Anyang – anyangan jangan disepelekan! Cegah dengan Prive Uri-cran

Anyang – anyangan jangan disepelekan! Kalimat ini betul banget loh, karena anyang – anyangan (rasa ingin buang air kecil terus menerus) merupakan indikasi terjadinya infeksi saluran kemih. Dulu banget, saya sempat menyepelekan anyang – anyangan, hingga anyang – anyangan ini menimpa saya ketika mendapat perjalanan dinas luar kota.

Saya inget banget, ketika itu harus pergi ke kota Blitar melalui kota Malang. Kebiasaan buruk saya selama perjalanan adalah, saya suka sekali minum kopi dan suka menahan diri untuk berkemih (buang air kecil) suatu kombinasi yang ngga baik banget. Karena menurut literatur kesehatan, kopi justru merangsang untuk berkemih, T^T. Sebenarnya jika ada kamar kecil yang bersih, saya tidak segan untuk segera berkemih. Tapi, rata – rata kamar kecil yang disediakan fasilitas umum, kebersihannya tidak terjaga. Hal ini yang membuat saya berpikir ribuan kali untuk berkemih di sana.
Keputusan saya menahan berkemih merupakan kesalahan besar. Dari Malang menuju Blitar, memakan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan. Dan selama 5 jam perjalanan, saya terpaksa menahan keinginan untuk berkemih karena tidak menemukan kamar kecil yang bersih serta tidak menyiapkan tisu kering dan tisu basah sebagai alat pembersih tambahan.

Sesampainya di Hotel, tempat yang segera saya cari adalah kamar kecil untuk segera berkemih. Namun, setelah saya berkemih, justru saya merasa ingin berkemih kembali, saat itu saya tersadar saya mengalami anyang – anyangan. Anyang – anyangan yang saya alami benar – benar sudah dalam taraf mengganggu, karena saat itu dalam satu hari saya bisa 10x bolak – balik ke kamar kecil untuk berkemih.

Selain itu, saat berkemih merupakan beban yang luar biasa buat saya karena ada rasa sakit, nyeri, perih yang menyertai ketika berkemih, sedangkan air seni saya tidak keluar dengan lancar. Karena saya dalam perjalanan dinas, mau ngga mau saya hanya bisa menahan rasa sakit sambil meminum air putih yang banyak hingga saya pulang dan bisa berkonsultasi dengan dokter.




Dari pengalaman saya di atas, saya ngga kepengen teman – teman mengalami anyang – anyangan juga. Jadi saya akan berbagi tips untuk menghindari anyang – anyangan.

1.     Jangan pernah menahan berkemih

Salah satu penyebab terjadinya anyang – anyangan adalah menahan berkemih. Menurut dokter, jika teman – teman sering menahan berkemih, maka kantung kemih teman – teman akan penuh dengan air seni. Air seni sendiri itu mengandung kotoran termasuk bakteri (E-coli), dan jika dalam waktu lama menahan berkemih, maka air seni akan menggesek kantung kemih teman – teman.

Kantung kemih yang tergesek  terus menerus oleh air seni selain menyebabkan rasa sakit dan nyeri, juga akan terluka bahkan bisa mengeluarkan darah. Jika tidak segera ditangani, hal ini tidak hanya menyebabkan infeksi saluran kemih, namun infeksi ginjal, bahkan menyebabkan kecacatan pada anak yang dikandung oleh ibu hamil.
2.     Membersihkan kemaluan sehabis berkemih dari arah depan ke belakang

Membasuh kemaluan sehabis berkemih dari arah depan ke belakang dapat membantu mengurangi penyebaran bakteri dari anus ke vagina dan saluran kemih.
3.     Jangan meminum minuman yang merangsang untuk berkemih selama dalam perjalanan

Minuman bersoda, minuman berkafein, minuman beralkohol serta minuman ringan dengan perasa jeruk ternyata dapat merangsang teman – teman untuk berkemih. Untuk itu, jika akan melakukan perjalanan jauh, hindari semua minuman di atas, demi kenyamanan perjalanan teman – teman
4.     Menyediakan air kemasan untuk membilas setelah berkemih

Jika teman – teman berkemih di kamar kecil fasilitas umum, hal yang sering terjadi adalah sulitnya mendapatkan air bersih untuk membasuh kemaluan. Kalaupun ada air, kebersihannya diragukan karena bisa saja terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu, selalu sediakan air kemasan yang cukup untuk membasuh kemaluan sehabis berkemih, ketika teman – teman sedang dalam perjalanan
5.     Membawa tisu basah dan kering

Tisu basah dan kering berfungsi banget sebagai pembersih toilet jika toilet yang digunakan merupakan toilet duduk. Selain itu, tisu basah dan kering juga membantu membersihkan kemaluan sehabis berkemih dan menjaganya tetap kering
6.     Membawa minimal 3 pakaian dalam untuk bersalin
7.     Membawa dan mengganti pantyliner setiap 3 jam sekali


Walau sudah melakukan tips –  tips di atas, terkadang anyang – anyangan tetap tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, teman – teman perlu banget menyediakan Prive Uri-Cran.
Prive Uri-Cran merupakan suplemen kesehatan yang terdiri dari buah cranberry. Buah cranberry dipilih sebagai bahan utama, karena setelah diteliti di Amerika, buah cranberry mengandung Proantocyanidin (PAC) yang efektif mencegah infeksi saluran kemih dengan cara mencegah bakteri E-coli menempel pada dinding saluran kemih. Cara kerja PAC dalam buah cranberry, mencegah bakteri E-coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih, dan membuangnya bersama air seni.

Prive Uri-cran kapsul
         Komposisi : 250 mg ekstrak cranberry
         Dosis : 1-2 kapsul/hari
         Isi per box : 30 kapsul/box

credit : www.uricran.co.id
Prive Uri-cran Plus
         Komposisi : 375 mg ekstrak cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum
         Sediaan : powder sachet
         Dosis : 1-2 sachet/hari
         Isi per box : 15 sachet/box

credit : www.uricran.co.id

Dari dua jenis Prive Uri-cran, saya seneng banget dengan Prive Uri-cran plus yang berbentuk powder sachet. Karena Prive Uri-cran plus ini, ngga berasa seperti minuman suplemen, rasanya enak sekaligus menyegarkan.
pakai air dingin lebih enak ^^



Selain itu, manfaat dari Prive Uri-cran plus juga banyak loh, karena mengandung vitamin C dan bakteri baik, maka jika mengkonsumsi Prive Uri-cran sesuai saran anjuran maka akan meningkatkan daya tahan tubuh dan juga mempercepat kesembuhan dari infeksi jamur dan infeksi saluran kemih. 
Oia, jika teman – teman sedang mengalami anyang – anyangan, untuk hasil maksimal, sebaiknya teman – teman mengkonsumsi 2 gelas (@150 ml) Prive Uri-cran per hari, selama kurang lebih 10 hari.

Semoga pengalaman saya tentang anyang – anyangan berguna ya buat teman – teman. Jika teman – teman sedang alami anyang – anyangan segera minum Uri-cran dan jangan lupa untuk tetap konsultasi ke dokter.

Semoga bermanfaat.

11 comments

  1. Kadang ga sadar nahan pipis karena males buat ke kamar mandi. Payahnya pas kena anyang2an juga ogah2an minum air putih ��. Untung ada uricran ya mbak yul, bs jadi solusi sehatnya ya :))

  2. Kalau sekiranya nggak akan ketemu kamar mandi dalam waktu lama, aku nggak mau minum kopi. Kapok. Pernah nahan pipis pas karena macet di tol. Nggak enak banget. Kalau sampai 5 jam sih udah ngeri banget. 🙁

Leave a Reply