Menjelajah Ke Negeri Dongeng

Gue pikir Negeri Dongeng itu ngga ada..


Itu salah satu cuplikan kalimat dalam film Negeri Dongeng yang sama persis dengan apa yang aku pikirin selama ini. Tapi, seiring berjalannya film, pemikiran aku itu jadi terbantahkan dengan dihadirkannya keindahan alam dan kearifan lokal Indonesia pada film Negeri Dongeng.

Tanggal 17 Agustus 2017 yang lalu, aku termasuk salah satu blogger yang beruntung yang diundang untuk menghadiri acara screening film Negeri Dongeng yang diperankan oleh Tim Warriors Aksa 7, Nadine Chandrawinata, Medina Kamil dan Darius Sinathra. Film ini disutradarai oleh Anggi Frisca yang juga berperan dalam proses pendakian.




Film Negeri Dongeng sendiri bercerita tentang perjalanan Tim Warriors Aksa 7 mendaki 7 gunung dan bukit tertinggi di Indonesia. Dimulai dari puncak Gunung Kerinci di Sumatera dan diakhiri dengan mendaki puncak Cartentz, Jaya Wijaya, Papua.

Perjalanan Tim Warriors Aksa 7, menghabiskan waktu yang cukup lama, sekitar satu setengah tahun (perjalanan dan pendakian dimulai dari bulan November tahun 2014 hingga pertengahan tahun 2016) untuk menyelesaikan pendakian ke 7 gunung dan bukit di Indonesia.

Menemukan Jati Diri


Bagi aku yang ngga pernah mendaki gunung, film Negeri Dongeng ini buat aku priceless! Kenapa aku bisa bilang begitu, karena rasa rindu dan penasaran terhadap gunung – gunung ternama ini jadi terbayarkan.

Ngga sedikit teman – teman aku yang membagikan pengalamannya mendaki gunung seperti yang dilakukan Warriors Aksa 7 ini, mengajakku untuk mendaki juga. Tapi karena kondisi tubuh aku yang kurang memungkin, membuat aku menolak tawaran – tawaran dari teman – temanku.

Dengan adanya film Negeri Dongeng ini, selain rindu dan penasaranku terbayarkan, aku juga jadi mengetahui dengan detail bagaimana keadaan alam Indonesia yang makin lama makin tergerus oleh polusi yang diciptakan sendiri oleh tangan – tangan manusia, bagaimana para perilaku pendaki gunung yang benar – benar mencintai alam dan tidak, serta bagaimana keadaan saudara – saudara kita yang tetap penuh semangat walau belum terjamah prasarana dari pemerintah.




Selama menonton film Negeri Dongeng yang dibuat secara dokumenter, aku seperti merasakan ikut mendaki gunung. Cape, letih, lelah dan konflik – konflik yang terjadi selama pendakian terhapuskan ketika melihat indahnya alam saat berada di puncak gunung.

Mendaki gunung, menjadikan Tim Warriors Aksa 7 kembali menemukan jati diri yang tergerus oleh hingar bingar kehidupan di kota. Ngga hanya tim Warriors Aksa 7 saja yang menemukan jati diri, aku yang ikut menonton juga merasakan bagaimana menemukan jati diri dan makna dari perjalanan dan pendakian.
Buat teman – teman yang ingin menyaksikan keindahan alam Indonesia di film Negeri Dongeng, film ini akan serentak tayang di bioskop – bioskop Indonesia pada awal bulan September mendatang. Info lebih lanjut, teman – teman bisa mengunjungi www.negeridongeng.co.id

Leave a Reply