Batuk Itu Ganggu

“Batuk itu ganggu.”  Kata Senior Brand Manager OBH Combi, Combiphar Aryana Jasiman. Iya loh batuk itu mengganggu karena  selain mengganggu kenyamanan, jika tidak dicegah dapat menularkan ke orang lain. Untuk itu Combiphar menyelengarakan edukasi “Batuk Itu Ganggu” pada tanggal 11 Juli 2014 di restoran Beautika SCBD, Jakarta Selatan.
Edukasi yang diadakan bertujuan agar masyarakat tidak menyepelekan gangguan batuk terhadap diri sendiri dan lingkungan, dengan cara menggunakan masker dan memilih obat batuk yang aman, alami dan terpercaya. Rangkaian kegiatan edukasi ini dimulai sejak bulan Juni dan akan berakhir pada bulan Semptember 2014 yang diselenggarakan di dua kota yaitu Bandung dan Jakarta.

Pada acara edukasi ini Dokter Carlinda Nekawaty selaku Medical Manager Combiphar menjelaskan tentang batuk. Batuk menurut Dokter Carlinda bukanlah penyakit namun reaksi pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing.  Namun jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, apalagi lebih dari tiga hari maka harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.
Dokter Carlinda menjelaskan, ada beberapa factor penyebab batuk yang diakibatkan gaya hidup kurang sehat yaitu, mengkonsumsi goreng-gorengan, alergi terhadap makanan atau minuman, polusi dan debu yang dapat mengiritasi saluran pernapasan. Untuk menghindari batuk menurut dokter Carlinda yaitu dengan cara menghindari penyebab-penyebab batuk. 

Namun bila telah terkena batuk cara lain untuk mencegah agar tidak menular yaitu menggunakan masker, cuci tangan dan meminum obat batuk. Lebih lanjut menurut dokter Carlinda batuk terbagi menjadi 2 bagian yaitu batuk berdahak dan tidak berdahak. Untuk itu penanganan dari batuk tersebut berbeda. Batuk berdahak hanya bisa diobati dengan obat batuk berdahak namun untuk batuk kering obat batuk berdahak bisa digunakan.

Aryana Jasiman

Salah satu obat batuk berdahak yaitu OBH COMBI Batuk Berdahak yang mengandung bahan alami yaitu Licorice. OBH COMBI sendiri telah dipercaya oleh jutaan masyarakat Indonesia selama lebih 40 tahun. Senior Brand Manager OBH COMBI, Combiphar, Aryana Jasiman menjelaskan bahwa OBH COMBI batuk berdahak mengandung ekstrak Licorice (Succus Liquorice) atau Glycyrrhiza Glaba yang berfungsi sebagai anti inflammatory dan anti alergi. Licorice telah diakui oleh WHO, Chinese Pharmacope, Herbal Pharmacope, British Herbal Compendium dan German Standard License. Licorice pada OBH COMBI berperan sebagai ekspektoran dan antitusif yang berkerja secara perifer sehingga mengurangi intensitas batuk. 

Leave a Reply