Langsung ke konten utama

How to make your own home fragrance part 1

Judulnya keren ya, hihihi ^^ tulisan ini terinspirasi karena salah satu teman saya yang menawarkan parfum racikannya sendiri. Sebenarnya sih, saya agak picky dalam memilih parfum yang akan saya gunakan. Jika sudah cocok dengan wangi dari merek tertentu, biasanya saya akan terus-terusan menggunakan parfum tersebut.

Dan entah kenapa saat itu saya justru tertarik untuk mencoba parfum racikan teman saya tersebut. Hasilnya? Wow! Seperti dibawa kelangit ketujuh lalu mencium harum tubuh bidadari (lebay dikit ga papa ya ^^), yang sebenarnya parfum racikan yang diberi nama DeMost ini benar-benar harum dan tahan lama hingga 5 jam sejak dipakai.

Parfum DeMost 


Menurut teman saya, parfum DeMost ini serupa dengan parfum keluaran Benetton yang sudah tidak diproduksi lagi. Saya yang ngga tahu parfum Benneton seperti apa jadi penasaran. Kok bisa ya teman saya membuat parfum dengan racikan yang pas, tahan lama dan harumnya lembut menenangkan?

Jiwa penasaran saya yang kumat membawa pencarian saya ke mbah Google, dan saya menemukan cara membuat parfum yang detail banget dari laman Wiki How. Menurut Wiki How, sebelum membuat parfum kita harus mengetahui tingkatan-tingkatan wewangian dari parfum yang disebut Not.

Berdasarkan tingkatannya Not pada parfum terdiri dari tiga jenis yaitu, Not atas, Not Tengah, Not Bawah.

  • Not atas yaitu wangi yang tercium pertama kali ketika disemprotkan. Wangi ini biasanya akan hilang dalam waktu 10-15 menit

  • Not tengah yaitu wangi yang muncul setelah Not atas. Not tengah merupakan wangi inti dari parfum. Biasanya Not tengah terdiri dari keharuman oriental, kayu-kayuan atau woody, bunga-bungaan atau floral, serta wewangian yang mengandung kesegaran.

  • Not dasar yaitu dasar wewangian yang memperkuat not tengah. Not dasar ini dikenal sebagai tema pada parfum. Dengan adanya Not dasar, memungkin parfum bertahan 4-5 jam setelah disemprotkan.



Udah paham ya penjelasan tentang not, selanjutnya kita bisa menggunakan wewangian berikut sebagai not atas, tengah dan dasar

Not atas


Wewangian yang umumnya digunakan sebagai not atas adalah basil, bergamot, buah anggur, lavendel, lemon, jeruk nipis, mint, bunga jeruk atau neroli, rosemary dan jeruk nipis.

gambar ilustrasi. credit : khasiatbuah

Not tengah


Untuk wewangian sebagai Not tengah, umumnya digunakan wewangian yang memiliki aroma yang kuat seperti lada hitam, kapulaga, chamomile, kayu manis, cengkeh, cemara jarum, melati, juniper, serai, pala, mawar, rosewood atau ylang-ylang.


gambar ilustrasi. credit : sitik

Not bawah


Sedangkan wewangian yang sering dijadikan not dasar adalah kayu chedar, cypress, jahe, nilam, pinus, cendana, vanilla dan vetiver.

credit : apotekmaxs


Dari sini kita bisa mengira-ngira wewangian apa yang akan menjadi not atas, tengah dan dasar untuk menjadi parfum yang diinginkan. Oia, kalau DeMost punya saya sih not tengahnya menggunakan lada, karena aroma ladanya cukup kuat ketika disemprotkan. Teman-teman bisa mengira-ngira not-not yang digunakan pada parfum milik teman-teman?

Lanjut lagi ya, setelah sudah mengetahui apa itu not dan wewangian apa saja yang digunakan sebagai Not atas, tengah dan dasar, selanjutnya mengetahui komposisi campuran yang tepat untuk membuat parfum.

Umumnya parfum ideal memiliki perbandingan 30% Not atas, 50% Not Tengah, dan 20% Not dasar. Namun, pakar pembuat parfum menyarankan untuk mengkombinasikan maksimal 3-4 Not dominan.


gambar ilustrasi


Disinilah bagian tersulitnya yaitu mencampur not-not tersebut menjadi parfum. Kenapa sulit? Karena tidak semua campuran not-not ini menghasilkan wangi parfum yang diinginkan jika tidak sesuai takaran. Lalu kira-kira saya berhasil ngga ya membuat parfum saya sendiri? Terus apa plus dan minusnya membuat produk homemade? Tunggu jawabannya di part 2 ya ^^






Komentar

  1. ah saya taunya dulu kalau parfum tinggal pake aja....tapi memang level eau de toilette bkn eau de parfum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha.. saya dulunya juga gitu mba ^^ makasih sudah mampir ya mba

      Hapus
  2. wah kece nih...kenalin dong sama temennya hehe

    BalasHapus
  3. Aku pernah coba Ana Sui, kakak Keceeee..
    Enak wanginya, tapi gerli sekalihhhhhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dong dikasih Ana sui sm adik kece ^^

      Hapus
  4. saya nungguinnnn resultnya. hehe


    https://elisamonic.wordpress.com/

    BalasHapus
  5. Yahhh kecewa bacanyaaa haha mau lihat cara bikinnya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha.. sengaja biar una main ke blog aku lagi xD

      Hapus
  6. Satu lagi yang harus dikuasai kalau mau bikin parfum (sebenernya kalau mau jadi ahli parfum sih hahahhaha), penciumannya harus tajam, bisa bedain wangi. Ini nih susahnya untuk aku, soalnya aku anaknya gampang move on, jadi ngga mau inget - inget lagi yang udah lalu *tsaahhhhh hahahahhahahahhaa

    BalasHapus
  7. ahaha.. jadi ada keuntungan ya ternyata ga move on ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Pos populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.