Mudahnya Check-In dengan Aplikasi Garuda Indonesia

Buat teman-teman yang sering naik Garuda, sudah pernah menggunakan aplikasi mobile Garuda Indonesia? Kalau belum cepet-cepet deh download di smartphone dan gadget teman-teman, soalnya ada beragam kemudahan dari aplikasi ini.

Kayak iklan ya? Bukan kok, bukan iklan. Tapi, cuma pengen share aja kemudahan menggunakan aplikasi ini.
Yang jadi pertanyaan kok tiba-tiba saya recommended aplikasi ini? Jadi, ceritanya saya dapat tugas dadakan pergi keluar kota setelah hari raya Idhul Adha. Namanya dadakan, suka bingung harus apa aja yang dipersiapkan (ketauan jarang pergi keluar kota). 

Untungnya dari kantor berbaik hati memilihkan penerbangan menggunakan Garuda. Karena senang tiket PP sudah dipesan plus kekenyangan makan sate (maklum habis Idhul Adha, stock daging jadi berlimpah) saya jadi lupa untuk mencetak e-ticketnya, dan tertidur pulas sampai keesokan pagi.




Dan besok paginya udah ketebak kayak apa paniknya saya karena e-ticketnya belum dicetak. Untungnya saya inget kakak saya yang sering berpergian menggunakan Garuda. Saya langsung WA dia untuk menanyakan bagaimana kalau e-ticket lupa dicetak dan bagaimana cara check-in di Garuda (ketauan deh ga updatenya ^^).

Kakak saya cuma jawab satu kalimat, download aja aplikasi mobile Garuda (singkat padat dan jelas jawabannya). Di bus menuju bandara, saya langsung men-download aplikasi Garuda Indonesia, dan ga ada 10 menit, iya ga ada 10 menit! Saya sudah check-in dan siap menukarkan boarding pass saya di terminal 3, cepat ya ^^.

Nah itu alasan saya kenapa recommended banget buat download aplikasi mobile Garuda Indonesia, karena selain bisa booking tiket, juga bisa check-in dimana aja.

Aplikasi ini cocok banget buat orang-orang yang mobile, kayak inces Syahrini yang makan paginya di Dubai, terus makan siangnya di Itali dan malamnya istirahat di Maldives :v.

Akhirnya punya kartu ini ^^


Poin plusnya lagi, aplikasi ini stabil, pendaftarannya ngga ribet, bisa memilih kursi penerbangan yang disukai, mendapat poin penerbangan jika jadi anggota Garuda Miles dan paperless. Buat temen-temen pecinta lingkungan pasti tau banget arti pentingnya paperless.

Bagaimana aplikasi penerbangan lain? Untuk aplikasi penerbangan lain seperti Citilink, Batik Air, Sriwijaya, dan Lion Air, sayangnya baru menyediakan jasa hanya pemesanan penerbangan, jadi check-in harus tetap di bandara. 

Oia, hampir lupa, untuk Air Asia sendiri, kegunaan aplikasi mobile-nya sudah seperti Garuda Indonesia, tapi beberapa pengguna aplikasi Air Asia memberikan ulasan yang kurang baik, karena aplikasi ini sering lag dan tidak stabil.

Buat teman-teman yang sudah men-download aplikasi Garuda Indonesia, berikut ini langkah-langkah singkat penggunaan aplikasi ini.


Setelah download dan membuka aplikasi Garuda Indonesia teman-teman tinggal memilih mendaftar menjadi anggota Garuda Miles atau jika terburu-buru bisa memilih Skip for Now. Tapi, saya ngga nyaranin untuk memilih Skip For Now, karena poin perjalanan teman-teman tidak akan tercatat.







Jika sudah mendaftar, dan memverifikasi lewat email masing-masing teman-teman akan masuk ke laman ini. Oia, untuk yang memilih Skip For Now juga langsung di arahkan ke laman ini. Teman-teman tinggal memilih apakah mau booking tiket atau check-in. Berhubung postingan ini bercerita tentang mudahnya check-in, jadi saya memilih check-in ^^.




Setelah memilih tanda check-in, teman-teman akan masuk ke laman ini. Teman-teman tinggal isi tanggal keberangkatan dan booking reference atau nomor E-ticket.







Jika data booking reference atau nomor e-ticket telah sesuai, teman-teman tinggal klik lanjut kan dan akan diarahkan ke laman berikut yaitu laman ketentuan membawa barang-barang yang berpotensi menyebabkan bahaya.





Kemudian teman-teman akan masuk ke Daftar Penerbangan, di laman tersebut selain mengetahui jenis pesawat, jadwal berangkat dan nomor kursi penerbangan, teman-teman bisa langsung mengubah nomor kursi dengan menekan Ubah Seat.





Di laman ini teman-teman bisa pilih kursi sebebas-bebasnya kecuali kursi yang ada tanda silangnya dan kursi pelaminan mantan ya xD.



Di sebelah kiri kursi pilihan Garuda, sebelah kanan kursi pilihan saya.


Udah puas milih kursinya? Teman-teman langsung diarahkan ke laman ini, yaitu mengambil Boarding Pass. Teman-teman tinggal pilih mana yang paling cocok buat teman-teman. Kebetulan saya sih pilih pengambilan boarding pass di bandara, alasannya biar saya ngga ribet mencari-cari boarding pass di tas saya.



Setelah konfirmasi pengambilan boarding pass, teman-teman akan dapat QR code ini, yang wajib diperlihatkan di terminal 3. Karena Qr code ini berfungsi sebagai tanda untuk mendapatkan boarding pass.


Maaf ya kalau beda, QR sebelumnya lupa di Screnshoot ^^

Oia, penukaran QR code ini wajib menyertakan kartu identitas ya. Jadi jangan sampai kartu identitas teman-teman ketinggalan, salah-salah malah ngga bisa terbang. Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat and have a great flight ^^

8 comments

  1. aku pakaai ^o^… bener mbak, aplikasi garuda ini lbh stabil drpd airasia… 🙂 trutama akhir2 nih , ga tau napa aplikasi AA agak srg bermasalah nih.. krn aku lg rajin2nya browsing tiket utk 2017 :D.. jd belakangan ini mau ga mau rajin liatin aplikasi garuda,dan AA 😀

Leave a Reply