THINK BUSINESS at GIIAS 2016

Gimana rasanya menjadi bagian untuk melihat dan menyaksikan perkembangan teknologi automotif terbaru? Pasti rasanya luar biasa! Seperti yang saya rasakan pada tanggal 18 Agustus 2016 lalu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Indonesia Convention Exhibition (ICE)BSD.

Melihat teknologi automotif yang masuk ke Indonesia, saya jadi yakin akan banyak merubah arah peindustrian, perdagangan dan tentu saja perkembangan ekonomi di Indonesia kearah yang lebih lebih baik dan positif (aamiin ^^).

Di GIIAS ICE BSD ada lebih dari 25 passenggers car dan 6 commercial cars yang bergabung pada automotive expo kali ini. Salah satu commercial cars yang saya kunjungi adalah TATA MOTORS di booth 3F, hall 3A.

Sebelum bingung commercial cars itu apa, saya mau jelasin kalau commercial cars disini itu adalah tipe mobil yang diperuntukkan sebagai mobil usaha. Jenis-jenisnya berupa mobil pikap, mobil toko, hingga truk.

Sebagai pemain commercial cars di Indonesia, TATA Motors sudah memasarkan produknya sejak September 2013, dan kini TATA Motors telah memiliki 119 outlet yang memiliki fasilitas dealer 3S (Sales, Service & Spare parts), TATA Certified Workshop sebagai outlet 2S (Service& Spare parts) resmi dan 1S (Sales) di seluruh Indonesia. Selain penjualan, TATA MOTORS juga memiliki program 1000 mekanik untuk membantu service di tiap-tiap dealer TATA MOTORS diseluruh penjuru Indonesia.

Bapak Wildan Bachtiar perwakilan dari TATA MOTORS

Kali ini TATA Motors mengangkat tema “Think Bussiness. Think TATA MOTORS” yang memperkuat tema sebelumnya yaitu Play Strong! Yang berisi Strong Commitmen, Strong Products, Strong Costumer Care dan Strong Corporate Social Responsibility di Indonesia.  

Di booth 3F, Hall 3A ini, TATA Motors memperkenalkan secara resmi TATA Xenon XT D-CAB 4×4, TATA Ultra 1012, dan moko (mobil toko). Yuk kita bongkar “daleman produk” TATA Motors ini ^^ .

TATA Xenon XT D-CAB 4×4

TATA Xenon XT D-CAB ini diperuntukkan sebagai transportasi angkutan barang serta kebutuhan pokok dipertambangan dan perkebunan. Makanya TATA Xenon XT D-CAB ini dibekali dengan mesin diesel common rail TATA 2.2L VTT DICOR yang dikombinasi dengan transmisi manual 5-percepatan.

Jadi TATA Xenon XT D-CAB ini mampu dipacu hingga 160 km/jam. Model 4×4 pada TATA Xenon XT D-CAB ini mendukung kemampuan off road yang sangat optimal.

Selain diperkuat dengan kecepatan, kemampuan loading deknya untuk mengangkut muatan bisa mencapai 1000 kg karena menggunakan bahan double corrugated galvanized steel dengan ukuran (PXLXT) 1.430 x 1.410 x 400 mm dan ground clearance 210 mm.

Karena bisa menampung muatan hingga 1000 kg, TATA Xenon XT D-CAB tentu dilengkapi dengan suspendi independen dengan antiroll bar dan fitur LSD (Limited Slip Differential) yang memberikan kestabilan saat bermanuver walau dengan muatan penuh. Hingga mudah beradaptasi dengan berbagai medan dan kondisi jalan.

Kemudian Tata Xenon XT D-CAB juga dilengkapi gearbox GBS-76-5/4.1 dengan overdrive dari Xenon D-Cab, sehingga ketika memindahkan gigi akanlebih nyaman.

Lalu bagaimana dengan keamanan dari TATA Xenon XT D-CAB? Ternyata TATA Xenon XT D-CAB sudah dilengkapi Collapsible  Steering Column, twin circuit braking system, dual airbags, ABS, side impact beams dan reinforce 3 layer body conctruction yang menjaga keamanan dalam berkendara.

TATA Ultra 1012

TATA Ultra 1012 adalah sebuah light truck yang mempunyai keuntungan seperti truk yang kuat dan biaya Total Cost of Ownership (TCO) yang terendah dikelasnya.

TATA Ultra menawarkan 5 keunggulan seperti :

Ultra Versatille :
Yaitu memilik berbagai varian sehingga dapat memudahkan karoseri. Kapasitas angkut yang besar sekitar 4-7 ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dan pilihan panjang hingga 4-6 meter makin memudahkan dalam mengangkut barang.

Ultra Performance :
Dibekali dengan mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc yang sanggup menghasilkan 125 PS@2400 rpm dan torsi terbesar, yaitu 400 NM @1300-1500 rpm. Selain itu TATA Ultra 1012 menggunakan transmisi G-550 dengan enam gigi dengan overdrive (OD).

Ultra Style :
Style yang terkini dan lebih modern menyesuaikan dengan fungsi dan pemakainya.

Ultra Comfort :
Desain kabin yang menitik-beratkan pada kenyamanan dan keselamatan, serta memiliki kokpit yang fungsional dan menarik. Dilengakapi dengan seat adjuster, steering adjuster dan weight control seat.

Selain itu TATA Ultra juga dibekali tilt and telescopic collapsible steering yang dapat menambah kenyamanan posisi berkendara sehingga mengoptimalkan stabilitas berkendara ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Untuk suspense, TATA Ultra dilengkapi parabolic leaf spring pada bagian depan dan semi elliptic leaf pada bagian belakang. Keduanya dilengkapi dengan shock absorber dan rubber bushing.

Enaknya laggi Tata Ultra 1012 juga memiliki kapasitas kursi 3 buah dengan konfigurasi berjajar 1 Sopir dan 2 Penumpang yang kursinya dapat disesuaikan.

Ultra Safe :
Untuk keamanan, TATA Ultra dilengkapi dengan neutral switch, side beam impact, three points active reactable safety belt, chassis dengan teknologi rolled frame (material high tensile), Full Air Brake dan ban Radial Tubeless.  

MOKO (Mobil Toko)

Nah untuk yang satu ini bukan berupa truk tapi mobil. Walaupun mobil tetapi menggunakan teknologi truk seperti penggunaan mesin diesel.

Untuk moko sendiri terdiri dari mesin diesel dengan 700 cc. CC yang kecil ini karena mobil ini dikhusus untuk berniaga didaerah-daerah yang dekat.

Kesemua mobil dan truk dari TATA Motors ini sudah diujikan hingga 25000 km, jadi ga perlu khawatir akan kemampuannya. Untuk informasi lebih lanjut teman-teman bisa mengunjungi website TATA MOTORS di www.tatamotors.com

Yang uniknya lagi TATA MOTORS berkerja sama dengan situs Online Mobile 123 untuk menyediakan pembelian sparepart hingga aksesoris yang dibutuhkan pelanggan TATA MOTORS, sehingga memudahkan para pelanggan.

Oia, Automotive Expo di GIIAS ini cuma sampai 21 Agustus 2016 loh, berkunjung kesini mungkin bisa membantu teman-teman mendapatkan kendaraan yang sesuai untuk menunjang aktifitas bisnis teman-teman.

Selamat berakhir pekan




  

37 comments

  1. Bikin mupeng deh kemarin. Pengen banget beli Xenon XT D-Cab 4×4. Harus mulai nabung dari sekarang nih hehe.

    Ya semoga suatu saat bisa kebeli hehe. Soalnya Xenon XT D-Cab 4×4 cocok banget untuk di daerahku.

Leave a Reply