Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat

Kalau ditanya bagaimana motivasi saya agar memiliki gaya hidup sehat bisa dibilang seperti indeks saham. Kadang semangat saya naik kadang semangat saya turun, hehehe…. Hingga ada peristiwa yang mengubah dan membuat saya bertekad untuk memiliki hidup yang sehat, yaitu saat saya divonis SLE (Systemic Lupus Erythmathosus).

Mengidap SLE menyebabkan saya menjadi mudah lelah, ditambah dengan obat-obatan hormonal yang saya minum membuat perubahan metabolisme pada tubuh. Karena menjadi mudah lelah, saya harus pintar-pintar memilih dan melakukan kegiatan serta mengkonsumsi makanan yang tidak mengaktifkan SLE. Namun walau saya sudah berhati-hati agar tidak membangkitkan Lupus, tetap saja kadang kala penyakit itu timbul jika saya terlalu lelah, stres dan mengkonsumsi makanan yang memicu alergi.
Ga mau terus-terusan dalam keadaan flare (istilah ketika lupus sedang aktif) membuat saya  bertekad mengubah gaya hidup.  Saya jadi rajin membaca tips-tips kesehatan, mengumpulkan, kemudian melakukannya sesuai dengan kemampuan tubuh saya.

 Berikut ini tips-tips yang saya lakukan hingga sekarang.

1. Banyak bergerak

Banyak bergerak diperlukan tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi. Bagi Odapus (Orang dengan Lupus) kesulitannya memang tidak boleh terlalu capek. Tapi bukan berarti ga boleh bergerak kan? Biasanya sih saya menyempatkan diri untuk berjalan kaki hingga 10000 langkah. Bagaimana saya tahu jika saya melangkah 10000 langkah? Kebetulan banget saya menggunakan aplikasi di Smartphone untuk menghitung langkah jadi memudahkan saya mengetahui langkah yang telah saya capai. Selain berjalan kaki, melakukan aktivitas seperti berolahraga, yoga atau melakukan pekerjaan rumah tangga dapat membakar kalori dan menjadikan tubuh lebih sehat.



gambar ilustrasi. mirrorfest.blogspot.com

2. Banyak minum air putih

Air putih merupakan air yang paling banyak khasiat, terutama dalam detoksifikasi pada tubuh. Kalau saya sih berusaha untuk minum air putih 1 liter per hari. Jika lupa, saya menggunakan notif pada aplikasi smartphone sebagai pengingat. sehingga saya mengetahui berapa banyak air putih yang telah saya minum.


gambar ilustrasi. slimdietnet

3. Jangan bergadang

Seperti kata Bang haji Rhoma Irama, bergadang jangan begadaaang… Eh malah jadi nyanyi ^^ Begadang boleh dilakukan jika hanya diperlukan. Jangan dijadikan kebiasaan, karena menurut penelitian jika terlalu sering bergadang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti, masalah gangguan hati, obesitas, penurunan daya ingat hingga kanker. Kadang karena tuntutan pekerjaan, saya mau tidak mau harus bergadang tapi keesokkan harinya saya imbangi dengan istirahat yang cukup dan asupan makanan yang bergizi.


gambar ilustrasi. Keep Calm-O-Matic

4. Istirahat yang cukup

Dalam keadaan normal manusia membutuhkan waktu istirahat sekitar 8 jam pada malam hari. Namun kadang-kadang tidak tercukupi karena tuntutan pekerjaan. Kalau saya sih mencukupinya dengan tidur diperjalanan ketika berangkat dan pulang kerja atau berpergian. Selain itu, juga bisa menyempatkan tidur siang ketika jam istirahat.

5. Berpuasa

Seperti yang kita ketahui berpuasa mempunyai manfaat untuk mendetosifikasi tubuh dan mengistirahatkan organ-organ tubuh seperti pencernaan dari bekerja terlalu berat. Puasa berguna banget untuk mengeluarkan racun dalam tubuh saya yang bertahun-tahun mengkonsumsi obat-obatan, sehingga menjadikan badan lebih sehat dan fresh.


gambar ilustrasi. carapedia


6.Penuhi kebutuhan asupan gizi, vitamin, mineral dan serat serta hindari makanan yang dapat memicu alergi pada tubuh.


Memenuhi asupan gizi dengan makanan yang sehat merupakan keharusan.  Selain itu, perlu juga mengetahui makanan apa saja yang dapat memicu alergi agar mudah dihindari. Salah satu contoh waktu itu saya secara tidak sengaja memakan udang dan akhirnya menimbulkan alergi sehingga memicu lupus saya flare dan mengakibatkan saya dirawat di rumah sakit. Sejak saat itu saya memasukan udang dalam black list dan ga lagi masuk dalam menu makanan.

7. Jangan berlebih-lebihan dalam makanan, minuman dan beraktivitas.

Tanpa sadar saking sedang enaknya makan atau minum kita suka menambah berkali-kali. Namun ternyata justru membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Begitu juga dalam beraktivitas, Untuk itu ketahui batas tubuh kita dalam menerima makanan, minuman dan beraktivitas.


gambar ilustrasi

8. Banyak-banyak bersyukur dan jangan stres.

Tips terakhir yang keliatannya sederhana banget, tapi paling sulit dilakukan. Setelah saya runut kebelakang salah satu penyebab saya terkena SLE adalah stres. dan ternyata stres juga pemicu dari penyakit-penyakit lainnya. Oleh karena itu, jika saya menemukan permasalahan yang dapat menimbulkan stres, saya share dengan orang yang dipercaya untuk mengurangi stres saya. Kemudian saya lanjutkan dengan banyak-banyak bersyukur serta berpikiran positif karena tandanya saya dipercaya bisa menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi.


gambar ilustrasi
Nah itu 8 tips hidup sehat saya. Sebenarnya sih 8 tips di atas merupakan tips paling dasar untuk hidup sehat yang bisa diaplikasikan siapa saja atau penderita lupus seperti saya, asal dilakukan dengan konsisten. Pernah sih saya cheating sesekali, tapi dampaknya malah membuat lupus saya flare, sehingga membuat saya jera. Namun setelah menjalankan tips ini secara konsisten, Alhamdulillah, lupus saya dalam keadaan remisi sehingga saya tidak mengkonsumsi obat-obatan hormonal lagi.


Semoga tips saya bermanfaat dan tetap sehat selalu ^^

Tulisan ini diikutsertakan “Sharing Inspiration” Blog Contest Nutrifood

6 comments

Leave a Reply