5 hal ini membuat kamu lebih bahagia dan membuat hal negative menjadi positif

Selama kita masih bernafas dan bersosialisasi dengan manusia, mau ngga mau pasti dihadapkan pada situasi sulit yang membenturkan diri kita dengan orang lain. Kadang walau kita sudah berusaha maksimal untuk melakukan hal yang terbaik dalam pendidikan, karir, percintaan (duh bahasanya xD) pasti ada aja deh yang ngga suka dengan tindakan yang kita ambil.

Biasanya, karena ketidaksukaan oknum – oknum tertentu terhadap tindakan yang kita ambil, oknum tersebut sering kali menebarkan hal negative pada diri kita dan lingkungan. Ngga jarang, hal negative ini mempengaruhi pikiran, tindak – tanduk dan keputusan yang akan kita ambil.




Untuk itu, 5 hal ini bisa banget membuat kamu lebih bahagia dan menanggapi hal negative menjadi hal positif.

1.      Mengambil Suri Tauladan atau panutan yang baik
Dalam hidup, kita memerlukan suri tauladan yang baik untuk kita jadikan contoh dalam bertingkah laku. Bagi umat muslim, sebaik – baiknya suri tauladan adalah Nabi Muhammad SAW. Banyak hal yang dilakukan Nabi Muhammad SAW yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita dalam bertingkah laku.
2.      Mengalihkan focus kepada tujuan yang akan dicapai

      Terkadang saking terpengaruhnya dengan hal – hal negative yang diucapkan oleh orang yang tidak sepemikiran dengan kita, hal ini bisa mengganggu focus kita dalam menyelesaikan perkejaan yang sedang kita lakukan. Untuk itu, tingkatkan focus kita terhadap perkerjaan atau tujuan yang ingin kita capai, dan tinggalkan serta abaikan hal – hal negative yang dapat mengganggu focus kita.

3.      Berkaca sebelum berkata yang menjelekkan orang lain

      Sadar atau tidak, kita suka menjelekkan orang lain. Jadi, sebelum berkata yang menyakiti dan menyebarkan energi negative terhadap orang lain, yuk, kita berkaca apakah kita sudah lebih baik daripada orang tersebut.

4.      Selalu berpikir akan mendapatkan hasil yang positif
Pernah mendengar hadis, Allah selalu bersama prasangka hambanya, (hadist shohih diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA) ?  Iya, pada hadis ini Allah mengajarkan pada hambanya untuk selalu berprasangka baik. Hadis ini menurut para ulama mempunyai makna, Allah akan memberi ampunan jika hamba meminta ampunan. Allah akan menerima taubat jika hamba bertaubat. Allah akan mengabulkan do’a jika hamba meminta. Allah akan beri kecukupan jika hamba meminta kecukupan. Jadi, yuk selalu belajar untuk berpikiran mendapatkan hasil yang positif agar selalu dikabulkan oleh AllaH SWT
5.      Selalu bersyukur dan mengambil hikmah dari setiap kejadian
Terkadang kerja keras dan usaha yang kita lakukan, tidak selamanya memberikan hasil yang sesuai dengan kita ingin. Saat seperti ini, kesabaran kita sedang diuji. Untuk itu, jangan patah semangat, tetap bersyukur dan melakukan yang terbaik. Karena pasti ada hikmah dari keberhasilan maupun kegagalan dari kerja keras dan usaha yang kita lakukan.

Kira – kira 5 hal inilah yang menurut saya bisa memberikan kebahagian, dan mengubah hal negative menjadi positif. Jika teman – teman mempunyai cara – cara lain dalam menanggapi hal negative, jangan lupa share di kolom komentar di bawah ini ya ^^
Semoga bermanfaat, Salam

2 comments

Leave a Reply