Semangat Diwali di The Signatures Restaurant

Hari Diwali atau Deevali telah berakhir, namun saya masih dapat merasakan makna hari Diwali dari makanan india yang saya coba di The Signatures restaurant yang berada di Kempinski Hotel Indonesia yang turut merayakan hari Diwali ini dengan cara menghadirkan menu-menu makanan india dari berbagai wilayah di India.
Sekilas tentang Diwali yang merupakan hari raya yang berarti Festival cahaya, memiliki makna dan melambangkan kemenangan kebaikan atas keburukan. Hari raya Diwali ini ditandai dengan cahaya dan kembang api dan biasanya diadakan pada bulan Oktober. Selain suasana cahaya dan kembang api, The Signatures restaurant berhasil membawa suasana Diwali dengan makanan khas India.


foto dari rayafr

Jujur saja ketika menghadiri undangan untuk mencoba masakan india yang telah dimasak oleh Chef Ashwani Kumar, kondisi badan saya kurang memungkin untuk melakukan perjalanan jauh. Tapi berhubung saya sudah mereservasi tempat dan saat itu saya berpikir kapan lagi saya mencoba makanan India langsung dari ahlinya menguatkan saya untuk pergi ke The Signatures restaurant.

Ketika saya sampai di The Signatures restaurant, saya disambut dengan ramah oleh para pelayan restaurant. Kebetulan sekali teman sesama blogger yang sering saya panggil mba Ika ada disini sehingga saya meminta untuk berada di meja yang sama dengan mba Ika.

Perburuan dimulai ^^!! Saya tidak sabar untuk langsung mencicipi masakan-masakan India yang telah disajikan. Masakan-masakan India benar-benar penuh rempah, terlihat bercahaya dan menggugah selera. beberapa makanan india ini benar-benar baru dalam kamus kuliner saya, seperti Mugh biryani, Paneer Makhani, Kodi Pakoda, Rara Meat, Baigan Mutterv Bharta la charcoal, Dahi Bhalla Papdi, Pakhdi dan makanan penutup yang benar-benar menyempurnakan perjalanan kuliner saya hari itu yaitu Gajar Ka Halwa dan Ghulab Kheer.



A Complete delicious Indian Food in one plate


Setelah saya mencicipi makanan utama dari masakan India yang langsung dimasak oleh Chef Kumar, saya seperti memiliki energi baru dan saya merasa sangat bersemangat. Rasa penat dan pusing yang menghampiri badan saya seketika hilang ketika menikmati makanan utama yang dimasak oleh Chef Kumar. Kok bisa begitu ya? Ternyata hilangnya penat dan pusing saya karena adanya rempah-rempah pada makanan utama yang dimasak oleh Chef Kumar.



Garam Masala. Sumber : Wikipedia



Sedikit yang saya ketahui tentang rempah-rempah yang digunakan dalam masakan India disebut Garam Masala. Garam Masala yang artinya racikan rempah-rempah yang membuat hangat umumnya terdiri dari buah pekak, jintan, kayu manis, kapulaga, lada, cabe jawa, cengkeh, salam koja, biji pala dan fuli. Namun disetiap wilayah India rempah-rempah yang digunakan bisa berbeda.


Dahi Bhalla Papdi



Mugh Biryani


Puas mencicipi hidangan utama yang membangkitkan semangat, saya segera mencicipi hidangan penutup khas India. Yaitu Gajar Ka Halwa dan Ghulab Kheer. Kedua hidangan penutup ini disajikan dalam keadaan dingin. Untuk Gajar Ka Halwa bahan utamanya adalah wortel, sedangkan Ghulab Kheer beras bhaspati, susu dan air mawar.

Ghulab Kheer yang saya coba sebagai hidangan penutup benar-benar melengkapi hari saya saat itu. Rasa manis yang pas, aroma bunga mawar benar-benar menenangkan membuat saya benar-benar penasaran dan ingin tahu bagaimana cara membuatnya.

Gajar Ka Halwa



Ghulab Kheer yang menggoda

Tapi sayang sekali, saya kehilangan kesempatan untuk bertemu dengan Chef Kumar sehingga saya tidak sempat menanyakan bagaimana cara membuat Ghulab Kheer. Namun Pengalaman mencicipi masakan India ini benar-benar membuat saya paham semangat Diwali yang terdapat pada seluruh masakan khas India yang dimasak langsung oleh Chef Kumar, yaitu semangat kemenangan kebaikan atas keburukan. 


Chef Kumar dan Chef-chef The Signatures Restaurant. Sumber : rayafr



Signatures Restaurant, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
Alamat : Jalam M.H. Thamrin No,1 jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310,Indonesia

Telp : +622123583800

Leave a Reply