Awas! ada bakteri di Spons cucimu!

Teman-teman ada yang hobi memasak? Pasti banyak yang angkat tangan untuk hobi yang satu ini. memasak memang hobi menyenangkan, tapi ada loh hal yang tidak menyenangkan dari memasak, yaitu membersihkan peralatan memasak setelah menggunakannya.


credit : youtube


Sisa-sisa makanan yang menempel di peralatan memasak memang menjengkelkan kalau sulit dibersihkan, soalnya bisa menjadi tempat tumbuh bakteri. Selain di peralatan memasak, bakteri juga bisa menempel dan hidup di spon cuci. Faktanya menurut The Newyork Times, 76 juta kasus keracunan makanan disebabkan oleh penyebaran bakteri melalui spon cuci piring.




Ada berbagai macam bakteri yang mampu untuk hidup dan berkembang di spon cuci seperti, Salmonella, E. Coli, Staphylococcus, dan Campylobacteryang bisa menyebabkan keracunan dan penyakit. Bakteri-bakteri ini berkembang dengan cepat jika kita tidak pernah membersihkan spon cuci yang kita gunakan.

Duh, sedih ya kalau tanpa sadar kita jadi penyebab terganggunya kesehatan keluarga kita karena tidak membersihkan spon cuci yang kita gunakan. Untuk menghindari bakteri tumbuh di spon cuci, lakukan langkah-langkah ini yuk.


  • Sebelum mencuci peralatan makanan atau masakan dengan spon cuci, bersihkan dahulu sisa makanan yang menempel dengan air, tisu atau lap. Hal ini dilakukan untuk menghindari sisa makanan menempel diserabut spon cuci.


  • Setelah menggunakan spon cuci, bersihkan spon cuci dengan cara merendam spon cuci dalam air yang mengandung pembersih seperti karbol atau sabun cuci anti bakteri. Kemudian masukan kedalam microwave selama ± 2 menit dengan pengaturan medium high.


  • Setelah spon cuci dibersihkan, keringkan spon cuci dan ditaruh ditempat yang kering. Lakukan pencucian spon cuci ini minimal 1 minggu sekali.


Oia, untuk penggunaan karbol sebagai bahan pembersih, takaran yang dianjurkan yaitu 1 sendok makan (sdm) karbol dalam 5 liter air. Sedangkan untuk sabun anti bakteri, teman-teman bisa melihat pada petunjuk pemakaiannya.

Buat teman-teman yang tidak punya microwave, bisa menggantinya dengan mencelupkan spon cuci pada air panas yang mengandung pembersih atau sabun anti bakteri. Tujuan menggunakan air panas atau microwave ini untuk mematikan bakteri-bakteri yang terdapat pada spon cuci.

Langkah-langkah tips mencuci spon cuci ini saya dapatkan dari http://britequeen.com loh, selain itu di http://britequeen.com ada banyak berbagai tips seputar home organizing, lifestyle, cleaning and health sampai resep makanan (lengkap ya ^^).


Spon Cuci Scotch-BriteTM


Ngomong-ngomong spon cuci, teman-teman pasti sudah mengenal spon cuci Scotch-BriteTM. Pada tanggal 30 April -01 Mei 2016 yang lalu, Scotch-BriteTM mengadakan road show #TantanganBersih ke berbagai pasar serentak di 5 kota yaitu, Surabaya, Bandung, Bekasi, Bogor dan Jogja dari jam 6 hingga jam 10 pagi.




Road show #Tantangan bersih ini, bertujuan untuk mengenalkan 3 jenis produk baru Scotch-BriteTM sekaligus juga membuktikan kemampuan spon cuci Scotch-BriteTM dalam membersihkan peralatan makanan.

Selama road show #TantanganBersih ini berlangsung, pengunjung disekitar pasar ditantang untuk melakukan tantangan yang telah disiapkan panitia road show. Tantangannya ngga sulit kok, seperti menyanyi jingle Scotch-BriteTMatau menari (ada hadiah yang menarik jika pengunjung berhasil melakukan tantangan ini).

Di road show ini juga ada pembelian berhadiah setelah membeli produk spon cuci atau sabut Scotch-BriteTM. Pengunjung yang membeli produk minimal Rp. 10.000 akan mendapatkan kesempatan untuk mengambil undian berhadiah.


Salah satu pengunjung yang membeli produk Scotch Brite.



Hadiah-hadiah yang akan didapatkan

Buat teman-teman yang tidak sempat hadir di road show #TantanganBersih, jangan khawatir, teman-teman bisa mengikuti acara berikutnya dengan memfollow akun twitter @ScotchBriteID, website http://britequeen.com dan fanspage facebook Scotch-BriteTM .

18 comments

Leave a Reply