Langsung ke konten utama

Never Give Up!

Never Give Up! Itulah salah satu tagline penyemangat yang menjadi tema untuk acara World Lupus Day 2013 yang diadakan pada tanggal 11 Mei 2013 di Graha Sanusi Hardjadinata-UNPAD Bandung merupakan acara tahunan Syamsi Dhuha Foundation(SDF) dalam memperingati World Lupus Day yang jatuh pada tanggal 10 Mei 2013. Acara ini sendiri bertujuan mengedukasi baik penyandang Orang dengan Lupus (Odapus) maupun non Odapus agar peduli terhadap penyakit Lupus.

Menurut Syamsi Dhuha Foundation Lupus disandang lebih dari 5 juta orang diseluruh dunia. 90% penyandangnya adalah wanita aktif usia produktif antara 15-45 tahun sedangkan 10% lainnya adalah pria dan anak-anak. Lupus (Systemic Lupus Erythematosus) adalah penyakit autoimun kronis, dimana system imun yang seharusnya melindungi tubuh dari bahaya infeksi virus dan bakteri luar malah berbalik menyerang system organ tubuh sendiri.

Penyakit yang sering disebut penyakit 1000 wajah ini seringkali menyerupai gejala-gejala pada penyakit lain. Sehingga bila tidak terdiagnosa secara dini dapat berakibat fatal hingga menimbulkan kematian. Odapus harus mengkonsumsi obat dalam jangka panjang bahkan seumur hidupnya, yang menimbulkan dampak tidak hanya social namun juga ekonomi yang cukup berarti.

Berikut adalah cara-cara untuk mengetahui gejala Lupus menurut Syamsi Dhuha Foundation yaitu Saluri (perikSa Lupus sendiRi) :


1.      Demam lebih dari 38’C dengan sebab yang tidak jelas

2.      Rasa lelah yang berlebihan

3.      Sensitive terhadap sinar matahari

4.      Rambut rontok

5.      Ruam kemerahan seperti kupu-kupu diwajah yang melintang dari pipi ke pipi

6.      Ruam kemerahan di kulit

7.      Sariawan yang tidak sembuh terutama di atap rongga mulut

8.   Nyeri dan bengkak pada persendian terutama pada lengan dan tungkai pada jangka waktu yang lama

9.      Ujung-ujung jari tangan dan kaki menjadi pucat hingga kebiruan saat udara dingin

10.  Nyeri dada terutama saat berbaring dan menarik napas

11.  Kejang atau kelainan saraf lainnya

12.  Kelainan hasil dari pemeriksaan laboratorium (atas anjuran dokter) :
-          Anemia
-          Leukositupenia : penurunan sel darah putih
-          Trombositopenia : penurunan kadar sel pembekuan darah
-          Hematuria dan proteinuria : darah dan protein pada pemeriksaan urine
-          Positif ANA dan atau Anti ds-DNA.

Seperti yang sudah-sudah acara World Lupus Day sendiri selain mengadakan senam bugar ceria, konsultasi Lupus Gratis, pameran dan bazaar juga menampilkan talk show dari berbagai narasumber seperti penyandang Odapus dalam menghadapi masyarakat dan stigma yang diberikan serta Mba Dian Syarief sebagai salah satu founder SDF yang berbagi pengalaman dalam menghadapi Lupus.

dr.Rachmat Gunadi salah satu dokter spesialis pemerhati Lupus juga memberikan saran-saran dan masukan yang bermanfaat untuk penyandang Odapus pada acara World Lupus Day. Yang berbeda kali ini World Lupus Day menampilkan Andi F. Noya sebagai pembawa acara yang mampu memberikan suasana baru dan humoris serta dilanjutkan pemberian penghargaan kepada insan-insan pemerhati Lupus yang diakhiri dengan art performance beautiful of Indonesia.

Talk show World Lupus Day with Andy F. Noya link foto
Penerimaan award bagi para pemerhati dan peneliti muda yang aware dengan Lupus link foto
Acara World Lupus Day kali ini menurut saya sukses memberikan edukasi kepada Odapus dan Non Odapus dalam hal menghadapi Lupus ketika aktif dan tidak aktif serta menguatkan rasa persaudaraan bagi para Odapus dan memberikan semangat agar tidak pernah menyerah walau menyandang Lupus seperti tagline acara ini, Never Give Up!

Berfoto bersama dengan Mas Eko dan Mba Dian Syarief


Komentar

Pos populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.