Belajar Online Part 1

Beberapa waktu yang lalu, teman saya membahas tentang artikel yang ditulis oleh public figure mengenai pemanfaatan internet untuk belajar. Tentu saja hal ini jadi pembicaraan hangat karena bukan hanya para blogger, namun sebagian orang sudah memanfaatkan internet sebagai media untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan. Tapi bukan itu sih yang ingin saya bahas dari pembicaraan tersebut, saya hanya jadi teringat akan website pembelajaran online yaitu Coursera.

Saya mengenal Coursera karena kekepoan saya terhadap wall grup Komunitas Emak-emak Blogger (KEB) di facebook dan saat itu kebetulan saya membaca undangan dari mba Nadiah Abidin yang dishare digrup Komunitas Emak-emak Blogger (KEB). Undangan Mba Nadiah Abidin ternyata mengajak untuk bergabung dalam acara Shaping The Way We Teach. Shaping The Way We Teach merupakan program kerja sama Kedutaan Besar Amerika di Indonesia yang mengajarkan bahasa Inggris. Mba Nadiah Abidin sendiri merupakan pembicara untuk acara ini (Mba Nadiah merupakan pendiri Cinta Anak Negeri yang disingkat CAN) selama 2 pertemuan yang diadakan di @america, Pacific Place.
Nadiah Abidin dan Jennifer dari RELO
credit : rachamadani dwi suryoutomo
Ternyata Shaping The Way We Teach terbagi secara dua pembelajaran yaitu secara offline dan online. Secara offline disini, saya belajar secara tatap muka di @america, Pacific Place. Sedangkan secara online, saya belajar dengan menggunakan website Coursera. Coursera berkerjasama dengan universitas Oregon untuk menyediakan tenaga pengajarnya, selain itu Coursera juga menyiapkan modul-modul pembelajaran selama 8 minggu yang bisa didownload secara gratis. Oia, salah satu yang paling penting adalah semua fasilitias tersebut Free alias Gratis! Dan jika mengikuti semua pembelajaran tanpa absen serta mengisi semua tugas-tugas akan mendapatkan sertifikat dari Universitas Oregon dan Kedutaan Besar Amerika.
Materi pada minggu kedua yang saya pelajari
Ga nyangka bukan ternyata internet bisa bermanfaat untuk menambah ilmu seperti Coursera ini, yuk kita memanfaatkan internet sebagai pembelajaran untuk hal-hal yang positif. Untuk selanjutnya saya akan berbagi pengalaman saya saat mengakses Coursera dan bagaimana kendalanya.

8 comments

  1. Untuk course yang lain di coursera kalau ingin dapetin sertifikat bayar. Tapi untuk ikut coursenya aja gratis kok. Kalau ga salah liat sih, untuk shaping the way we teach diadain lagi sekitar bulan september

Leave a Reply