Jalan-Jalan ke Papua, Mampir ke Tempat-Tempat Ini Yuk!


source : worldoftravel.com

Tak salah memang jika banyak yang bilang jika bumi Papua adalah satu perwujudan surga yang nyata di Indonesia. Papua menyimpan harta karun berupa kekayaan panorama alam yang seakan tak habis-habisnya untuk dapat dinikmati. Dataran tinggi yang kaya dan eksotis berhiaskan bentangan hutan alami hingga keindahan alam bawah lautnya yang mempesona seakan memanggil siapapun untuk menyentuh dan menyelaminya. Ditambah dengan kearifan budaya lokal yang dapat bertahan secara harmonis di zaman yang serba modern.
Bagaimana cara agar kita dapat menyentuh dan berinteraksi langsung dengan segala keunikan dan keindahan pulau paling timur di Indonesia ini? Xpress Air sebagai salah satu maskapai penerbangan perintis di Indonesia akan mengantar kita menuju ke pulau impian ini. Apa saja destinasi wisata yang tersohor hingga mancanegara? Berikut adalah rangkuman beberapa tempat tujuan wisata di Papua yang dapat kamu pertimbangkan untuk dikunjungi.
Taman Nasional Teluk Cendrawasih
source: Indonesia.travel

Dengan tiket dari Xpress Air di tangan kita dapat memulai berpetualang di Papua, tepatnya dari Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementrian Kehutanan, Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Luasnya mencapai 1.453.500 hektar dan hampir 90% merupakan wilayah perairan. Tak mengherankan simpanan kekayaan alami berupa 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan bisa anda temukan di dalamnya. Hewan-hewan eksotis seperti kura-kura, penyu, hiu dan lumba-lumba tak jarang juga ikut menemani kita saat menyelami keindahan alam bawah lautnya.

Pulau-pulau di kawasan wisata ini juga dapat kamu jelajahi sepuasnya. Pulau Mioswaar adalah salah satunya. Pulau ini memiliki gua dengan kejutan berupa sumber air panas yang mengandung belerang di dalamnya. Selain itu terdapat rangkaian pulau seperti Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi dan lainnya yang tentu saja akan sangat sayang untuk kamu lewatkan begitu saja.

Raja Ampat
source : wildernesstravel.com

Raja Ampat sudah dikenal luas sebagai satu tempat tujuan wisata di Papua yang keindahannya begitu menggoda para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Terdiri atas empat pulau besar, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta, dan berhiaskan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Raja Ampat memiliki kekayaan keragaman bentuk biota laut. The Nature Conservancy melaporkan bahwa sebanyak 75% spesies laut dunia dapat ditemukan di kawasan perairan Raja Ampat. Terdapat kurang lebih 1.511 jenis ikan dan penyu laut akan menemani kamu selama menyelam. Waktu terbaik untuk menyelam adalah pada bulan Oktober dan November. Pada bulan-bulan seperti ini cuaca sangat mendukung dan air sangat jernih, jarak pandang saat menyelam menjadi ideal. Meskipun juga sebenarnya kamu dapat menyelam kapan saja kamu mau sepanjang tahun di sini. Asyik sekali kan?

Jangan kuatir jika tak ingin menyelam, kamu tentu saja bisa menikmati Raja Ampat dengan melakukan trekking menjelajahi pulau-pulaunya. Para pemandu yang merupakan warga asli setempat selalu siap menemani sehingga kamu tak perlu takut tersesat ketika sedang asik menikmati dan menjelajahi keindahan Raja Ampat.

Baik juga membekali diri dengan buah pinang atau permen sebagai bentuk hadiah yang dapat kamu berikan pada warga setempat. Di Raja Ampat buah pinang dan juga permen dianggap sebagai tanda persahabatan. 

Danau Sentani

source : img.okezone.com


Danau yang terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura ini merupakan danau terbesar di Papua. Keindahannya luar biasa. Luasnya kurang lebih 9.360 hektar. Dan sedikitnya ada 21 pulau tersebar menghiasi danau dengan ketinggian sekitar 75 meter di atas permukaan laut ini.
Berenang, memancing, dan menikmati ragam kuliner yang disajikan di sekitar danau ataupun berkeliling sepanjang danau dengan mengunakan perahu adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Pemandangan deretan rumah panggung lengkap dengan jaring ikan akan menjadi pengalaman tersendiri yang unik saat kamu berinteraksi langsung dengan warga setempat di desa-desa yang terdapat di sekitar danau ini.
Yang tak boleh dilewatkan adalah Festival Danau Sentani. Ini adalah acara tahunan yang biasa diselenggarakan pada sekitar pertengahan bulan Juni. Berbagai pertunjukan seni dan budaya lokal akan dipersembahkan bagi para wisatawan dan pengunjung yang menghadirinya. Ini adalah saat yang tepat untuk dapat lebih mengenal budaya dan kearifan lokal dan sekaligus memanjakan lidah dan perut kita dengan menikmati sajian-sajian kuliner khas Papua.
Itulah beberapa tempat wisata di Papua yang pasti layak dikunjungi. Segera siapkan diri dan perlengkapan yang kamu butuhkan untuk liburan serumu di sana. Dengan tiket dari Xpress Air di tangan kita bisa segera terbang seru-seruan menjelajahi keindahan bumi Papua yang memang menakjubkan dan pastinya tak akan mudah terlupakan.

 

 
 

2 comments

Leave a Reply