MedicTrust Aplikasi Pencatat Rekam Medis

Rekam Medis

credit : youtube
Beberapa tahun yang lalu saya mengalami kejadian yang menyebabkan Lupus saya Flare (Keadaan dimana Lupus aktif menyerang tubuh, bila ada yang belum tahu apa itu Lupus, bisa lihat disini) akibat tidak mempunyai salinan medical record (rekam medis). Awal mulanya sih, karena saya memakan cumi goreng tepung buatan sendiri. Setelah memakan cumi goreng tepung tidak berapa lama muncul reaksi alergi pada tubuh yaitu bentol kemerahan dan rasa gatal yang amat sangat.
Saat itu saya bekerja di Cipanas dan jauh dari rumah sakit tempat saya biasa mengontrol kesehatan. Saya segera berinisiatif untuk memeriksakan diri ke dokter umum setempat dan menjelaskan sebelumnya bahwa saya adalah ODAPUS (Orang Dengan Lupus). Karena saya tidak mempunyai salinan rekam medis, dokter yang memeriksa saya menyuntikan dexametason cair untuk menghilangkan alergi yang timbul di tubuh saya. 1 jam, 2 jam tidak ada masalah namun kemudian bukannya membaik, ternyata alergi saya bertambah buruk karena membuat saya sulit bernapas, lemas dan nyeri yang hebat di ulu hati.

credit : dreamtimes

Seketika saya panik! timbul dipikiran saya jangan-jangan Lupus saya aktif kembali, dan ternyata apa yang saya takutkan benar, Lupus saya aktif kembali. Saat itu segera saya dirujuk untuk dirawat di rumah sakit di Bogor. Mau tidak mau selama satu minggu saya dirawat inap di rumah sakit karena positif Lupus saya aktif kembali.
Itu pengalaman buruk saya karena keteledoran tidak mempunyai dan tidak pernah membuat salinan rekam medis. Saat itu saya sempat berpikir, kenapa ya pihak rumah sakit tidak memberikan saja salinan rekam medis kepada pasien. Ternyata ada aturan yang mengatur bahwa rekam medis pasien merupakan milik dokter dan pihak rumah sakit sebagai pelayanan kesehatan. Peraturan tersebut terdapat pada Konsil Kedokteran Indonesia tahun 2006. Namun isi, data dan lampiran rekam medis merupakan hak pasien. Jadi seharusnya pasien atau pendamping dari pasien lebih aware dalam masalah rekam medis ini.

Catat Jurnal Kesehatanmu di Medictrust

Walau sudah mengalami pengalaman seperti diatas, tetap saja saya malas membuat salinan rekam medis. Saya masih beranggapan bahwa rasanya saya tidak butuh untuk mempunyai salinan rekam medis. Hingga saya mendapat undangan dari Medictrust di Two Stories Café, Bogor.
Sebelumnya saya disarankan untuk mengunduh aplikasi Medictrust, yang bisa diunduh di PlayStore dan App Store. Menurut pihak Medictrust yang kemudian saya kenal bernama Kate, akan ada demo penggunaan aplikasi ini  sehingga bisa mencoba secara langsung.
Di Two Stories, Kate dan Grace sebagai perwakilan dan Founder dari Medictrust sendiri menjelaskan asal-usul Medictrust. Hampir serupa dengan pengalaman saya, ayah dari Grace dan Kate yang mengidap penyakit jantung terkena serangan jantung ketika hari raya dimana dokter spesialis jantung di rumah sakit saat itu sedang libur.
Karena ingin cepat ditangani, Grace dan Kate memutuskan agar ayah mereka berobat ke Singapura. Sayangnya karena mereka tidak mempunyai salinan rekam medis, terpaksa mereka melakukan screening ulang dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Mulai saat itu terpikirlah oleh Grace dan Kate untuk membuat suatu aplikasi yang bisa menyimpan rekam medis dan dapat dibawa kemana-mana dan kemudian terbentuklah Medictrust.
Seketika saat itu saya sadar, oia ya, kalau saya punya catatan rekam medis saya sendiri, justru akan mempermudah dokter untuk mendiagnosa dan tidak akan terjadi pengalaman seperti yang saya ceritakan diatas atau pengalaman dari ayah Grace dan Kate. Dan saat itu juga saya berpikir, aplikasi ini akan bermanfaat tidak hanya untuk teman-teman odapus tetapi untuk orang-orang pada umumnya.
Kenapa saya bilang bermanfaat? Soalnya selain bisa mencatat rekam medis, juga bisa mencatat riwayat alergi, berkonsultasi dengan dokter dan mampu menyimpan rekam medis keluarga hingga 5 orang.
Berikut ini saya bagikan tutorial untuk mendownload dan menggunakan Medictrust

Download aplikasi Medictrust di App store atau Playstore


Daftar menggunakan email atau FB. Lebih disarankan untuk menggunakan email ya ^^




Masukkan data diri dengan lengkap



Setelah lengkap akan masuk ke halaman greeting



Isi catatan kesehatan di Medbooks dengan menekan tanda plus


Teman-teman bisa mengisi catatan seperti alergi, hasil laboratorium, hasil CT-Scan, dan lain-lain



Jika ingin berkonsultasi dengan dokter bisa menekan Medhub dan akan keluar dokter spesialis yang dibutuhkan



Mudah dan bermanfaat banget ya ^^

Saya sih merasa aplikasi ini bermanfaat sekali karena benar-benar membantu dalam mencatat riwayat kesehatan dan menjadi sebuah jurnal kesehatan khusus milik kita, yang suatu saat bisa digunakan dimanapun kita berada. Apalagi untuk orang-orang yang mengidap penyakit menahun dan ODAPUS seperti saya.
Jadi mulai sekarang yuk catat rekam medis kita dengan menggunakan Medictrust.

3 comments

Leave a Reply