#AksiSehatCeria Berbagi dan Sehat bersama DokterSehat.Com

Hi, kali ini aku mau cerita tentang acara #AksiSehatCeria yang aku ikuti beberapa hari lalu di Ciputra Medical Center tanggal 15 September 2018. Acara #AksiSehatCeria ini diadakan oleh DokterSehat.com, Indodax, Ciputra Medical Center, dan Blood4life yang membahas bagaimana pentingnya menjaga kesehatan dengan donor darah dalam rangka memperingati HUT Palang Merah Indonesia ke-73.

Acara ini dihadiri langsung oleh CEO dan Co-Founder DokterSehat, Indra Adam Darmawan, dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK selaku Clinical Nutrition Specialist Ciputra Medical Center, Raymond Chandra selaku Marketing Communications Officer Ciputra Medical Center, dan Faisal Nur Hidayat selaku Koordinator divisi edukasi Blood4lifeID.

 

DSCF8443.jpg

 

Menurut Bapak Indra Adam Darmawan, acara #AksiSehatCeria ini diadakan selain memperingati HUT Palang Merah Indonesia ke-73, juga mengajak para generasi milenial untuk peduli dengan kesehatan serta peduli terhadap sesama melalui kegiatan donor darah.

Jadi, apa aja sih, yang dibahas pada acara ini? Banyak banget!

Dimulai dari dr. Christopher Andrian dari Ciputra Medical Center memberikan informasi mengenai bagaimana menjaga kesehatan dimulai dari menjaga asupan nutrisi.

Menurut data yang dikumpulkan dr. Christopher, obesitas di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat, dan ini tidak hanya dialami oleh kaum pria saja namun juga perempuan. Padahal, obesitas merupakan salah satu penyebab terjadinya beberapa penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, dan lain – lain.

dr. Christopher juga  menjelaskan, obesitas sentral lebih berbahaya karena lemak melapisi organ – organ dalam tubuh. Lalu bagaimana kita tahu bedanya obesitas biasa dengan obesitas sentral? Menurut dr. Christopher, perbedaan obesitas biasa dengan obesitas sentral adalah, sebaran lemak yang ada di tubuh. Jadi, jika teman – teman pernah melihat orang dengan kaki kecil, tangan kecil namun berperut buncit bisa jadi orang tersebut mengalami obesitas sentral.

Ngga mau kan seperti itu ^^ makanya dr. Christopher memberikan banyak masukan seperti menjaga asupan kalori yang masuk kedalam tubuh, yang dianjurkan berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yaitu 2100 kkal untuk perempuan sedangkan untuk pria 2500 kkal.

Selanjutnya, dr. Christopher juga menyarankan untuk menerapkan pola energy balance yaitu energi yang masuk sesuai dengan energi yang dikeluarkan. Jangan sampai, energi yang masuk berlebihan dibandingkan energi yang dikeluarkan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Blood4life oleh Mas Faisal. Mas Faisal sendiri menceritakan bahwa di Indonesia masih kekurangan 500 ribu kantong darah untuk didonorkan.

Berangkat dari alasan tersebut, Blood4life didirikan dan membuka layanan online IGD Maya, untuk orang – orang yang kesulitan mendapatkan donor darah yang diperlukan (teman – teman bisa menghubungi IGD Maya di nomor 087875195599). Selain menceritakan mengenai serba – serbi donor darah, kami diajak merefresh pengetahuan mengenai donor darah melalui kuis interaktif.

Dari kuis interaktif, aku dan teman – teman blogger jadi tahu kalau ketika membutuhkan darah, kita tidak perlu membayar alias gratis. Namun, ada biaya yang dikenakan berupa biaya administrasi.

Selain kuis interaktif dari Blood4life, Indodax sebagai salah satu pendukung acara juga mengadakan kuis untuk para pengunjung yang hadir di acara #AksiSehatCeria. Buat kalian yang belum tahu apa itu Indodax, Indodax adalah platform tempat berjumpanya pembeli dan penjual Digital Asset seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple dan lain sebagainya. Digital Asset bisa dibeli menggunakan Rupiah atau Bitcoin. Indodax menyediakan sistem yang mudah, cepat dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset.

Acara #AksiSehatCeria merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Indodax bersama Dokter Sehat dalam rangka memperingati Hari PMI serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat serta berbagi untuk kemanusiaan.

Oia, aku dan teman – teman blogger ngga hanya mendengarkan informasi seputar kesehatan. Kami, diajak oleh Mas Raymond, untuk tour klinik di Ciputra Medical Center. Walau berupa klinik dan hanya menyediakan rawat jalan, namun fasilitas di Ciputra Medical Center sangat lengkap dan mempunyai fasilitas yang tidak dimiliki oleh tempat lain.

Salah satu fasilitasnya adalah klinik untuk memeriksa masalah kejiwaan, di mana ada alat khusus yang mendeteksi kejiwaan. Selain itu, di Ciputra Medical Centre juga menyediakan ruang untuk konsultasi yang benar khusus dan privat bagi para pengunjung yang menginginkan privasi.

Kenapa DokterSehat.com?

Jujur, awal aku ingin ikut acara ini, karena berdasarkan pengalaman saat sedang merasa ngga enak badan, aku  mencari informasi terlebih dahulu gejala – gejala yang aku rasakan di Internet, sebelum aku berkunjung ke dokter (teman – teman ada yang begitu juga ngga?)

Tapi, terkadang ngga semua informasi tentang kesehatan yang aku dapatkan bisa dipertanggungjawabkan, makanya aku tertarik datang ke acara DokterSehat.com karena menawarkan informasi seputar kesehatan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Selain menyediakan informasi kesehatan, DokterSehat.com juga menyediakan layanan konsultasi online, aplikasi berupa penghitung masa subur, masa kehamilan, kalkulator BMI dan lain – lainnya.

Oia, untuk informasi nih, buat kalian yang suka dan peduli terhadap kesehatan dan bagaimana caranya menjaga kesehatan, DokterSehat.com mengadakan lomba blog berhadiah total senilai jutaan rupiah lho!

 

Banner Lomba Blog Dokter Sehat - 1

 

Caranya cukup tulis artikel di blog teman-teman (dalam 500 kata) berupa opini, pengalaman, atau pendapat teman-teman mengenai pola hidup sehat. Setelah itu share ke social media dan submit link blog post kamu ke sini: www.bit.ly/BlogSehatCeria

Lomba yang bertajuk #AksiSehatCeria ini berlangsung dari tanggal 15 September – 16 Oktober 2018. Dari lomba blog yang diadakan doktersehat.com ini, teman – teman bisa memenangkan hadiah uang tunai senilai total jutaan rupiah!

Untuk informasi lebih lanjut, teman – teman bisa langsung klik www.doktersehat.com/blogsehatceria

Sekian cerita aku kali ini, semoga bermanfaat!

Leave a Reply