Sewa Wifi atau beli Sim Card Lokal?

Well, walau aku ngaku suka traveling, agak kaget juga ketika beberapa minggu lalu dapat tugas dadakan untuk menghadiri exhibition di Thailand.

Gimana ga kaget, soalnya aku belum punya paspor, dan tanggal berangkatnya pun sangat mepet. Jadilah aku pontang – panting menyiapkan berkas – berkas yang diperlukan untuk membuat paspor (inilah akibat menunda – menunda membuat paspor, untungnya ga perlu mengurus visa 😂).

Setelah urusan paspor selesai, aku sedikit bernapas lega. Tapi, tiba – tiba terpikir saat mendekati hari keberangkatan, apakah aku perlu menyewa wifi atau sim card lokal agar mudah dihubungi?

Saat itu aku teringat dengan Mba Evrina yang pernah membagikan perjalanannya menyewa wifi ketika sedang jalan – jalan ke Jepang beberapa waktu lalu.

Langsung saja aku diskusikan dengan Mba Evrina di grup Asinan Blogger, ternyata banyak saran dari teman – teman Asinan Blogger. Seperti Mba Alma yang menyarankan untuk melihat aplikasi Traveloka untuk peminjaman wifi, menggunakan paket roaming atau membeli sim card lokal setempat.

Saat itu, sempat terpikir oleh aku untuk menyewa wifi dari Traveloka. Ada 3 paket yang ditawarkan oleh Traveloka dan salah satu yang menarik perhatian aku adalah paket ini.

Tapi, setelah dikalkulasikan, ternyata ada yang lebih murah jika aku membeli kartu telepon lokal.

Baru saja aku berpikir sim card yang ditawarkan Traveloka murah, ternyata membeli sim card langsung di bandara Thailand jauh lebih murah.

Karena kami landing di Bandara Suvarnabhumi, aku dan teman – temanku yang ikut rombongan ke Thailand segera menuju gate 5. Tidak jauh dari gate 5 terdapat 3 booth untuk membeli sim card lokal.

Sebenarnya sih, ada vending machine sendiri untuk membeli sim card, namun karena mesinnya rusak, aku dan teman – teman langsung menuju costumer service untuk membeli sim card sekaligus paketnya.

Ada beberapa paket yang ditawarkan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan teman – teman yang sedang berada di Thailand. Karena aku akan ada di Thailand selama 5 hari, jadi aku memilih paket 6 hari dengan data yang bisa digunakan sebanyak 8 gb.

Harga sim cardnya cukup membuat aku terkejut yaitu 299 baht (jika dikurskan dalam rupiah sekitar 140 ribu rupiah, murah kan 😍)

Oia, untuk membeli sim card ini juga mudah kok, teman – teman cukup menyediakan paspor, handphone yang sudah dibuka covernya agar mempermudah mba – mba costumernya untuk melakukan setting nomor yang akan digunakan (note, jika kalian menggunakan hp dual sim, saran aku lebih baik kalian menonaktifkan sim card Indonesianya ya, karena, akan menyulitkan ketika mensetting hape dengan sim card lokal setempat).

Sekian pengalaman aku kali ini, semoga bermanfaat ^^

3 comments

  1. Kalau aku biasanya melihat durasinya dulu. Seandainya waktunya singkat banget, kaya dua harian, kayanya lebih baik sewa pocket Wifi. Tapi seandainya waktunya agak panjang jalan-jalannya, misalnya 4 hari ke atas, aku lebih suka beli SIM Card lokal. Dua-duanya pernah aku coba sih.

    Yang paling ngeselin dari beli SIM Card lokal adalah ketika harus cek pulsa ataupun paket datanya. Kode nya tau. Tapi begitu pesannya muncul via SMS, langsung roaming … gak paham blass hahahaha

Leave a Reply