Langsung ke konten utama

Nusantara Sehat : Menyehatkan Hingga Kepelosok Nusantara

Pada suatu masa, terdapat keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan seorang anak laki-laki tinggal dipedalaman desa. Walau jauh dari peradaban, tempat tinggal keluarga tersebut tidak kekurangan apapun. Tanaman, buah-buahan tumbuh subur, ternak menghasilkan susu, daging dan telur yang banyak sehingga mereka tetap sehat wal-afiat. Jika keluarga tersebut membutuhkan bahan-bahan lain, Ayah dari keluarga tersebut pergi ke desa menukarkan atau menjual hasil ternak ataupun buah-buahan untuk dijadikan uang sebagai alat membeli bahan-bahan yang dibutuhkan.

Hingga suatu hari keluarga tersebut dikejutkan dengan sakitnya si anak. Berhari-hari mereka berobat ke dukun, tapi bukannya tambah sembuh si anak sakitnya semakin parah. Ibu yang lelah menjaga si anak pun tertular sehingga menderita penyakit juga. Dua orang yang sakit, membuat Ayah sulit untuk ke desa lainnya untuk berobat ke Puskesmas. Saat-saat dimana mereka mulai pasrah, tiba-tiba datang 8 orang anak muda, membantu mereka memberikan pengobatan, pencegahan dan hal-hal yang harus dilakukan dalam menghadapi sakit mereka. Setiap 2 minggu sekali 8 orang anak muda ini mengunjungi keluarga tersebut untuk memantau perkembangan kesehatan keluarga tersebut hingga Ibu dan anak itu sembuh dari sakit. Tidak hanya itu 8 orang anak muda ini juga mengajarkan pola hidup sehat seperti memberantas jentik nyamuk, menggunakan toilet, pemeriksaan kehamilan. Tidak terkira rasa terima kasih keluarga tersebut terhadap 8 orang anak muda ini karena mengobati dan menjaga kesehatan mereka. Sejak saat itu keluarga tersebut berhenti berobat ke dukun dan menjaga kesehatan serta mempercayakan pengobatan ke Puskesmas.




Kira-kira begitulah gambaran dari apa yang dikerjakan Nusantara Sehat. Pergi kepelosok-pelosok nusantara untuk memperbaiki dan memberikan edukasi tentang kesehatan. Salah satu anggota  dari tim Nusantara Sehat adalah Putri. Putri merupakan nutrisionist dari tim Nusantara Sehat yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga gizi, tenaga laboratorium medik dan tenaga kefarmasian yang dikirim ke Long Pahangai, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Selama 6 bulan di Long Pahangai Putri bercerita suka duka sebagai tim Nusantara Sehat di twitternya, @puthe_PINS serta wawancara Putri dengan tim Kemenkes.




Salah satu cerita berkesan Putri dan berkesan buat saya, ketika mereka pulang menggunakan ketinting dimalam hari melewati sungai Mahakam. Tiba-tiba, ditengah-tengah sungai Mahakam, ketinting yang digunakan Putri dan timnya mogok dan mereka terpaksa harus mendayung hingga ketepian dan mereka sampai ketempat menginap mereka tengah malam. Kalau saya mungkin ngga akan sanggup dengan keadaan seperti itu. Tapi Putri dan teman-temannya malah menganggap hal diatas sebagai moment yang menyenangkan.


Kang Maman dan Ibu Diah sebagai pembicara Nusantara Sehat.



Menurut Ibu Diah Saminarsih, Psikolog dan penanggung jawab dari program Nusantara Sehat, anak-anak muda bermental seperti Putrilah yang dicari untuk mensukseskan program Nusantara Sehat, karena disaat sulit mereka tidak menyerah justru bisa tertawa dalam kesulitan tersebut. Sebelum diberangkatkan kepelosok nusantara, Putri dan teman-teman yang lolos dari tahap seleksi pertama, berjumlah 144 dari 6000 orang yang mendaftar mengikuti pembekalan mental di Ciloto selama 5 minggu untuk melatih kedisiplinan, ketahanan fisik dan berkomunikasi terhadap sesama tim. Pelatihan yang mereka dapatkan amat dibutuhkan untuk masa pengabdian mereka selama 2 tahun.



credit : nusantarasehat.kemenkes.go.id

Saat ini Nusantara Sehat telah merampungkan seleksi tahap keduanya dan akan mengirimkan kembali tim-tim terbaiknya kepelosok-pelosok nusantara. Rasanya aneh bukan kalau kita tidak mendukung program ini, mereka yang muda-muda saja mau mengabdi dan menyumbangkan tenaga mereka untuk tugas yang mulia kenapa kita tidak mensupportnya dengan memberikan informasi kepada sesama bagaimana Putri dan teman-teman terus berkerja untuk mensehatkan nusantara.

Jadi jika ada saudara, teman, keponakan yang berumur dibawah 30 tahun terutama dokter umum ajak yuk untuk mendaftar di Nusantara Sehat dan sebarkan informasi tentang Nusantara Sehat ini sebagai salah satu bukti pengabdian terhadap negara. 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.