Penipuan berkedok perekrutan karyawan

Hi, hari ini aku mau update tentang penipuan berkedok perekrutan karyawan yang menggunakan nama salah satu instansi terkenal di Indonesia yaitu Sinarmas Land. Awal menerima undangan perekrutan ini sih sempat senang sekaligus bingung. Senang karena bisa diundang interview, bingung karena banyak keganjilan pada undangan interview.
Keganjilan pertama adalah :
1. Tempat untuk interview
Setelah aku baca dengan teliti, ternyata aku diundang interview di PT. Sinarmas Land cabang Surabaya. Dalam hati jadi mikir, lah ngapain jauh – jauh? Sedangkan PT. Sinarmas ada di Jakarta tepatnya di jalan MH.Thamrin yang aksesnya bisa lebih mudah ditempuh dari tempat tinggal ku.

2. Konfirmasi ke HRD tidak menggunakan nomor kantor namun nomor Hp dan tenggat waktu konfirmasi yang pendek 
Saat aku menerima email ini yaitu hari minggu 22 oktober 2017 jam 4.42 pagi dan aku diharuskan untuk konfirmasi pada hari itu juga paling lambat jam 5 sore. 

3. Jadwal interview yang mepet dari jadwal pemberitahuan
Jadwal interview yang dicantumkan yaitu pada tanggal 24 – 25 oktober 2017 yang mepet dari waktu pemberitahuan, menciptakan rasa panic bagi beberapa orang, karena tempat interviewnya yang jauh.
4.  Memakai kop surat seperti instansi pemerintah
5. Di acc ‘’langsung’’ oleh direktur SDM
6. Mewajibkan membeli tiket ke travel tertentu, jika ingin mengikuti interview
Nah, setelah membaca ketentuan yang ini, saya menjadi yakin kalau email ini penipuan. Karena, diharuskan membeli tiket perjalanan pulang – pergi pada travel yang telah ditunjuk oleh penipu yang mengatasnamakan PT. Sinarmas Land (walau diiming –imingi akan segera diganti).

Sebenarnya masih banyak hal mencurigakan dari email yang dikirim oleh penipu. Seperti, iming – iming penandatanganan kontrak langsung, dijemput dari bandara ke tempat interview, dan lain – lain. Jangan khawatir, aku akan melampirkan emailnya di blog ini biar teman – teman bisa mempelajari dan ngga tertipu dikemudian hari (teman – teman bisa klik link ini ya ^^)

Oia, bagi teman – teman yang sedang mencari kerja dan melamar melalui jobsdb dan jobstreet, teman – teman harus memperhatikan hal – hal ini agar tidak menjadi korban penipuan.
  • Catat posisi yang dilamar
  • Mencari profile perusahaan di website resmi, jika teman – teman akan di interview
  • Lihat nomor telepon dan alamat yang digunakan, apakah valid atau tidak
  • Jika meminta imbalan, segera tinggalkan atau laporkan pada pihak yang berwenang.
Sekian tips dari aku, semoga teman – teman yang mencari kerja segera mendapatkan kerja impiannya ya ^^

Leave a Reply