Langsung ke konten utama

Karbohidrat, Gula, dan Diabetes

Teman – teman tahu ngga musuh dalam selimut yang mengincar kesehatan teman – teman?

Yes, ternyata musuh dalam selimut yang bisa mengincar kesehatan teman – teman adalah gula. Kagetkan? Sama saya juga kaget (pura – puranya kaget ^0^). Ternyata gula, merupakan pemicu dari penyakit yang menyebabkan kematian yaitu, Diabetes. 





Informasi ini saya dapat ketika menghadiri Hari Diabetes Sedunia di Gedung Direktorat PPTM Kemenkes Jakarta, Kamis 14 November 2016. Namun, gula yang saya maksud disini bukan hanya gula pasir, tapi pangan apapun yang menghasilkan hasil akhir menjadi gula.

Oia, sebelum tambah bingung, saya jelasin dulu nih maksud dari “apapun yang menghasilkan hasil akhir menjadi gula”. Dalam tubuh kita, untuk mengolah makanan yang kita konsumsi maka tubuh mengalami proses metabolism. 

Pada tubuh sendiri ada beberapa macam metabolism (yang ini skip aja ya, tapi jika teman – teman penasaran bisa googling tentang metabolism tubuh ^_^) dan salah satunya yaitu metabolism karbohidrat.

Pada metabolism karbohidrat, makanan – makanan yang mengandung karbohidrat akan dipecah melalui enzim yang terdapat pada air liur dan pencernaan hingga menjadi gula sederhana. 

Gula sederhana dipecah lagi oleh insulin pada pancreas sehingga nantinya menjadi energy untuk digunakan dalam tubuh. Gula – gula sederhana ini terdapat di darah, hati serta otot. Apabila gula sederhana ini tidak digunakan, maka akan disimpan sebagai cadangan lemak.




Nah jadi paham kan kenapa karbohidrat bisa menyebabkan kegemukan ^^. Lalu apa hubungannya dengan Diabetes? Hubungannya adalah, jika gula sederhana ini melebihi kadar gula normal pada tubuh. 

Umumnya gula darah pada tubuh kita sebelum makan sekitar 70 -130 mg/dl dan setelah makan sekitar 180 mg/dl.  Jika berlebih, tubuh, akan memaksa pancreas untuk menghasilkan insulin agar mengontrol gula darah kita menjadi normal.

Bayangin deh, jika pancreas terus menerus bekerja menghasilkan insulin, lama kelamaan pancreas kita akan rusak juga dan kesulitan menghasilkan insulin. Ibarat kata mesin, dipaksa kerja terus menerus akhirnya rusak juga. Kalau mesin kemungkinan ada onderdil cadangannya, Tapi kalau organ tubuh kita rusak, onderdil cadangannya kita cari dimana? Serem kan T^T






Kasus pancreas tidak dapat menghasilkan insulin secara optimal, menurut Prof. DR. dr. Achmad Rudijanto, Sp.PD-KEMD disebut Diabetes Mellitus tipe II. Pada Diabetes Mellitus Tipe dua dapat ditemukan pada 90% orang dewasa, namun tidak memungkiri diabetes tipe ini ditemukan pada anak – anak. 

Selain diabetes mellitus tipe II, adapula diabetes mellitus tipe I yang umumnya di temukan pada anak – anak dibawah 18 tahun. Diabetes mellitus tipe I, terjadi karena kerusakan pancreas yang disebabkan oleh imunitas tubuh. Hal ini menyebabkan, pancreas tidak dapat menghasilkan insulin. 

Selama acara berlangsung, banyak pertanyaan seputar diabetes. Seperti, apakah orang yang mengidap diabetes, keturunannya mengidap diabetes juga? Menurut Prof. DR. dr. Agung Pranoto, MKes, SpPD, K-EMD, FINASIM, jika carrier (pembawa) gen diabetes terdapat pada ibu, maka kemungkinan si keturunannya bisa terkena diabetes.

Berikut ini adalah hal – hal yang menjadi pemicu diabetes.

1.     Resiko diabetes tipe II meningkat seiringnya bertambah usia, terutama setelah berumur 40 tahun. Hal ini berhubungan dengan aktifitas yang menurun serta kehilangan massa otot dan berat badan.

2.     Menurut penelitian, ras asia dan kulit hitam lebih rentan terkena penyakit diabetes

3.     Obesitas merupakan penyumbang terbesar dalam penyebab diabetes hal ini disebabkan semakin banyak jaringan lemak, maka semakin besar pula resistensi sel terhadap insulin.

4.     Aktifitas fisik yang kurang memadai

5.     Diet tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan dan minuman berkalori tinggi, lemak jenuh, gula dan rendah serat

6.     Memiliki tekanan darah tinggi atau tingkat lipid yang tinggi

7.     Diabetes gestational yaitu perempuan yang mengalami diabetes selama kehamilan memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes tipe II

Selain hal – hal diatas, perlu dilakukan skrinning agar mengetahui tipe diabetes yang kemungkinan di derita. Skrinning diabetes menjadi penting, karena diabetes tipe II memiliki gejala yang begitu ringan, dan sering terabaikan oleh penderita. 

Sehingga ketika penyakit ini terdiagnosis, umumnya penderita diabetes tipe II mengalami komplikasi penyakit yang serius seperti, penyakit kardiovaskular, kebutaan, gagal ginjal, dan amputasi anggota bagian bawah.

Jadi, pahamkan kenapa menjaga pola hidup yang sehat itu penting. Karena bukan hanya diabetes saja yang mengintai, tapi penyakit – penyakit berat lain juga mengintai tubuh kita. Untuk itu Dr. Lily S. Sulistyowati MM perwakilan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menyarankan agar kita menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.  Tidak hanya itu, Dr. Lily menambahkan, kita perlu menerapkan metode CERDIK.


CERDIK adalah :

§  Cek kesehatan secara berkala, yaitu melakukan tes glukosa darah dan kadar HbA1c secara teratur.

§  Enyahkan asap rokok dengan menghindari penggunaan tembakau/rokok.

§  Rajin melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu.

§  Diet sehat dan seimbang, yaitu 3 – 5 porsi buah dan sayuran setiap hari, serta mengurangi asupan gula, garam dan lemak jenuh.

§  Kelola stress.

Teman – teman jadi taukan penyebab diabetes dan cara pencegahannya. Yuk, dari sekarang kita mulai kebiasaan hidup sehat agar tidak menyesal di kemudian hari.

Semoga bermanfaat



Komentar

  1. Aku baru tahu loh yang alur karbohidratnya itu..
    Dokterku nyuruh buat olahraga juga mininal 30menit.. Gak aku gubris..
    Setelah baca ini, langsubg caooo besok pagi lari pagiiii...
    Semangat olahragaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba, makasih udah mampir. Yuk semangat olahraga lagi ^^

      Hapus
  2. Nah ini nih yg msh susah dihilangkan, soalnya saya pecinta makanan manis bgt. Klo garam sih ud dikurangi, tp gula susah. Mdh2an pelan2 bs hidup lbh sehat deh. Tfs mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba Ferna sudah mampir. Dikurangi aja mba konsumsi gula dan karbonya tapi tetap sesuai dengan kebutuhan gizi dan kalori harian mba.

      Hapus
  3. Hehehehe yang manis manis tidak selamanya berakhir manis ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. iya mba ^^ makasih ya sudah mampir

      Hapus
  4. Gua an karbo yg berlebihan emang racun bagi tubuh ya mbak, jd khawatir jg nih
    TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa - apa yg berlebihan bisa jadi racun sih buat tubuh kita mba. Makasih sudah mampir ya mba ^^

      Hapus

Posting Komentar

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Pos populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.