[Review] Detective K3 : The Secret Living of The Death

Film yang bertemakan detektif memang ngga ada habisnya deh, mau film hollywood sampai asia, film dengan tema ini memiliki banyak peminat. Salah satunya Film korea dengan judul Detective K3 : The Secret Living of The Death.

Detective K3 : The Secret Living of The Death merupakan kelanjutan dari film – film sebelumnya yang berjudul Detective K : the secret of the virtuos widow (2011) dan Detective K2 : the secret of the lost island (2015). Di Korea Selatan, film ini sendiri sukses besar banget. Makanya jangan heran kalau Detective K ini dibuatkan sequelnya.

Seperti judulnya, film ini menceritakan perjalanan Kim Min sebagai detektif (diperankan oleh Kim Myung Min) yang ditugaskan Raja Joseon untuk menyelidiki kasus – kasus khusus dengan tingkat kerahasian tinggi (menurut Kim Minnya sih begitu ^^).

Ibarat Sherlock dengan dr. Watson atau Poirot dengan Kapten Hastings, Kim Min juga mempunyai partner yang setia menemani dan membantu dalam memecahkan masalah dan misteri, yaitu Seo Pil (diperankan oleh Oh Dal Su).

Ngga sekali dua kali kerja sama mereka dalam memecahkan masalah justru menciptakan chaos dan masalah baru yang mengundang gelak tawa. Namun uniknya, hal tersebut justru bisa membantu mereka menyelesaikan kasus dengan baik.

[Review] Detective K3 : The Secret Living of The Death

Langsung aja ya, kita masuk ke reviewnya. Oia, teman – teman yang penasaran dengan film Detective K ini bisa melihatnya di VIU, (btw ini bukan iklan VIU ya >,<)

Film Detective K ini selain bertemakan detektif, juga mengangkat tentang ketidak adilan dimasa Joseon seperti perbedaan kasta, perbudakan, pendidikan yang hanya didapat untuk para bangsawan, kesulitan wanita mendapatkan akses hidup lebih baik hingga balas dendam akibat perebutan kekuasan.

Cerita dimulai ketika Kim Min, yang sedang di-phk sementara karena kurang sopan saat berbicara dengan Raja Joseon, bertemu dengan seorang gadis, anak dari sebuah penginapan.

Gadis tersebut meminta bantuan Kim Min untuk memeriksakan kasus yang berhubungan dengan mahluk penghisap darah alias Vampir. Kim Min, yang sejak di-phk Raja dan tidak mempunyai pekerjaan tetap, menyetujui kasus tersebut karena tergila – gila dengan mitos Vampir dari budaya barat yang datang ke Joseon.

Kerandoman Kim Min dan Seo Pil

Kim Min bersama Seo Pil pun menyelediki kasus tersebut. Saat sedang menyelidiki kasus, mereka pun bertemu dengan seorang gadis cantik misterius yang nantinya dipanggil Wol Young oleh Kim Min (diperankan oleh Kim Ji Won).

Pada awalnya, Kim Min dan Seo Pil mencurigai Wol Young adalah musuh karena ketertarikan Wol Young atas kasus yang dihadapi Kim Min dan Seo Pil (padahal Bo Young tertarik mengikuti kasus ini, karena dia merasa kasus yang ditangani Kim Min dan Choi Pil berhubungan dengan masa lalunya).

Salah satu adegan random di Detective K3

Bersama – sama mereka pun memecahkan kasus dan menghadapi musuh. Namun, kenyataan pahit dari kasus yang dihadapi oleh Kim Min dan Wol Young, membuat mereka saling terpecah belah.

“When you begin a journey of revenge, start by digging two graves: one for your enemy, and one for yourself.”
― Jodi Picoult, Nineteen Minutes

Iya banget deh quotes ini, ketika kamu memulai untuk membalaskan dendam kamu, kamu bukan hanya membuat kuburan untuk musuh mu tapi juga untuk diri kamu sendiri. Hal inilah yang terjadi pada film Detective K3 : The Secret Leaving of The Death.

Kim Ji Won yang memerankan Wol Young, aktingnya ngga usah diragukan lagi deh (yang sudah nonton Descendants of The Sun pasti tau bagaimana kerennya akting Kim Ji Won).

Salah satu akting Kim Ji Won yang bikin ikutan nangis T^T

Aku yang melihat aktingnya sampai – sampai merasakan kebingungannya, kesedihannya hingga amarahnya. Rasanya pengen ngepuk-pukin Kim Ji Won biar ngga sedih – sedih amat hidupnya T^T.

Secara keseluruhan, akting dari aktor – aktor seperti Kim Myung Min, Oh Dal Su, hingga Lee Min Ki juga pas banget. Sayangnya akting dari Kim Bum ngga terlalu ter-explore karena karakter yang diperankan Kim Bum ngga banyak bicara.

Oia, kalau aku disuruh rate untuk film ini, aku bakalan kasih 8.5 dari 10 karena ceritanya ngga terduga dan akting para aktor dan aktrisnya yang kece. Buat teman – teman yang penasaran, bisa banget nonton ini diakhir pekan, dan jangan lupa ceritain pendapat teman – teman setelah menonton film ini di kolom komentar ya ^^

Love buat kalian dari Seo Pil ^^

Leave a Reply