Langsung ke konten utama

Jalan-Jalan ke Papua, Mampir ke Tempat-Tempat Ini Yuk!



source : worldoftravel.com


Tak salah memang jika banyak yang bilang jika bumi Papua adalah satu perwujudan surga yang nyata di Indonesia. Papua menyimpan harta karun berupa kekayaan panorama alam yang seakan tak habis-habisnya untuk dapat dinikmati. Dataran tinggi yang kaya dan eksotis berhiaskan bentangan hutan alami hingga keindahan alam bawah lautnya yang mempesona seakan memanggil siapapun untuk menyentuh dan menyelaminya. Ditambah dengan kearifan budaya lokal yang dapat bertahan secara harmonis di zaman yang serba modern.
Bagaimana cara agar kita dapat menyentuh dan berinteraksi langsung dengan segala keunikan dan keindahan pulau paling timur di Indonesia ini? Xpress Air sebagai salah satu maskapai penerbangan perintis di Indonesia akan mengantar kita menuju ke pulau impian ini. Apa saja destinasi wisata yang tersohor hingga mancanegara? Berikut adalah rangkuman beberapa tempat tujuan wisata di Papua yang dapat kamu pertimbangkan untuk dikunjungi.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

source: Indonesia.travel


Dengan tiket dari Xpress Air di tangan kita dapat memulai berpetualang di Papua, tepatnya dari Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementrian Kehutanan, Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Luasnya mencapai 1.453.500 hektar dan hampir 90% merupakan wilayah perairan. Tak mengherankan simpanan kekayaan alami berupa 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan bisa anda temukan di dalamnya. Hewan-hewan eksotis seperti kura-kura, penyu, hiu dan lumba-lumba tak jarang juga ikut menemani kita saat menyelami keindahan alam bawah lautnya.

Pulau-pulau di kawasan wisata ini juga dapat kamu jelajahi sepuasnya. Pulau Mioswaar adalah salah satunya. Pulau ini memiliki gua dengan kejutan berupa sumber air panas yang mengandung belerang di dalamnya. Selain itu terdapat rangkaian pulau seperti Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi dan lainnya yang tentu saja akan sangat sayang untuk kamu lewatkan begitu saja.

Raja Ampat

source : wildernesstravel.com

Raja Ampat sudah dikenal luas sebagai satu tempat tujuan wisata di Papua yang keindahannya begitu menggoda para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Terdiri atas empat pulau besar, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta, dan berhiaskan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Raja Ampat memiliki kekayaan keragaman bentuk biota laut. The Nature Conservancy melaporkan bahwa sebanyak 75% spesies laut dunia dapat ditemukan di kawasan perairan Raja Ampat. Terdapat kurang lebih 1.511 jenis ikan dan penyu laut akan menemani kamu selama menyelam. Waktu terbaik untuk menyelam adalah pada bulan Oktober dan November. Pada bulan-bulan seperti ini cuaca sangat mendukung dan air sangat jernih, jarak pandang saat menyelam menjadi ideal. Meskipun juga sebenarnya kamu dapat menyelam kapan saja kamu mau sepanjang tahun di sini. Asyik sekali kan?



Jangan kuatir jika tak ingin menyelam, kamu tentu saja bisa menikmati Raja Ampat dengan melakukan trekking menjelajahi pulau-pulaunya. Para pemandu yang merupakan warga asli setempat selalu siap menemani sehingga kamu tak perlu takut tersesat ketika sedang asik menikmati dan menjelajahi keindahan Raja Ampat.
Baik juga membekali diri dengan buah pinang atau permen sebagai bentuk hadiah yang dapat kamu berikan pada warga setempat. Di Raja Ampat buah pinang dan juga permen dianggap sebagai tanda persahabatan. 

Danau Sentani


source : img.okezone.com


Danau yang terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura ini merupakan danau terbesar di Papua. Keindahannya luar biasa. Luasnya kurang lebih 9.360 hektar. Dan sedikitnya ada 21 pulau tersebar menghiasi danau dengan ketinggian sekitar 75 meter di atas permukaan laut ini.
Berenang, memancing, dan menikmati ragam kuliner yang disajikan di sekitar danau ataupun berkeliling sepanjang danau dengan mengunakan perahu adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Pemandangan deretan rumah panggung lengkap dengan jaring ikan akan menjadi pengalaman tersendiri yang unik saat kamu berinteraksi langsung dengan warga setempat di desa-desa yang terdapat di sekitar danau ini.
Yang tak boleh dilewatkan adalah Festival Danau Sentani. Ini adalah acara tahunan yang biasa diselenggarakan pada sekitar pertengahan bulan Juni. Berbagai pertunjukan seni dan budaya lokal akan dipersembahkan bagi para wisatawan dan pengunjung yang menghadirinya. Ini adalah saat yang tepat untuk dapat lebih mengenal budaya dan kearifan lokal dan sekaligus memanjakan lidah dan perut kita dengan menikmati sajian-sajian kuliner khas Papua.
Itulah beberapa tempat wisata di Papua yang pasti layak dikunjungi. Segera siapkan diri dan perlengkapan yang kamu butuhkan untuk liburan serumu di sana. Dengan tiket dari Xpress Air di tangan kita bisa segera terbang seru-seruan menjelajahi keindahan bumi Papua yang memang menakjubkan dan pastinya tak akan mudah terlupakan.
 

 
 

Komentar

  1. Destinasi impian saya bisa ke Papua. Semoga suatu saat bisa kesampaian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ^^ semoga segera tercapai ya mba

      Hapus

Posting Komentar

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Postingan populer dari blog ini

Pilih Uber atau GrabCar?

Hayo.. pasti bingung mau pilih Uber atau GrabCar, keduanya merupakan aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam sarana transportasi, dan sekaligus paling banyak digunakan karena kemudahannya serta harga yang tidak menguras kantong. Tapi sebagai konsumen ga ada salahnya kalau kita memilih yang terbaik dan nyaman. Sebelumnya saya suka sekali menggunakan aplikasi GrabCar, tapi sejak Uber bisa digunakan dengan pembayaran cash, saya jadi tertarik untuk mencobanya.




Jadi kali ini saya ingin membahas kedua aplikasi ini dari segi konsumen, dan tulisan ini bukan iklan ya, murni user experience aja ^^.

1. Promo
Baik Uber maupun GrabCar, keduanya mengeluarkan promo gratis dengan membagikan kode unik untuk menarik pengguna baru menggunakan aplikasi ini. GrabCar memiliki promo gratis berupa saldo dimulai dari Rp.30000. Sedangkan untuk Uber, promo yang didapat dimulai dari Rp.75000. Mungkin karena rejeki anak sholeha, minggu lalu saat saya memasukan kode promo Uber yang dibagikan oleh teman, saya mend…

5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia

Drama jepang atau yang dikenal dengan dorama, mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Masuk ke Indonesia pada awal 80 dan awal tahun 90 yang disiarkan oleh TV Nasional,  dorama sukses merebut hati para pecinta drama di Indonesia. Alur dan akhir cerita yang ngga biasa, akting para aktris dan aktor, pakaian, lagu pengisi drama hingga ketampanan serta kecantikan para pemainnya mampu merebut hati para penikmat drama di Indonesia yang menjadi idola saat itu.

Ga usah lama-lama narasinya ^^ ini 5 Drama Jepang paling berkesan di Indonesia versi saya
1. Tokyo Love Story                 Bercerita tentang seorang pemuda pemalu bernama Kanji Nagao (Yuji Oda) yang berkerja di Tokyo. Di tempat kerjanya, ia bertemu dengan Rika Akana (Honami Suzuki) yang ceria dan energik. Pertemuannya dengan Rika, selain mengubah hidup Kanji, juga menjadikan Kanji menjadi lebih berani dalam memilih jalan hidupnya.

2. Long Vacation                 Dorama ini ceritanya unik banget menurut saya, soalnya bercerita ten…

IKJ DAY 2016 : Dua Hari Menjadi Mahasiswa IKJ

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 22-23 Maret saya mengikuti workshop yang diadakan oleh IKJ. Workshop kali ini diadakan dalam rangka “Open House” IKJ yang sudah berlangsung dari tahun 2014 kali ini “Open House” dinamakan IKJ Day. Tiap-tiap fakultas seperti, Fakultas Seni Pertunjukkan, Fakultas Film dan Televisi (FFTV) dan Fakultas Seni Rupa (FSR), serempak melakukan kegiatan IKJ Day yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2016.


Saya dan teman-teman blogger sebagai peserta dari Blogger Crony mengikuti workshop IKJ dari Fakultas Seni Rupa. Ada 12 workshop yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa IKJ yaitu

1.Workshop Tekstil (Tie Dye) dengan instruktur Siti Indriani CH, S.Sn
2.Workshop Keramik (membuat cangkir gelas) dengan instruktur Tri Wahyuni H, S.Sn
3.Workshop Desain Asesoris (Recycle Asesoris) dengan instruktur Erlien Yudianti
4.Workshop Food Fotografi (teknik memotret makanan dengan HP) dengan instruktur Rangga Samiaji
5.Workshop Cukil Kayu dengan instuktur Deny Rusanto
6.Worksho…

Cerita Dibalik Bom Bali Tahun 2002 & 2005

Meski sudah berlalu cukup lama, kita semua pasti masih ingat kisah sedih yang terjadi di Kuta dan Jimbaran  Bali.  Pengeboman di Bali tahun 2005 yang terjadi pada 1 Oktober  itu terjadi sebanyak tiga kali pengeboman. Satu di Kuta dan dua di Jimbaran, peristiwa ini menelan korban tewas sebanyak 23 orang dan luka-luka sebanyak 196 orang. Sebenarnya tahun 2002 serangan bom serupa pernah juga terjadi di Bali dan  menewaskan 202 orang yang memakan korban baik warga lokal maupun asing.



Kejadian ini tidak hanya menjadi musibah dan duka masyarakat Bali tapi juga musibah dan duka Indonesia serta negara asing yang warganya ikut menjadi korban. Untuk mengingat peristiwa sedih itu maka didirikan monumen atau tugu peringatan bom Bali di Legian-Kuta. Kebetulan Tugu ini tidak jauh jaraknya dari Harper Kuta, hotel berbintang empat yang  berada di jalan Legian 73 – Kuta, sekitar 0.12 km, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu Harper Kuta juga tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Int'l, y…

Blogger Mengenal JKN Part 2

Kalau minggu lalu saya udah posting tentang Apa Itu JKN? (Jaminan Kesehatan Nasional) di Blogger Mengenal JKN Part 1. Sekarang saya mau cerita tentang pembuatan JKN di BPJS kesehatan dan Fasilitas Kesehatan disingkat Faskes yang bisa menerima kartu JKN.

Setelah semalam saya dan teman-teman blogger mencharge ilmu dari Ira Koesno tentang Public Speaking, paginya kami bersiap-siap untuk segera kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Kami terbagi menjadi 2 grup dan saya masuk ke grup 2.