Langsung ke konten utama

Anyang – anyangan jangan disepelekan! Cegah dengan Prive Uri-cran

Anyang – anyangan jangan disepelekan! Kalimat ini betul banget loh, karena anyang – anyangan (rasa ingin buang air kecil terus menerus) merupakan indikasi terjadinya infeksi saluran kemih. Dulu banget, saya sempat menyepelekan anyang – anyangan, hingga anyang – anyangan ini menimpa saya ketika mendapat perjalanan dinas luar kota.

Saya inget banget, ketika itu harus pergi ke kota Blitar melalui kota Malang. Kebiasaan buruk saya selama perjalanan adalah, saya suka sekali minum kopi dan suka menahan diri untuk berkemih (buang air kecil) suatu kombinasi yang ngga baik banget. Karena menurut literatur kesehatan, kopi justru merangsang untuk berkemih, T^T. Sebenarnya jika ada kamar kecil yang bersih, saya tidak segan untuk segera berkemih. Tapi, rata – rata kamar kecil yang disediakan fasilitas umum, kebersihannya tidak terjaga. Hal ini yang membuat saya berpikir ribuan kali untuk berkemih di sana.



Keputusan saya menahan berkemih merupakan kesalahan besar. Dari Malang menuju Blitar, memakan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan. Dan selama 5 jam perjalanan, saya terpaksa menahan keinginan untuk berkemih karena tidak menemukan kamar kecil yang bersih serta tidak menyiapkan tisu kering dan tisu basah sebagai alat pembersih tambahan.

Sesampainya di Hotel, tempat yang segera saya cari adalah kamar kecil untuk segera berkemih. Namun, setelah saya berkemih, justru saya merasa ingin berkemih kembali, saat itu saya tersadar saya mengalami anyang – anyangan. Anyang – anyangan yang saya alami benar – benar sudah dalam taraf mengganggu, karena saat itu dalam satu hari saya bisa 10x bolak – balik ke kamar kecil untuk berkemih.

Selain itu, saat berkemih merupakan beban yang luar biasa buat saya karena ada rasa sakit, nyeri, perih yang menyertai ketika berkemih, sedangkan air seni saya tidak keluar dengan lancar. Karena saya dalam perjalanan dinas, mau ngga mau saya hanya bisa menahan rasa sakit sambil meminum air putih yang banyak hingga saya pulang dan bisa berkonsultasi dengan dokter.




Dari pengalaman saya di atas, saya ngga kepengen teman – teman mengalami anyang – anyangan juga. Jadi saya akan berbagi tips untuk menghindari anyang – anyangan.

1.     Jangan pernah menahan berkemih

Salah satu penyebab terjadinya anyang – anyangan adalah menahan berkemih. Menurut dokter, jika teman – teman sering menahan berkemih, maka kantung kemih teman – teman akan penuh dengan air seni. Air seni sendiri itu mengandung kotoran termasuk bakteri (E-coli), dan jika dalam waktu lama menahan berkemih, maka air seni akan menggesek kantung kemih teman – teman.

Kantung kemih yang tergesek  terus menerus oleh air seni selain menyebabkan rasa sakit dan nyeri, juga akan terluka bahkan bisa mengeluarkan darah. Jika tidak segera ditangani, hal ini tidak hanya menyebabkan infeksi saluran kemih, namun infeksi ginjal, bahkan menyebabkan kecacatan pada anak yang dikandung oleh ibu hamil.

2.     Membersihkan kemaluan sehabis berkemih dari arah depan ke belakang

Membasuh kemaluan sehabis berkemih dari arah depan ke belakang dapat membantu mengurangi penyebaran bakteri dari anus ke vagina dan saluran kemih.


3.     Jangan meminum minuman yang merangsang untuk berkemih selama dalam perjalanan

Minuman bersoda, minuman berkafein, minuman beralkohol serta minuman ringan dengan perasa jeruk ternyata dapat merangsang teman – teman untuk berkemih. Untuk itu, jika akan melakukan perjalanan jauh, hindari semua minuman di atas, demi kenyamanan perjalanan teman - teman

4.     Menyediakan air kemasan untuk membilas setelah berkemih

Jika teman – teman berkemih di kamar kecil fasilitas umum, hal yang sering terjadi adalah sulitnya mendapatkan air bersih untuk membasuh kemaluan. Kalaupun ada air, kebersihannya diragukan karena bisa saja terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu, selalu sediakan air kemasan yang cukup untuk membasuh kemaluan sehabis berkemih, ketika teman – teman sedang dalam perjalanan

5.     Membawa tisu basah dan kering

Tisu basah dan kering berfungsi banget sebagai pembersih toilet jika toilet yang digunakan merupakan toilet duduk. Selain itu, tisu basah dan kering juga membantu membersihkan kemaluan sehabis berkemih dan menjaganya tetap kering

6.     Membawa minimal 3 pakaian dalam untuk bersalin

7.     Membawa dan mengganti pantyliner setiap 3 jam sekali



Walau sudah melakukan tips -  tips di atas, terkadang anyang – anyangan tetap tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, teman – teman perlu banget menyediakan Prive Uri-Cran.



Prive Uri-Cran merupakan suplemen kesehatan yang terdiri dari buah cranberry. Buah cranberry dipilih sebagai bahan utama, karena setelah diteliti di Amerika, buah cranberry mengandung Proantocyanidin (PAC) yang efektif mencegah infeksi saluran kemih dengan cara mencegah bakteri E-coli menempel pada dinding saluran kemih. Cara kerja PAC dalam buah cranberry, mencegah bakteri E-coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih, dan membuangnya bersama air seni.




Prive Uri-cran kapsul
-         Komposisi : 250 mg ekstrak cranberry
-         Dosis : 1-2 kapsul/hari
-         Isi per box : 30 kapsul/box

credit : www.uricran.co.id

Prive Uri-cran Plus
-         Komposisi : 375 mg ekstrak cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum
-         Sediaan : powder sachet
-         Dosis : 1-2 sachet/hari
-         Isi per box : 15 sachet/box

credit : www.uricran.co.id

Dari dua jenis Prive Uri-cran, saya seneng banget dengan Prive Uri-cran plus yang berbentuk powder sachet. Karena Prive Uri-cran plus ini, ngga berasa seperti minuman suplemen, rasanya enak sekaligus menyegarkan.

pakai air dingin lebih enak ^^


Selain itu, manfaat dari Prive Uri-cran plus juga banyak loh, karena mengandung vitamin C dan bakteri baik, maka jika mengkonsumsi Prive Uri-cran sesuai saran anjuran maka akan meningkatkan daya tahan tubuh dan juga mempercepat kesembuhan dari infeksi jamur dan infeksi saluran kemih. 



Oia, jika teman – teman sedang mengalami anyang – anyangan, untuk hasil maksimal, sebaiknya teman – teman mengkonsumsi 2 gelas (@150 ml) Prive Uri-cran per hari, selama kurang lebih 10 hari.

Semoga pengalaman saya tentang anyang – anyangan berguna ya buat teman – teman. Jika teman – teman sedang alami anyang – anyangan segera minum Uri-cran dan jangan lupa untuk tetap konsultasi ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Duh gak enak banget nahan pipis 5 jam. Untung gak ngompol ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ngga enak, mau ngga mau mesti nahan mba :')

      Hapus
  2. Kadang ga sadar nahan pipis karena males buat ke kamar mandi. Payahnya pas kena anyang2an juga ogah2an minum air putih ��. Untung ada uricran ya mbak yul, bs jadi solusi sehatnya ya :))

    BalasHapus
  3. Wah bermanfaat bgt nih infonya. Jadi harus waspada dengan anyang-anyangan

    BalasHapus
  4. Kalau sekiranya nggak akan ketemu kamar mandi dalam waktu lama, aku nggak mau minum kopi. Kapok. Pernah nahan pipis pas karena macet di tol. Nggak enak banget. Kalau sampai 5 jam sih udah ngeri banget. :(

    BalasHapus
  5. Cukuplah lihat mama yg terkena anyang-anyangan, rasanya menyiksa, gak mau kena

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, jangan sampai kena anyang - anyangan ngga enak

      Hapus
  6. Duh mbak saya pernah ngalaminnya, nahan pipis saat perjalanan cukup jauh, mau distopin kendaraannya gak enak soalnya numpang sama orang

    BalasHapus

Posting Komentar

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Postingan populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.