Lahirnya Lumba-lumba Yang Pintar

Lumba-Lumba ikan yang pintar
Bisa menirukayak manusia
Selalu patuh kalau disuruh
Tetapi harus makan dulu

Ingat dengan lirik lagu anak-anak yang popular pada tahun 90โ€™an di atas? Lirik lagu yang dinyanyikan Bondan Prakoso tersebut menceritakan kepintaran lumba-lumba dalam memahami perintah.

kepintaran lumba-lumba

Berhubung saya ngefans sama lagu dan lumba-lumba makanya saya menghadiri undangan dari Ocean Dream Samudera (ODS) pada tanggal 8 Mei 2014 karena salah satu lumba-lumba bernama Puji telah melahirkan. Loh? Lumba-lumba melahirkan? bukannya lumba-lumba itu ikan? Tetottt !! Lumba-lumba itu ternyata bukan ikan saudara-saudara tetapi mamalia. Menurut Pak Sunarto, Manager Operasional ODS mengapa lumba-lumba merupakan mamalia karena selain lumba-lumba mengandung, melahirkan, mempunyai kelenjar susu, lumba-lumba juga bernapas melalui paru-paru. Jadi kakak Bondan lirik lagunya diubah ya ^^.. 
Oia, Puji si lumba-lumba mengandung bayi lumba-lumba selama 13 bulan loh, setelah melahirkan pada tanggal 28 Maret 2014, bayi lumba-lumba yang belum diberi nama ini menyusui disamping ibunya Puji di penangkaran selama 1,5 tahun.

Puji dan bayinya (ada yang mau menyumbang nama? ^^)

Selain ASI, bayi lumba-lumba juga diberikan makanan pendukung seperti ikan layang atau kembung serta asupan vitamin dan mineral (kayak bayi manusia ya). Dengan lahirnya bayi lumba-lumba ini berarti lumba-lumba yang dipunya oleh Ocean Dream Samudera menjadi 28 ekor.

pengunjung ODS 


Untuk yang mau melihat lumba-lumba dan satwa air lainnya serta atraksi air lainnya, ODS meluncurkan Dolphi Club dan Doki Card. Bagi Pengunjung yang membuat Dolphi Club, bisa bebas masuk ODS selama setahun, sedangkan Doki Card dikhususkan untuk pengunjung yang ingin dengan bebas mengunjungi Atlantis Water Adventures selama 1 tahun. Dengan mengeluarkan uang Rp.120.000 pengunjung bisa mendapatkan salah satu dari kartu ini. Untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi website ODS

6 comments

  1. Ia mbak, Lumba-lumba itu mamalia, bukan ikan. Saya juga suka dengan lumba-lumba soalnya tingkahnya unik ^_^

    Kunjungan perdana, salam kenal yah. klo berkenan, mampir juga di blogku ๐Ÿ™‚

Leave a Reply