Langsung ke konten utama

Bahagia bermain di Taman Kaulinan, Bogor.

Bahagia itu sederhana. Contohnya cukup bermain dengan orang – orang yang kita sayangi di taman kota saja sudah membuat kita bahagia. Didasari hal tersebut, Bogor mulai berbenah untuk mempercantik taman – tamannya. Taman Bogor, Taman Corat- Coret, Taman Skatepark, Taman Air Mancur, Taman Heulang, Taman Ekspresi, Taman Kencana, Taman Peranginan, Hutan Kota, dan Taman Malabar merupakan taman yang direvitalisasi atau diperbarui oleh PemKot Bogor.

Melihat pentingnya manfaat taman sebagai paru – paru kota, menurut Bima Arya, taman  kota juga memiliki peran penting lain yaitu dalam pembentukan dan membangun karakter warga. Oleh karena itu pada tanggal 5 Februari 2017, PemKot Bogor, melalui Walikota Bogor Bima Arya, meresmikan satu taman baru yang letaknya berada di area Lapangan Sempur. Taman ini dinamai Taman Kaulinan.


Taman Kaulinan


Taman Kaulinan berasal dari kata “Kaulinan” yang artinya bermain. Taman Kaulinan memang dikhususkan untuk tempat bermain bagi anak – anak. Taman seluas 600 m2 ini memiliki berbagai macam permainan yang dikhususkan untuk anak – anak seperti Ular tangga, rumah pohon, panjat tali, enggrang, ayunan, engklek dan perosotan.




Taman Kaulinan ini sengaja mengambil konsep kedaerahan dan permainan – permainan tradisional, tentu saja agar anak – anak tidak lupa dengan budaya dan tidak terpaku dengan gadget. Walau berkonsep tradisional, Taman Kaulinan dirancang secara modern serta telah memenuhi standar keselamatan dan keamanan anak – anak ketika bermain.


DonasiKu oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya

Teman – teman tahu ngga, kalau Taman Kaulinan ini merupakan hasil wujud kepedulian bersama antara pemerintah, perusahaan swasta, lembaga sosial, dan masyarakat luas terhadap perkembangan kreativitas anak.

Menurut Solihin, Corporate Affairs SAT, taman yang direvitalisasi bersamaan dengan Lapangan Sempur per 25 Juli tahun lalu, dibangun dari hasil penggalangan dana masyarakat atau yang lebih dikenal dengan DonasiKu yang dihimpun melalui kasir Alfamart/Alfamidi bekerja sama dengan Yayasan BeraniBhakti Bangsa. Penggalangan dana ini berlangsung pada periode November-Desember 2015.

credit : winnywidyawati.com


Dari uang kembalian belanja teman – teman minimal sebesar 100 rupiah, yang dikumpulkan oleh kasir Alfamart/Alfamidi, Taman Kaulinan dapat dibangun dan digunakan sebagai Taman bermain umum untuk anak – anak.

Selain dari uang kembalian belanja, teman – teman, masyarakat serta pelanggan setia Alfamart dan Alfamidi yang ingin menyalurkan dana bisa memberikan donasi secara bebas dengan nominal yang diinginkan, dan diberikan melalui kasir-kasir di seluruh gerai Alfamart/Alfamidi terdekat.
Selain itu, teman – teman yang telah menyumbang tidak perlu khawatir. Program – program DonasiKu dilakukan oleh yayasan yang menjadi mitra PT. SAT (Sumber Alfaria Trijaya), seperti Yayasan Berani Bhakti Bangsa yang melakukan pembangunan Taman Kaulinan ini, yang dinaungi oleh Direktorat Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Kementerian Sosial RI.
Beberapa bentuk kegiatan sosial lain yang sudah terlaksana berkat donasi masyarakat lewat DonasiKu adalah Bright Eyes Bright Future (BEBF) yang menyalurkan kacamata gratis bagi anak-anak sekolah yang membutuhkan di seluruh Indonesia, Khitanan Massal yang sudah diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia, program Penyaluran Alat Bantu Disabilitas, dan pembangunan Rumah Singgah bagi anak-anak yang menderita kanker.
Jika teman – teman ingin informasi lebih lanjut mengenai Yayasan Berani beserta DonasiKu dan penyebaran dana donasi, teman – teman bisa follow akun @YayasanBerani dan mengunjungi situs www.alfamartku.com

Bermain Di Taman Kaulinan
Kota Bogor sedang berbenah. Kini banyak taman – taman cantik yang ramah lingkungan sehingga dapat digunakan masyarakat. Jika beberapa waktu yang lalu, Walikota Bogor, Bima Arya meresmikan pendestrian, kini giliran Taman Kaulinan yang letaknya berada di Lapangan Sempur  yang diresmikan.
Sebelum resmi diresmikan, Taman Kaulinan ini sudah penuh dengan anak – anak yang mencoba berbagai permainan yang dibuat khusus untuk anak – anak. Beberapa permainan tradisional, seperti engklek dan galasin, mengingatkan saya akan masa kecil saya yang senang sekali dapat bermain bebas seperti ini bersama teman – teman.
Selain menyediakan fasilitas tempat bermain seperti engklek, perosotan, ayunan, rumah pohon, area selfie, panjat tali, ular tangga, engklek dan enggrang, Taman Kaulinan ini juga menyediakan Gazebo, sebagai tempat beristirahat bagi keluarga dan anak – anak yang lelah bermain.
Peresmian Taman Kaulinan, melibatkan berbagai pihak seperti perwakilan  dari PT. Sumber Alfa Trijaya, PemKot Bogor dan adik – adik SD Negeri Polisi 4 Bogor yang memberikan hiburan berupa lagu – lagu serta tari – tarian daerah khas Jawa Barat.

Secara simbolis, Walikota Bogor, Bima Arya menandatangani prasasti dan ditemani oleh Solihin, Corporate Affairs SAT, Bima Arya mencoba semua fasilitas permainan yang disediakan di Taman Kaulinan, untuk menunjukkan bahwa fasilitas permainan di Taman Kaulinan, aman bagi keselamatan anak – anak.

credit : winnywidyawati.com


Oia, ada yang menarik dari Taman Kaulinan ini selain mempunyai fasilitas bermain, Taman Kaulinan juga terhubung dengan pendestrian yang mengelilingi area Kebun Raya Bogor melalui terowongan yang melintasi jalan utama Jalak Harupat. Sehingga masyarakat yang sedang berada di pendestrian bisa dengan mudah menuju Taman Kaulinan.

Semoga makin banyak taman  dan ruang hijau di kota Bogor, dan semoga kita bisa menjaga fasilitas umum yang telah diberikan dengan baik.

  

Komentar

  1. Melegakan banget gak cuman mall mall yang dibangun tapu juga taman taman tematik ya. Semoga Bogor tambah betahin warganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba winny, aku juga senang liatnya berasa balik jadi anak - anak

      Hapus
  2. Makin cinta jadinya sama Bogor
    Semoga taman-taman seperti ini terus bertumbuh ya agar anak tak kehilangan tempat bermain yang nyaman dan aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, kasian kalau anak - anak ga punya tempat bermain.

      Hapus
  3. Wahh keren,, kapan saya diajak jalan2 ke taman kaulinan itu mbak?

    BalasHapus
  4. rasanyya seneng lihat taman ditambh gini jadi adem lihatnya

    BalasHapus
  5. asik ya ada taman bermain spt ini, gak nyangka donasi alfamart dibuat konsep seperti ini, good job, gak ragu lagi deh mau donasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba rifka dan lia, makasih sudah mampir ^^

      Hapus
  6. Senangnya yaa, kota Bogor benar-benar 6umemperhatikan dan memfasilitasi warganya kaya gini..

    BalasHapus
  7. Sekarang jadi ada tempat main baru nih kalau ke Bogor..

    BalasHapus

Posting Komentar

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Pos populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.