Langsung ke konten utama

Kenapa menyetrika menjadi hal yang dihindari semua orang?

Kenapa menyetrika menjadi hal yang dihindari semua orang?

Ini nih alasannya


1. Lama


Kegiatan menyetrika pakaian memang berbeda dengan aktifitas rumah tangga lainnya seperti mencuci. Jika mencuci pakaian relatif membutuhkan waktu yang singkat, ± 30 menit sampai 1 jam,  maka menyetrika pakaian membutuhkan waktu lebih lama.

2. Ngga Bisa Multitasking


Pernah melihat orang menyetrika sambil memasak? Kalau ada saya berguru deh ^^. Ketika menyetrika mau tidak mau, orang-orang harus fokus untuk menyetrika. Karena kalau ngga fokus, bisa-bisa baju yang kamu setrika bisa rusak oleh setrikaan.

3. Harus Detail


Ini nih penyebab menyetrika menjadi lama, harus detail. Kenapa harus detail? Soalnya ada bagian dari pakaian yang agak sulit disetrika atau mempunyai lipatan, sehingga tidak bisa sembarangan dalam menyetrika. Ga mau kan, kamu sudah capek menyetrika tapi masih ada bagian dari pakaianmu yang masih berkerenyut dan kusut.  Jangan sampai kamu jadi banyak pahala ya, karena orang-orang disekitar mengomentari pakaianmu ^^.


credit : tribun news


Itu tadi 3 alasan krusial kenapa orang-orang jadi malas menyetrika. Karena sebegitu tidak menyenangkannya kegiatan menyetrika ini, sampai-sampai ada tulisan tentang say no to setrika loh. Tapi, rasanya ngga mungkin juga kita tidak menyetrika. Karena kerapihan dalam berpakaian bisa mencirikan siapa diri kita.

Jadi, bersyukur banget buat yang mempunyai Asisten Rumah Tangga (ART) karena ada yang melakukan kegiatan menyetrika ini. Lalu, bagaimana yang ngga punya ART? Mau ga mau harus dikerjakan sendiri ^^. Untuk itu saya punya tips menyetrika jadi lebih menyenangkan dan cepat.

1.  Ketika telah selesai mencuci pakaian, usahakan untuk tidak memeras pakaian terlalu kencang. Hal ini untuk mengurangi pakaian menjadi kusut setelah pakaian kering.


2. Lipat pakaian setelah kering. Kebiasaan yang sering terjadi, setelah pakaian kering kita sering menumpuknya. Hal ini menyebabkan pakaian bertambah kusut.


3.  Menggunakan pelicin pakaian


4.  Mendengar musik kesukaan


5. Tumpuk pakaian berjenis kaos sebagai alas setrika, baru menyetrika pakaian yang membutuhkan kerapian tinggi.


6. Menggunakan setrika yang memiliki pengaturan panas yang baik, ringan dan nyaman ditangan, tahan lama serta memiliki lapisan keramik.




Nah itu tips yang saya punya berdasarkan pengalaman dalam menyetrika (berasa expert). Biasanya sih, tips 1-5 akan lancar dilakukan kalau setrika yang kita punya mendukung banget untuk menyetrika.

“Roadshow Truk Setrika Philips HD1173”


Ngomong-ngomong tentang setrika,  pasti kemarin pernah mendengar setrika yang bekerja terlama yaitu 200 jam sampai-sampai mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia).

Setrika apa yang meraih penghargaan dari MURI? Ternyata setrika yang meraih penghargaan adalah setrika Philips HD1173. Proses pemecahan rekor ini sendiri dimulai dengan pelaksanaan kegiatan “Roadshow Truk Setrika Philips” pada tanggal 22-30 Januari 2016.

“Roadshow Truk Setrika Philips” dilakukan di 20 titik pusat keramaian dan tempat perbelanjaan di wilayah Jakarta, Bekasi dan Depok menggunakan truk setrika yang menggunakan panel khusus kaca tembus pandang, agar dapat melihat Philips HD1173 digunakan untuk menyetrika selama 200 jam non-stop. Selain mendemonstrasikan penggunaan Philips HD1173, Philips juga mengajak ibu-ibu dan khalayak ramai untuk mencoba setrika Philips HD1173 bekerja selama 200 jam non-stop.

Karena Philips HD1173 telah memenuhi semua persyaratan dan ketentuan pemecahan rekor untuk setrika berkerja terlama non-stop selama 200 jam, maka Philips HD1173 tercatat dalam daftar rekor MURI N0.7308.

Mau tau kan kenapa setrika Philips HD1173 bisa mendapatkan rekor 200 jam non-stop menyetrika terlama, ini nih jawabannya

Lapisan keramik


Philips HD 1173 memiliki 4 lapisan keramik khusus, yaitu

-      Lapisan pertama, mengandung keramik anti lengket, membuat setrika ini menjadi tahan gores dan mudah meluncur diatas kain.

-      Lapisan kedua, lapisan motif yang melekat pada lapisan untuk permukaan yang rata.

-      Lapisan ketiga, lapisan keramik, yang kuat dan dijamin tahan lama.

-      Lapisan keempat, lapisan dasar yang terbuat dari alumunium yang anti karat.




4 lapisan keramik khusus yang terdapat pada setrika Philips HD 1173 juga dilengkapi button groove, pegangan yang nyaman, lampu indikator suhu, mudah mengatur suhu dan memiliki 2 varian warna.






Selain mengadakan roadshow, Philips juga mengadakan Launching and Celebration setrika Philips HD1173 di Atrium Mal PIM 2, 20 Februari 2016, yang dimeriahkan oleh Judika sebagai bintang tamu dan Ersa Mayori sebagai pembawa acara.





Launching and Celebration ini juga menghadirkan koleksi-koleksi dari 3 desainer berbakat seperti Sully Darsono, Diediet Indra, dan Ian Adrian.

Selama acara Launching and Celebration berlangsung, pengunjung mall yang hadir bisa ikut memeriahkan acara dengan berfoto dengan setrika Philips HD1173 di foto booth yang disediakan dan bisa langsung membeli produk-produk Philips yang diminati.




Yang paling seru dari acara ini adalah ketika Judika dan Ersa melelang pakaian milik mereka masing-masing. Judika sampai-sampai menyetrika sambil menyanyi sebelum melelang pakaiannya ^^. Oia, hasil pakaian yang terjual ini disumbangkan ke Yayasan Lion Club Jakarta Monas Kalinga.




Selamat buat Philips HD1173 yang telah meraih rekor MURI dan semoga selalu meluncurkan inovasi-inovasi terbaiknya.  

Komentar

  1. Apalagi ketika setrikaan masih pakai arang ya, serba salah.
    Kalau kurang panas nambah arang, kalau terlalu panasmaka arang harus dikurangi.
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. untung saya lahir setelah jaman strika listrik ^^ makasih buat kunjungannya ya pakde

      Hapus
  2. Bener. Kadang males nyetrika. Tapi, seringnya kalo nyuci diperes abis, jadinya kusut bener kalo kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, saya juga suka gitu kok mas. Tips yang ini berlaku kalau matahari lagi terik-teriknya

      Hapus
  3. Kalau tidak sempat borongan, tiap pagi aku menyetrika baju kerja dan anak bungsu. Kalau anak SMA dia menyetrika sendiri. Bagi-bagi pekerjaan.

    BalasHapus
  4. Kalau tidak sempat borongan, tiap pagi aku menyetrika baju kerja dan anak bungsu. Kalau anak SMA dia menyetrika sendiri. Bagi-bagi pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung udah ada yang bisa setrika ya mba ^^

      Hapus
  5. Dari semua pekerjaan rumah, yg paling malesin emang menyetrika soalnya lama dan geraahh. Akhirnya kalo yg bahan kaos disetrikanya pake 'insting menyetrika cepat' yang penting 'bau' setrikaan, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. yang penting kaosnya kena setrika ya mba ^^

      Hapus
  6. Wah, Philips setrika ini menghadirkan inovasi ya Mbak ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Pos populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.