Fun Blogging 8 : Dari Hobi Menjadi Profesi

Awal berkenalan dengan blog ketika saya megenal seorang teman yang berprofesi sebagai pâtisserie dan hobi menulis pada tahun 2007. Kami sama-sama dipertemukan dalam workshop kepenulisan di Depok. Teman saya Amalia, sering bercerita kalau dia sering menuliskan resep-resep pastrynya di blog agar tidak hilang dan lupa. Mau tidak mau saya jadi tergoda untuk ikut menulis di blog.
Berhubung blogspot dan wordpress belum ada pada tahun tersebut jadilah saya mengikuti Amalia menggunakan Multiply sebagai media (ketauan tuanya deh). Tapi pada tahun itu jangan dibayangkan seperti sekarang, koneksi internet yang mahal dan lambatnya ampun-ampunan membuat saya suka menyerah untuk menulis di Multiply. Karena hal tersebut pula saya malas untuk mengupdate blog saya di Multiply hingga Multiply resmi ditutup, saya pun masih malas untuk ngeblog.

RIP Multiply
Tahun 2012, saya selalu melihat teman ditempat bekerja yang selalu meluangkan waktunya untuk mengupdate blog disela-sela aktifitas kerjanya. Saya jadi penasaran namun belum tergerak untuk menulis blog kembali. Hingga, teman saya yang bernama Lia mengajak saya mengunjungi SocMedFest (Social Media Festival) di Senayan. Saat itu, saya mulai menyadari fungsi dari blog sebagai media informasi, yang membuat saya mulai tergerak untuk ngeblog.

Fun Blogging 8

Sejak mengunjungi SOCMEDFEST itulah saya mulai rajin untuk ngeblog, tapi saya benar-benar buta bagaimana menyajikan blog yang bagus dan menarik hingga sekarang. Sampai saya mendengar teman-teman ramai membicarakan Fun Blogging. Menurut teman-teman blogger, di Fun Blogging diajarkan untuk mejadi blogger professional serta menyajikan blog yang bagus dan menarik. Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti Fun Blogging 8 pada tanggal 19 Desember 2015 bersama teman-teman Asinan Blogger.

Saya tidak menyangka kalau Fun Blogging sudah masuk season 8 (kayak film ya ^^), mungkin karena materi yang diberikan oleh Mba Haya Aliya Zaki, Mba Ani Berta dan Mba Shinta Ries yang sangat bermanfaat sehingga Fun Blogging berjalan sampai sekarang.

Mba Haya Aliya Zaki
Mba Ani Berta. Sumber : @aniberta 
Mba Shinta Ries. Sumber : @shintaries
blob:https%3A//web.whatsapp.com/
Bersama dengan rombongan Asinan Blogger (Terima kasih Mba Arin untuk tumpangannya ^^) saya belajar bagaimana menulis konten blog yang baik, membuat tampilan blog yang enak dilihat dan menghasilkan uang dari blog yang kesemuanya dikupas habis oleh Mba Haya Aliya Zaki, Mba Ani Berta dan Mba Shinta Ries.

Bersama Asinan Blogger
Oia, acara ini didukung oleh IWITA dan Sari Husada selain dari sekian banyak dukungan seperti Qwords, PIXY dan lain-lain. IWITA adalah singkatan dari Indonesia Woman IT Awarenes. IWITA bertujuan untuk mengajak perempuan Indonesia aktif dalam penggunaan teknologi informasi sehingga bisa berperan tidak hanya sebagai kontrol terhadap kemajuan teknologi tapi juga berperan dalam kemajuan pembangunan Indonesia.
Selain IWITA, Sari Husada juga punya program yang membantu masyrakat luas yaitu Nutrisi Bangsa. Siapa saja bisa berkontribusi untuk membagi ilmunya di website Nutrisi Bangsa. Beberapa waktu lalu Sari Husada juga membuat program yaitu Jelajah Gizi. Jelajah Gizi ini program mengajak masyarakat melihat makanan-makanan nusantara yang mengandung macam-macam nutrisi dan gizi yang dibutuhkan jadi semua bisa tau makanan apa yang mengandung gizi atau tidak.
Pasti penasaran kenapa saya tidak menulis secara gamblang apa-apa yang dibagikan Mba-mba kece punggawa Fun Blogging ini, tidak lain karena enaknya ga diceritain tapi ikut aja kelas Fun Blogging season berikutnya biar lebih menyerap ilmu-ilmu yang telah disampaikan mba-mba kece ini (ngeles).

14 comments

Leave a Reply