Fiva Food Rajanya Rolade dan Kualitas

Tanggal 24 April 2016 yang lalu, saya bersama teman-teman blogger dari Blogger Reporter Indonesia (BRID) mengunjungi UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dibilangan Bekasi, tepatnya di perumahan Jati Bening I. UKM yang saya dan teman-teman blogger kunjungi merupakan UKM makanan olahan seperti sosis, bratwurst (sosis besar), rolade dan drumstick dari ayam.

Produk-produk Fiva Food

UKM ini memiliki merek dagang Fiva Food, yang merupakan produk dari CV. Fiva Food&Meat Suply. CV Fiva didirikan pada tahun 1983 oleh Ibu Betsy Monoarfa. Asal mula CV. Fiva berdiri, karena Ibu Betsy mengingat pesan dari ayah ibu Betsy untuk memiliki usaha sendiri.
Selain pesan dari ayahanda ibu Betsy, beliau juga didukung oleh teman-temannya untuk membuka usaha sehingga terciptalah CV. Fiva Food&Meat Suply. Berbekal dari pendidikan, pengalaman dan koneksi, makin memudahkan Ibu Betsy yang lulusan Tehnik Pangan IPB untuk membangun CV.Fiva Food&Meat Suply.
Ibu Betsy (Pemilik Cv. Fiva) dan Mas Yosi (General Manager Cv. Fiva)
Pada awal mula berdiri, CV.Fiva Food&Meat Suply hanya memiliki 2 karyawan. Cv. Fiva sempat vakum sesaat dikarenakan Ibu Betsy juga berkerja sebagai konsultan pangan untuk perusahaan pangan seperti Bernardi. Hingga ditahun 1990, Cv. Fiva kembali berproduksi hingga sekarang. Saat ini Cv. Fiva telah memiliki 80 orang karyawan yang tinggal di sekitar JABODETABEK. Pangsa pasar Cv. Fiva sendiri dibagi menjadi 3 yaitu, pasar tradisional, pasar modern dan B2B.
Di pasar tradisional, produk Fiva Food sudah dikenal cukup baik, sedangkan untuk pasar modern, produk-produk Fiva Food bisa ditemui di Carefour, Yogya, Aeon, Alfa Midi, Aneka Market dan Tip Top. Untuk B2B Cv. Fiva memiliki 261 pelanggan, dan memiliki pelanggan tetap seperti PT. Nicomas dan Rolade FivaFood menjadi salah satu makanan untuk katering pesawat, Aerowisata.
Walau CV. Fiva berupa UKM, namun telah mendapatkan beberapa sertifikasi seperti sertifikat Halal dari MUI, sertifikat MD dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sedang dalam proses sertifikasi Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Kesemua sertifikat tersebut didapatkan karena CV. Fiva dalam membuat produk-produk selalu mengikuti Good Manufacturing Product (GMP) dan selalu mengutamakan kualitas hingga menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Peralatan dan prosedur sesuai GMP. credit : Fiva Food

Selain penggunaan bahan utama yang berkualitas seperti ayam, daging sapi dan ikan, penggunaan bahan tambahan pun menjadi perhatian. Seperti lapisan sosis pada produk Fiva Food bisa dimakan karena terbuat dari rumput laut, kemudian emulsifier yang digunakan merupakan susu murni dan lapisan untuk Rolade yang digunakan berasal dari telur dadar. 
Oia, untuk masalah kebersihan dan limbah, Cv. Fiva amat memperhatikan hal ini, karena Cv. Fiva saat ini masih berada di area pemukiman penduduk. Jadi setiap dua hari sekali, Cv. Fiva menyewa dinas kebersihan Jakarta untuk mengangkut sampah. Untuk air limbah Cv. Fiva mengolah terlebih dahulu menjadi air yang bisa dipakai kembali. Parameter air limbah bisa digunakan dan tidak berbahaya adalah dengan membuat kolam berisi ikan dan mengisi kolam tersebut dengan air limbah yang telah diproses. Jika ikan dapat hidup berarti air tersebut bisa digunakan dan aman untuk lingkungan.

Area sekitar Cv. Fiva 

Selama saya dan teman-teman blogger berada di CV.Fiva, kami tidak hanya mengenal sejarah Cv.Fiva berdiri tapi juga menyaksikan demo masak menggunakan beberapa produk Fiva Food. Saat itu makanan yang akan dibuat Oseng Kornet Ayam Cabe Hijau, menggunakan produk Fiva Food berupa Kornet Ayam.

Oseng Kornet Ayam Cabe Hijau
Selain bahan-bahan yang digunakan mudah, cara memasaknya pun tidaklah lama. Ngga sampai 10 menit, Oseng Kornet Ayam Cabe Hijau ini sudah jadi dan siap disantap oleh kami semua. Oia, di website www.FivaFood.com mempunyai kanal khusus resep dengan menggunakan produk-produk Fiva Food. Salah satu contoh resepnya adalah Rolade Saus Asam Manis yang bisa dilihat disini.
Di website www.FivaFood.com selain bisa melihat resep juga bisa memesan produk-produk Fiva Food secara Online. Selama masa promo beli 3 produk Fiva Food maka akan mendapatkan gratis 1 produk serta bebas biaya pengantaran untuk area JABODETABEK.

2 comments

Leave a Reply