Langsung ke konten utama

Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat

Kalau ditanya bagaimana motivasi saya agar memiliki gaya hidup sehat bisa dibilang seperti indeks saham. Kadang semangat saya naik kadang semangat saya turun, hehehe…. Hingga ada peristiwa yang mengubah dan membuat saya bertekad untuk memiliki hidup yang sehat, yaitu saat saya divonis SLE (Systemic Lupus Erythmathosus).

Mengidap SLE menyebabkan saya menjadi mudah lelah, ditambah dengan obat-obatan hormonal yang saya minum membuat perubahan metabolisme pada tubuh. Karena menjadi mudah lelah, saya harus pintar-pintar memilih dan melakukan kegiatan serta mengkonsumsi makanan yang tidak mengaktifkan SLE. Namun walau saya sudah berhati-hati agar tidak membangkitkan Lupus, tetap saja kadang kala penyakit itu timbul jika saya terlalu lelah, stres dan mengkonsumsi makanan yang memicu alergi.

Ga mau terus-terusan dalam keadaan flare (istilah ketika lupus sedang aktif) membuat saya  bertekad mengubah gaya hidup.  Saya jadi rajin membaca tips-tips kesehatan, mengumpulkan, kemudian melakukannya sesuai dengan kemampuan tubuh saya.

 Berikut ini tips-tips yang saya lakukan hingga sekarang.

1. Banyak bergerak

Banyak bergerak diperlukan tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi. Bagi Odapus (Orang dengan Lupus) kesulitannya memang tidak boleh terlalu capek. Tapi bukan berarti ga boleh bergerak kan? Biasanya sih saya menyempatkan diri untuk berjalan kaki hingga 10000 langkah. Bagaimana saya tahu jika saya melangkah 10000 langkah? Kebetulan banget saya menggunakan aplikasi di Smartphone untuk menghitung langkah jadi memudahkan saya mengetahui langkah yang telah saya capai. Selain berjalan kaki, melakukan aktivitas seperti berolahraga, yoga atau melakukan pekerjaan rumah tangga dapat membakar kalori dan menjadikan tubuh lebih sehat.



gambar ilustrasi. mirrorfest.blogspot.com

2. Banyak minum air putih

Air putih merupakan air yang paling banyak khasiat, terutama dalam detoksifikasi pada tubuh. Kalau saya sih berusaha untuk minum air putih 1 liter per hari. Jika lupa, saya menggunakan notif pada aplikasi smartphone sebagai pengingat. sehingga saya mengetahui berapa banyak air putih yang telah saya minum.


gambar ilustrasi. slimdietnet

3. Jangan bergadang

Seperti kata Bang haji Rhoma Irama, bergadang jangan begadaaang... Eh malah jadi nyanyi ^^ Begadang boleh dilakukan jika hanya diperlukan. Jangan dijadikan kebiasaan, karena menurut penelitian jika terlalu sering bergadang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti, masalah gangguan hati, obesitas, penurunan daya ingat hingga kanker. Kadang karena tuntutan pekerjaan, saya mau tidak mau harus bergadang tapi keesokkan harinya saya imbangi dengan istirahat yang cukup dan asupan makanan yang bergizi.


gambar ilustrasi. Keep Calm-O-Matic

4. Istirahat yang cukup

Dalam keadaan normal manusia membutuhkan waktu istirahat sekitar 8 jam pada malam hari. Namun kadang-kadang tidak tercukupi karena tuntutan pekerjaan. Kalau saya sih mencukupinya dengan tidur diperjalanan ketika berangkat dan pulang kerja atau berpergian. Selain itu, juga bisa menyempatkan tidur siang ketika jam istirahat.

5. Berpuasa

Seperti yang kita ketahui berpuasa mempunyai manfaat untuk mendetosifikasi tubuh dan mengistirahatkan organ-organ tubuh seperti pencernaan dari bekerja terlalu berat. Puasa berguna banget untuk mengeluarkan racun dalam tubuh saya yang bertahun-tahun mengkonsumsi obat-obatan, sehingga menjadikan badan lebih sehat dan fresh.


gambar ilustrasi. carapedia


6.Penuhi kebutuhan asupan gizi, vitamin, mineral dan serat serta hindari makanan yang dapat memicu alergi pada tubuh.


Memenuhi asupan gizi dengan makanan yang sehat merupakan keharusan.  Selain itu, perlu juga mengetahui makanan apa saja yang dapat memicu alergi agar mudah dihindari. Salah satu contoh waktu itu saya secara tidak sengaja memakan udang dan akhirnya menimbulkan alergi sehingga memicu lupus saya flare dan mengakibatkan saya dirawat di rumah sakit. Sejak saat itu saya memasukan udang dalam black list dan ga lagi masuk dalam menu makanan.

7. Jangan berlebih-lebihan dalam makanan, minuman dan beraktivitas.

Tanpa sadar saking sedang enaknya makan atau minum kita suka menambah berkali-kali. Namun ternyata justru membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Begitu juga dalam beraktivitas, Untuk itu ketahui batas tubuh kita dalam menerima makanan, minuman dan beraktivitas.


gambar ilustrasi

8. Banyak-banyak bersyukur dan jangan stres.

Tips terakhir yang keliatannya sederhana banget, tapi paling sulit dilakukan. Setelah saya runut kebelakang salah satu penyebab saya terkena SLE adalah stres. dan ternyata stres juga pemicu dari penyakit-penyakit lainnya. Oleh karena itu, jika saya menemukan permasalahan yang dapat menimbulkan stres, saya share dengan orang yang dipercaya untuk mengurangi stres saya. Kemudian saya lanjutkan dengan banyak-banyak bersyukur serta berpikiran positif karena tandanya saya dipercaya bisa menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi.


gambar ilustrasi


Nah itu 8 tips hidup sehat saya. Sebenarnya sih 8 tips di atas merupakan tips paling dasar untuk hidup sehat yang bisa diaplikasikan siapa saja atau penderita lupus seperti saya, asal dilakukan dengan konsisten. Pernah sih saya cheating sesekali, tapi dampaknya malah membuat lupus saya flare, sehingga membuat saya jera. Namun setelah menjalankan tips ini secara konsisten, Alhamdulillah, lupus saya dalam keadaan remisi sehingga saya tidak mengkonsumsi obat-obatan hormonal lagi.


Semoga tips saya bermanfaat dan tetap sehat selalu ^^

Tulisan ini diikutsertakan "Sharing Inspiration" Blog Contest Nutrifood




Komentar

  1. wuihiii kayaknya yang jangan stress itu hal yang cukup sulit kakak :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang paling sulit itu cha hehehe..

      Hapus
    2. Iya, emang paling sulit itu cha hehehe..

      Hapus

Posting Komentar

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Postingan populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.