Nusantara Sehat : Menyehatkan Hingga Kepelosok Nusantara

Pada suatu masa, terdapat keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan seorang anak laki-laki tinggal dipedalaman desa. Walau jauh dari peradaban, tempat tinggal keluarga tersebut tidak kekurangan apapun. Tanaman, buah-buahan tumbuh subur, ternak menghasilkan susu, daging dan telur yang banyak sehingga mereka tetap sehat wal-afiat. Jika keluarga tersebut membutuhkan bahan-bahan lain, Ayah dari keluarga tersebut pergi ke desa menukarkan atau menjual hasil ternak ataupun buah-buahan untuk dijadikan uang sebagai alat membeli bahan-bahan yang dibutuhkan.
Hingga suatu hari keluarga tersebut dikejutkan dengan sakitnya si anak. Berhari-hari mereka berobat ke dukun, tapi bukannya tambah sembuh si anak sakitnya semakin parah. Ibu yang lelah menjaga si anak pun tertular sehingga menderita penyakit juga. Dua orang yang sakit, membuat Ayah sulit untuk ke desa lainnya untuk berobat ke Puskesmas. Saat-saat dimana mereka mulai pasrah, tiba-tiba datang 8 orang anak muda, membantu mereka memberikan pengobatan, pencegahan dan hal-hal yang harus dilakukan dalam menghadapi sakit mereka. Setiap 2 minggu sekali 8 orang anak muda ini mengunjungi keluarga tersebut untuk memantau perkembangan kesehatan keluarga tersebut hingga Ibu dan anak itu sembuh dari sakit. Tidak hanya itu 8 orang anak muda ini juga mengajarkan pola hidup sehat seperti memberantas jentik nyamuk, menggunakan toilet, pemeriksaan kehamilan. Tidak terkira rasa terima kasih keluarga tersebut terhadap 8 orang anak muda ini karena mengobati dan menjaga kesehatan mereka. Sejak saat itu keluarga tersebut berhenti berobat ke dukun dan menjaga kesehatan serta mempercayakan pengobatan ke Puskesmas.

Kira-kira begitulah gambaran dari apa yang dikerjakan Nusantara Sehat. Pergi kepelosok-pelosok nusantara untuk memperbaiki dan memberikan edukasi tentang kesehatan. Salah satu anggota  dari tim Nusantara Sehat adalah Putri. Putri merupakan nutrisionist dari tim Nusantara Sehat yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga gizi, tenaga laboratorium medik dan tenaga kefarmasian yang dikirim ke Long Pahangai, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Selama 6 bulan di Long Pahangai Putri bercerita suka duka sebagai tim Nusantara Sehat di twitternya, @puthe_PINS serta wawancara Putri dengan tim Kemenkes.
Salah satu cerita berkesan Putri dan berkesan buat saya, ketika mereka pulang menggunakan ketinting dimalam hari melewati sungai Mahakam. Tiba-tiba, ditengah-tengah sungai Mahakam, ketinting yang digunakan Putri dan timnya mogok dan mereka terpaksa harus mendayung hingga ketepian dan mereka sampai ketempat menginap mereka tengah malam. Kalau saya mungkin ngga akan sanggup dengan keadaan seperti itu. Tapi Putri dan teman-temannya malah menganggap hal diatas sebagai moment yang menyenangkan.

Kang Maman dan Ibu Diah sebagai pembicara Nusantara Sehat.

Menurut Ibu Diah Saminarsih, Psikolog dan penanggung jawab dari program Nusantara Sehat, anak-anak muda bermental seperti Putrilah yang dicari untuk mensukseskan program Nusantara Sehat, karena disaat sulit mereka tidak menyerah justru bisa tertawa dalam kesulitan tersebut. Sebelum diberangkatkan kepelosok nusantara, Putri dan teman-teman yang lolos dari tahap seleksi pertama, berjumlah 144 dari 6000 orang yang mendaftar mengikuti pembekalan mental di Ciloto selama 5 minggu untuk melatih kedisiplinan, ketahanan fisik dan berkomunikasi terhadap sesama tim. Pelatihan yang mereka dapatkan amat dibutuhkan untuk masa pengabdian mereka selama 2 tahun.

credit : nusantarasehat.kemenkes.go.id

Saat ini Nusantara Sehat telah merampungkan seleksi tahap keduanya dan akan mengirimkan kembali tim-tim terbaiknya kepelosok-pelosok nusantara. Rasanya aneh bukan kalau kita tidak mendukung program ini, mereka yang muda-muda saja mau mengabdi dan menyumbangkan tenaga mereka untuk tugas yang mulia kenapa kita tidak mensupportnya dengan memberikan informasi kepada sesama bagaimana Putri dan teman-teman terus berkerja untuk mensehatkan nusantara.
Jadi jika ada saudara, teman, keponakan yang berumur dibawah 30 tahun terutama dokter umum ajak yuk untuk mendaftar di Nusantara Sehat dan sebarkan informasi tentang Nusantara Sehat ini sebagai salah satu bukti pengabdian terhadap negara. 

Leave a Reply