Langsung ke konten utama

Investasiku Masa Depanku dari Danareksa

“Sudah menyiapkan dana apa aja Dek untuk kedepan?” Begitu pertanyaan Uda saya, ketika berdua saja dalam perjalanan pulang. Saya mengingat-ingat 11 tahun bekerja hingga sekarang, apa-apa saja yang sudah terkumpul. Dan seketika saya panik, I have nothing!

Ternyata simpanan saya terdahulu sudah habis terkuras untuk penelitian selama menyelesaikan tugas akhir kuliah. Dan sekarang setelah saya hitung-hitung simpanan yang saya punya jauh dari cukup. Trus aku kudu piye? (nangis dipojokkan)



Investasiku Masa Depanku dari Danareksa Investment Management (DIM)





Tanggal 23 Januari 2016 bertempat di The Terrace Senayan National Golf Club,  Danareksa Investment Management (DIM) memberikan solusi dengan mengadakan acara Investasiku Masa Depanku. Danareksa Investment Management (DIM) merupakan anak perusahaan PT. Danareksa yang bergerak dibidang investasi dan berdiri dari tahun 1992. Kemudian di tahun 1996, DIM meluncurkan produk-produk investasinya seperti Danareksa Melati, Danareksa Mawar dan Danareksa Anggrek.

Saat acara berlangsung tamu undangan termasuk saya, bisa mengecek seberapa sehat financial dan mengikuti simulasi produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Ada 4 booth produk investasi yang dikenalkan, lucunya penamaannya memakai hastag loh, seperti #LiburanAsik #PendidikanAsik #PensiunAsik dan #InvestasiAsik.




Akibat pertanyaan Uda yang menohok (Drama), saya langsung menuju booth #PensiunAsik. Di booth ini saya jadi mengetahui financial saya ngga sehat karena banyak minusnya (nangis dipojokkan) kemudian setelah mengikuti simulasi #PensiunAsik, saya jadi lebih paham berapa dana yang perlu disisihkan perbulannya untuk pensiun nanti.


Teman-teman dari KEB sedang berkonsultasi untuk investasi yang cocok

simulasi investasi dana pensiun 


Ternyata ga itu saja, acara berlanjut dengan bincang santai bersama Farhan, Prita Gozie dan Wiko Harry Tanata sebagai narasumber keuangan dan investasi. Selain narasumber yang kompeten, acara yang dibawakan oleh Prabu Revolusi sebagai MC menjadi semakin menarik dan interaktif.

Secara bergantian narasumber bercerita tentang awal mula berinvestasi dan bagaimana cara memilih investasi. Dimulai dengan Farhan MC dan Public Figure, yang bercerita tentang pengalamannya berpenghasilan dolar, ketika masa krisis datang Farhan menjadi kaya mendadak karena melambungnya nilai tukar dolar terhadap rupiah.

Namun seketika itu pula kontrak Farhan diputus, kemudian Farhan mulai mencoba membeli saham IHSG atas saran temannya karena tertarik dengan keuntungan yang bisa dicapai, 200 % dalam setahun. Keuntungan yang tinggi tentu memiliki resiko yang tinggi, belajar dari pengalaman tersebut Farhan mencari investasi yang resikonya manageable.

Salah satu keuntungan investasi yang Farhan rasakan adalah ketika salah satu anaknya (almarhum) meninggal dunia. Dana investasi yang telah Farhan siapkan untuk kesehatan anaknya amat membantu ketika anaknya sakit, karena saat itu asuransi menolak menanggung biaya penyakit anaknya.


Penyerahan sponsorship. sumber : dewi sulistiawaty


Kemudian dilanjut dengan pengalaman Prita Ghozie financial planner, blogger dan traveller. Terlahir dari keluarga ekonom dan mengerti ekonomi, Prita mulai berinvestasi dari umur 19 tahun. Kedua orang tua Prita menanamkan pemahaman jika ingin sejahtera, Prita harus mempunyai investasi. Karena pemahaman tersebut, Prita terbiasa membuat pos-pos dana untuk investasi. Prita memberi pemaham bahwa investasi adalah alat untuk mencapai tujuan, untuk itu alat tersebut tidak boleh digunakan selama tujuan yang diinginkan belum tercapai.

Mengakhiri perbincangan, Wiko Harry Tanata, Head Of Product Management Danareksa Investment Management dan penulis buku berjudul Membangun Personal Wealth,  memberikan pemahaman bahwa kedisiplinan dan konsisten dalam berinvestasi membantu mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu usahakan untuk menyisihkan minimal 20% pendapatan yang diterima untuk dana berinvestasi dan pilih investasi dengan jangka waktu yang lebih panjang. Karena selain keuntungan yang didapatkan lebih besar, dana yang disisihkan untuk investasi jangka panjang relative lebih kecil.

Dari perbincangan santai dan pengalaman narasumber, kira-kira berikut tips yang harus dilakukan dalam berinvestasi.

1. Pahamilah produk investasi yang akan dibeli. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat resiko  dari produk investasi serta kemampuan dalam berinvestasi.

2. Pilih perusahaan investasi BUMN dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

3. Pilih produk return investasi seperti saham,  yang memberikan suku bunga tidak lebih dari 30%

4. Harus disiplin untuk menyisihkan dana investasi perbulannya, jika kesulitan bisa memberikan wewenang pada bank terkait untuk memotong saldo tiap bulannya.

Rasanya saya jadi tercerahkan (Thank God!) setelah mengikuti perbincangan santai ini, saya jadi tahu dan memulai menyusun kembali rencana keuangan dan menyiapkan pos-pos investasi serta mengurangi gaya hidup yang sebenarnya tidak saya butuhkan.

Oia, Danareksa ini mempunyai simulasi investasi untuk pengunjung yang tertarik membeli produk investasi yang sesuai sebelum bertransaksi secara online.  Bagi teman-teman yang tertarik bisa mengunjungi situs www.reksadana.danareksaonline.com atau mengunjungi kantor Danareksa di Jl. Medan Merdeka Selatan No.14

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.