Membuat kopi ala kafe bersama si kecil menggunakan Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual

“Tante mau buat apa?” Rara keponakan saya berteriak seraya berlari menghampiri saya di dapur. “Tante mau buat kopi, kenapa De?” Tanya saya pada Rara (saya memanggilnya dede, karena Rara keponakan yang paling kecil di keluarga kami). “Dede yang buatin kopinya ya Tante.” Pinta Rara dengan raut muka lucu. 

Rara, salah satu keponakan saya yang berumur 4 tahun sering ngintilin kemana – mana jika saya kebetulan sedang tidak bekerja. Tingkat penasarannya tinggi banget, dimaklumin sih, umur – umur segitu memang masa keemasan anak – anak, yang senang sekali mengeksplor dan mencoba sesuatu.

Makanya, apa – apa yang saya kerjakan dia penasaran, termasuk ketika saya membuat kopi. Rara selalu ada di dekat saya jika dia melihat saya akan membuat kopi. Senang sih ketika membuat kopi ada yang nemenin, lucu dan menggemaskan lagi ^^. Tapi yang bikin bete, kopi yang saya buat rasanya jadi awur-awuran, karena Rara menambahkan “taste”nya dia ke kopi saya. 

Mau dilarang ikutan buat kopi, takutnya Rara ngambek, ngga dilarang, rasa kopi saya ngga ada yang beres T_T. Solusinya? Terpaksa kalau mau ngopi saya keluar rumah atau ketika membuat kopi, saya selalu diam – diam biar ngga kelihatan Rara (Ujian sabar untuk Tante Sholeha ^^).





Walau begitu, rasanya solusi diatas kurang tepat juga karena kalau ngopi diluar itu mahal dan ngga mungkin saya terus – terusan main petak umpet ketika membuat kopi. Alhamdulillah akhirnya Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual yang saya pesan datang (baca saving money with Nescafe Dolce GustoPiccolo Manual). 

Apa hubungannya? Ada dong, saya bikin kopinya jadi lebih cepat dan rasanya malah kayak kopi – kopi di kafe. Lalu bagaimana reaksi Rara? Reaksi Rara ketika melihat Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual datang, antusias banget ^^, dengan segera dia mengajak saya untuk membuat kopi menggunakan alat ini.

Cara menggunakan Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual ini gampang banget loh, ngga percayakan? Yuk, kita sama – sama cobain. Oia, sebelum menggunakan Piccolo, kita harus membersihkan Piccolo terlebih dahulu sebelum digunakan. Caranya, penampung air yang sudah dibersihkan diisi dengan air hingga batas maksimum. Kemudian setelah Piccolo dihubungkan dengan listrik, hidupkan tombol on/off yang terletak disamping kiri.





Setelah lampu tombol berubah warna dari merah ke hijau, geser tuas yang  berada diatas kepala Piccoloke kanan yang mengeluarkan air panas selama beberapa menit (Lakukan kearah sebaliknya untuk mengeluarkan air dingin). 

Sesudah melakukan langkah – langkah pembersihan ini, Piccolo udah siap digunakan untuk membuat kopi. Caranya juga hampir mirip seperti saat membersihkan Piccolo, tapi untuk membuat kopi, tinggal ditambahkan kapsul dengan rasa yang disuka ditempat kapsul dan tinggal menggeser tuas untuk menghasilkan minuman dingin atau panas.






Oia, setiap habis menggunakan Piccolo, jangan lupa untuk memastikan tidak ada sisa percikan kopi atau susu yang mengering di kepala dan badan Piccolo. Soalnya, selain bisa mengundang semut, bakteri dan binatang lain, juga bisa menyumbat jalan keluarnya air. 


Jika ada sisa percikan, teman – teman bisa segera mengeringkannya dengan lap kering, dan jika terjadi penyumbatan, teman – teman bisa memakai alat yang disediakan Piccolo. Bentuknya, runcing dan tipis yang berfungsi untuk menghilangkan sisa – sisa penyumbatan. Wah, udah bikin kopinya gampang, cara membersihkannya gampang juga, what a cool machine.

Karena cara menggunakan Piccolo ini gampang banget, saya jadi sering sekali bikin kopi. Dalam sehari (jika sedang di rumah) saya membuat kopi sebanyak 2x. Jadi, dalam sebulan, rata – rata saya meminum kopi sekitar 16x (banyak yah xD). Untungnya, dalam satu boks kapsul Nescafe, terdiri dari 16 kapsul jadi bisa puas ngopi selama sebulan ^^.





Lalu bagaimana jika kapsul Nescafenya habis? Berhubung, saya suka laper mata kalau belanja, jadi saya lebih sering membeli kapsul di online shop seperti LAZADA atau Bibli.com

Memang sih, setiap pembelian tidak bisa satu boks kapsul (dijual dalam paket, 1 paket berisi 3 boks kapsul), namun dengan kondisi psikologis saya yang laper mata (halah), hal ini justru membantu saya untuk focus dalam membeli barang yang dibutuhkan (dan kebetulan belanja di LAZADA banyak promonya ^^). Tapi, terkadang jika ada waktu luang, saya juga membeli kapsul Nescafe, dibeberapa supermarket seperti Carefour atau The Food Hall.

Nescafe Dolce Gusto Club


Saat saya unboxing box Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual, saya menemukan saran untuk mendaftar menjadi member di Nescafe Dolce Gusto Club di salah satu lampiran kertas. Kenapa disarankan untuk menjadi member di Nescafe Dolce Gusto Club? Karena teman – teman yang telah membeli atau sudah punya produk – produk Nescafe dan sudah menjadi member Nescafe Dolce Gusto Club, akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan rewards tertentu.





Misalnya, jika teman – teman member baru dan mempunyai Piccolo seperti saya, teman – teman akan mendapatkan poin sebesar 105 poin (welcome poin 50, registrasi mesin Piccolo 55), yang bisa teman – teman tukarkan dengan 1 boks kapsul. Enaknya lagi, ngga hanya registrasi mesin aja yang dapat poin, hari ulang tahun dan registrasi kapsul, juga mendapatkan poin, enak kan ^^.






Gimana caranya jadi member Nescafe Dolce Gusto Club?
1.     Masuk ke website www.dolce-gusto.co.id/club
2.     Klik Daftar Sekarang.
3.     Teman – teman bisa mendaftar melalui Facebook atau melalui email.
4.     Setelah mendaftar, maka  teman – teman bisa mengakses berbagai macam hal seperti promo pembelian produk Nescafe, resep – resep, hingga ke kesehatan dan gaya hidup, keren ya ^^

Udahan dulu ya ceritanya, soalnya saya mau buat kopi lagi sama si Dede, semoga pengalaman saya menggunakan Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manualbermanfaat, salam.

23 comments

  1. Kemarin sempet mupeng sama si dolce ini karena praktis banget kalo bikin kopi. Kalo si Rara bisa bikin juga berarti nggak ribet ya Mbak Yul? Hihi
    Oke noted, jadi member kalo mau beli si dolce biar dapet reward juga *lirik dompet*

  2. Kapsulku tak irit-irit biar nggak beli mulu, eh liat tawaran member NDG Club jadi berubah pikiran. Biarpun banyak beli kapsul kita tetep untung karena bisa dapat poin ya.

Leave a Reply