Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.



Sebelum kunjungan berfoto dengan grup 2 yang ramai dan ceria ^^

Setibanya disana kami dikejutkan dengan banyaknya masyarakat yang mendaftar untuk mendapatkan kartu JKN. Disini saya menemukan pendaftar yang sedang marah-marah karena kesal dengan BPJS Kesehatan. Kok marah-marah? Apa pelayanan BPJS Kesehatan buruk atau ada hal lain? Ternyata setelah ditelusuri si pendaftar tersebut mendaftar menggunakan surat kuasa dimana BPJS Kesehatan tidak lagi menerima pendaftaran melalui surat kuasa. 



BPJS Kesehatan Jakarta Pusat

Masyarakat yang akan mendaftar JKN

Disambut oleh Ibu Rosalfia Yuliddin selaku Kepala Unit Pemasaran BPJS Kesehatan Jakarta Pusat, beliau menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi karena informasi tidak tersampaikan dengan baik kepada masyarakat yang ingin mendaftar sehingga masih banyak masyarakat yang mendaftar dengan  surat kuasa. Selain itu menurut Ibu Rosalfia pelayanan BPJS Kesehatan JakPus masih belum optimal karena membludaknya pendaftar. Dalam satu hari, BPJS Kesehatan JakPus melayani 350 orang (kebayang yah banyaknya kayak apa).

Untuk itu saran dari Ibu Rosalfia jika ingin mendaftar ke BPJS kesehatan bisa diwakilkan oleh anggota keluarga yang terdaftar pada Kartu Keluarga (KK) yang sama atau mendaftar di BPJS Kesehatan dengan menyiapkan KTP, NPWP, Nomor KK, Nomor HP dan email untuk diverifikasi. 


Ibu Rosalfia sedang menjelaskan SJSN kepada para blogger

Setelah berkunjung ke BPJS Kesehatan, kami melanjutkan kunjungan berikutnya yaitu ke Puskesmas Cempaka Putih selaku fasilitas kesehatan (FasKes) yang menerima JKN. Saya ga pernah menyangka Puskesmas bisa memiliki fasilitas yang memadai seperti Puskesmas Cempaka Putih. Fasilitas yang ada seperti ruang perawatan gigi, rawat inap untuk persalinan, area bermain untuk anak-anak dan rawat inap untuk penyakit lainnya membedakan Puskesmas Cempaka Putih dengan Puskesmas lainnya sekaligus meruntuhkan stigma saya dan sebagian teman-teman blogger terhadap Puskesmas. Setelah diberikan penjelasan ternyata Puskesmas Cempaka Putih telah mendapatkan ISO 9001/2008.







Setelah puas mengunjungi Puskesmas Cempaka Putih, kami melanjutkan kunjungan ke RSUP Persahabatan. Sedikit sejarah tentang RSUP Persahabatan yang saya ketahui, dahulu RSUP Persahabatan merupakan rumah sakit kerjasama dengan pemerintah Rusia dan merupakan rumah sakit yang peduli terhadap kesehatan paru-paru hingga sekarang.

Kunjungan di RSUP Persahabatan selain disambut oleh DIRUT RSUP Persahabatan dr. MOHAMMAD SYAHRIL, Sp.P , MPH kami juga mendengarkan testimoni pengguna kartu JKN di RSUP Persahabatan yaitu ibu Saidah dan bapak Rohadi. Dengan jujur bapak Rohadi dan ibu Saidah menceritakan manfaat dari menggunakan kartu JKN selama berobat di RSUP Persahabatan seperti biaya pengobatan yang murah hingga gratis. 


Sambutan Dirut RSUP Persahabatan


Ibu Saidah dan Bapak Rohadi memberikan testimoni

Setelah selesai sambutan dari Dirut RSUP Persahabatan dan testimoni pengguna kartu JKN, kami diajak berkeliling untuk melihat RSUP Persahabatan. Bagi saya yang sering keluar masuk rumah sakit, RSUP Persahabatan jauh dari kesan dingin dan kaku. Di RSUP Persahabatan saya banyak melihat taman-taman bahkan ada juga tempat bersantai seperti cafe.





Para pengunjung Rumah Sakit yang melepas lelah

Oia, hampir lupa ngejelasin. Untuk pengguna kartu JKN, Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama sedangkan Rumah Sakit merupakan fasilitas kesehatan tingkat kedua. Jika pengguna kartu JKN memerlukan perawatan lebih lanjut bisa meminta rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu Puskesmas. Jadi ga usah langsung terburu-buru ke Rumah Sakit.

Selain itu pengguna kartu JKN harus memperhatikan pelayanan kesehatan yang tidak dijamin oleh JKN yaitu
      Tidak sesuai prosedur
      Fasilitas kesehatan yang belum bekerjasama dengan BPJS Kesehatan
      Pelayanan untuk mendapatkan keturunan
      Pelayanan kesehatan di luar negeri
      Pelayanan kesehatan untuk kecantikan
–  Gangguan Kesehatan akibat sengaja menyakiti diri, bunuh diri/narkoba
      Pengobatan alternative

Selesai deh kunjungan Blogger ke fasilitas kesehatan yang berkerjasama dengan JKN. Saya dan teman-teman blogger pun jadi lebih mengenal tentang JKN, teman-teman yang membaca blog saya jugakan?

Jadi ga ada lagi ya yang masih bertanya Apa itu JKN? Yuk segera ikut JKN jangan menunggu sakit menyerang ya. 

4 comments

Leave a Reply