Bahagia bermain di Taman Kaulinan, Bogor.

Bahagia itu sederhana. Contohnya cukup bermain dengan orang – orang yang kita sayangi di taman kota saja sudah membuat kita bahagia. Didasari hal tersebut, Bogor mulai berbenah untuk mempercantik taman – tamannya. Taman Bogor, Taman Corat- Coret, Taman Skatepark, Taman Air Mancur, Taman Heulang, Taman Ekspresi, Taman Kencana, Taman Peranginan, Hutan Kota, dan Taman Malabar merupakan taman yang direvitalisasi atau diperbarui oleh PemKot Bogor.
Melihat pentingnya manfaat taman sebagai paru – paru kota, menurut Bima Arya, taman  kota juga memiliki peran penting lain yaitu dalam pembentukan dan membangun karakter warga. Oleh karena itu pada tanggal 5 Februari 2017, PemKot Bogor, melalui Walikota Bogor Bima Arya, meresmikan satu taman baru yang letaknya berada di area Lapangan Sempur. Taman ini dinamai Taman Kaulinan.


Taman Kaulinan

Taman Kaulinan berasal dari kata “Kaulinan” yang artinya bermain. Taman Kaulinan memang dikhususkan untuk tempat bermain bagi anak – anak. Taman seluas 600 m2 ini memiliki berbagai macam permainan yang dikhususkan untuk anak – anak seperti Ular tangga, rumah pohon, panjat tali, enggrang, ayunan, engklek dan perosotan.



Taman Kaulinan ini sengaja mengambil konsep kedaerahan dan permainan – permainan tradisional, tentu saja agar anak – anak tidak lupa dengan budaya dan tidak terpaku dengan gadget. Walau berkonsep tradisional, Taman Kaulinan dirancang secara modern serta telah memenuhi standar keselamatan dan keamanan anak – anak ketika bermain.
DonasiKu oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya
Teman – teman tahu ngga, kalau Taman Kaulinan ini merupakan hasil wujud kepedulian bersama antara pemerintah, perusahaan swasta, lembaga sosial, dan masyarakat luas terhadap perkembangan kreativitas anak.
Menurut Solihin, Corporate Affairs SAT, taman yang direvitalisasi bersamaan dengan Lapangan Sempur per 25 Juli tahun lalu, dibangun dari hasil penggalangan dana masyarakat atau yang lebih dikenal dengan DonasiKu yang dihimpun melalui kasir Alfamart/Alfamidi bekerja sama dengan Yayasan BeraniBhakti Bangsa. Penggalangan dana ini berlangsung pada periode November-Desember 2015.

credit : winnywidyawati.com

Dari uang kembalian belanja teman – teman minimal sebesar 100 rupiah, yang dikumpulkan oleh kasir Alfamart/Alfamidi, Taman Kaulinan dapat dibangun dan digunakan sebagai Taman bermain umum untuk anak – anak.
Selain dari uang kembalian belanja, teman – teman, masyarakat serta pelanggan setia Alfamart dan Alfamidi yang ingin menyalurkan dana bisa memberikan donasi secara bebas dengan nominal yang diinginkan, dan diberikan melalui kasir-kasir di seluruh gerai Alfamart/Alfamidi terdekat.
Selain itu, teman – teman yang telah menyumbang tidak perlu khawatir. Program – program DonasiKu dilakukan oleh yayasan yang menjadi mitra PT. SAT (Sumber Alfaria Trijaya), seperti Yayasan Berani Bhakti Bangsa yang melakukan pembangunan Taman Kaulinan ini, yang dinaungi oleh Direktorat Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Kementerian Sosial RI.
Beberapa bentuk kegiatan sosial lain yang sudah terlaksana berkat donasi masyarakat lewat DonasiKu adalah Bright Eyes Bright Future (BEBF) yang menyalurkan kacamata gratis bagi anak-anak sekolah yang membutuhkan di seluruh Indonesia, Khitanan Massal yang sudah diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia, program Penyaluran Alat Bantu Disabilitas, dan pembangunan Rumah Singgah bagi anak-anak yang menderita kanker.
Jika teman – teman ingin informasi lebih lanjut mengenai Yayasan Berani beserta DonasiKu dan penyebaran dana donasi, teman – teman bisa follow akun @YayasanBerani dan mengunjungi situs www.alfamartku.com
Bermain Di Taman Kaulinan
Kota Bogor sedang berbenah. Kini banyak taman – taman cantik yang ramah lingkungan sehingga dapat digunakan masyarakat. Jika beberapa waktu yang lalu, Walikota Bogor, Bima Arya meresmikan pendestrian, kini giliran Taman Kaulinan yang letaknya berada di Lapangan Sempur  yang diresmikan.
Sebelum resmi diresmikan, Taman Kaulinan ini sudah penuh dengan anak – anak yang mencoba berbagai permainan yang dibuat khusus untuk anak – anak. Beberapa permainan tradisional, seperti engklek dan galasin, mengingatkan saya akan masa kecil saya yang senang sekali dapat bermain bebas seperti ini bersama teman – teman.
Selain menyediakan fasilitas tempat bermain seperti engklek, perosotan, ayunan, rumah pohon, area selfie, panjat tali, ular tangga, engklek dan enggrang, Taman Kaulinan ini juga menyediakan Gazebo, sebagai tempat beristirahat bagi keluarga dan anak – anak yang lelah bermain.
Peresmian Taman Kaulinan, melibatkan berbagai pihak seperti perwakilan  dari PT. Sumber Alfa Trijaya, PemKot Bogor dan adik – adik SD Negeri Polisi 4 Bogor yang memberikan hiburan berupa lagu – lagu serta tari – tarian daerah khas Jawa Barat.
Secara simbolis, Walikota Bogor, Bima Arya menandatangani prasasti dan ditemani oleh Solihin, Corporate Affairs SAT, Bima Arya mencoba semua fasilitas permainan yang disediakan di Taman Kaulinan, untuk menunjukkan bahwa fasilitas permainan di Taman Kaulinan, aman bagi keselamatan anak – anak.

credit : winnywidyawati.com

Oia, ada yang menarik dari Taman Kaulinan ini selain mempunyai fasilitas bermain, Taman Kaulinan juga terhubung dengan pendestrian yang mengelilingi area Kebun Raya Bogor melalui terowongan yang melintasi jalan utama Jalak Harupat. Sehingga masyarakat yang sedang berada di pendestrian bisa dengan mudah menuju Taman Kaulinan.
Semoga makin banyak taman  dan ruang hijau di kota Bogor, dan semoga kita bisa menjaga fasilitas umum yang telah diberikan dengan baik.
  

11 comments

Leave a Reply