigi.

Jangan langsung menyikat gigi saat makan, tunggu beberapa menit. 

Hal ini disebabkan selama makan ph (keasaman) mulut meningkat sehingga kurang efektif jika menyikat gigi.

Berkumur dengan mouthwash

      Berkumur dapat membantu menghilangkan plak yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Gunakan pasta gigi yang mengandung 70% bahan khusus yaitu Sodium Bicarbonate dan ekstrak herbal . 

Karena dapat membantu mengangkat plak dan member perlindungan dan perawatan sehari-hari terhadap masalah gusi.

Dari 4 tips diatas, pasta gigi yang mengandung 70% bahan khusus saat ini hanya Parodontax. Sebab Parodontax yang concern terhadap kesehatan gusi keluarga. Semoga bermanfaat

Leave a Reply