Pentingnya Melakukan PCR Swab Test

Rabu, Juni 24, 2020


Hi, sudah ngga terasa kita 3 bulan berjuang untuk bertahan dan menghadapi pandemic Covid-19 ini dengan cara work from home dan berada di rumah aja. Namun, sejalan dengan berakhirnya kebijakan pemerintah untuk PSBB, serta semakin banyak perusahaan yang mewajibkan para pekerja untuk kembali bekerja,  aku berharap teman-teman tetap bersemangat dalam menjaga physical distancing, menggunakan alat pelindung diri seperti masker dan serta menjaga kesehatan sesuai protocol Covid-19 yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah.



Kenapa sih physical distancing, menggunakan masker dan menjaga kesehatan menjadi begitu penting saat ini?

Alasannya tentu banyak banget salah satunya adalah penularan Covid-19 melalui Orang Tanpa Gejala disingkat OTG. Sedikit mau cerita tentang OTG ini, dari awal terjadinya pandemic hingga sekarang, aku selalu memantau linimasa di twitter mengenai Covid-19 (Insya Allah informasi yang aku pantau bukan hoax) dan banyak kasus penularan Covid-19 ditularkan oleh OTG. Hal ini juga diperkuat dari hasil analisis Scripps Research yaitu 45% penularan Covid-19 terjadi akibat OTG. Kebayangkan kalau kita ngga menerapkan physical distancing dan menggunakan masker, pasti makin banyak yang tertular Covid-19.

Karena tanpa gejala, maka akan sulit untuk mendeteksi apakah seseorang itu terkena Covid-19 atau tidak seperti pada kasus kapal pesiar Diamon Princess. Oleh karena itu, menurut peneliti dari Scripps Research dibutuhkan kontak tracing dan pengujian secara massif untuk mengetahui penyebaran dan penularan Covid-19.

Salah satu pencegahan yang sedang gencar dilakukan adalah pengujian secara massif seperti rapid test dan PCR swab test. Rapid test merupakan metode skrinning awal untuk mendeteksi antibody dalam darah, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona. Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil rapid test relative lebih cepat yaitu 10-15 menit.

Sedangkan PCR swab test merupakan metode untuk mendiagnosa pasti melalui sampel lendir yang berada di tenggorokan dan hidung. Dua area tersebut dipilih karena menjadi tempat virus menggandakan dirinya dan awal mula masuk ke dalam tubuh. Hasil akhir dari pemeriksaan PCR swab ini nantinya akan memperlihatkan keberadaan Covid-19 di dalam tubuh seseorang. Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil PCR swab test yaitu dalam hitungan jam hingga hari.

Dari penjelasan di atas teman-teman yang ingin melakukan test terutama PCR swab test ngga perlu khawatir. Teman-teman bisa cek situs kesehatan online yaitu Halodoc, yang tidak hanya menginformasikan manfaat seputar kesehatan tapi juga memberikan informasi mengenai serba-serbi penanganan Covid-19 dan tempat pelaksanaan PCR swab test. 




Berikut ini informasi yang aku dapatkan dari Halodoc dan beberapa daerah yang mengadakan PCR swab test dengan harga terjangkau

PCR TEST JAKARTA

-RS Mayapada Jakarta Selatan
-RS Yarsi
-RS Kartika Pulomas 
-Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading (free dengan syarat dan ketentuan berlaku)



-RS Permata Cibubur
-RS Pertamina Jaya
-RSUD Kebayoran Lama
-RS Tzu Chi
-RS Pelni Jakarta

PCR TEST Bekasi
-RS Anna
-RS Mitra Keluarga

PCR Test Bogor
-RS EMC Sentul

PCR Test Depok
-RS UI

Oia, selain teman-teman sudah mengikuti rapid atau PCR swab test, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan ya, seperti :

1.       Menghindari makanan manis

Ternyata makanan manis bisa mempengaruhi sistem imunitas pada tubuh. Untuk itu, disarankan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran yang banyak mengandung serat serta vitamin.




2.       Menghindari Junk Food

Menghindari junk food ternyata tidak hanya berlaku saat keadaan normal saja loh, untuk keadaan seperti sekarang pun juga berlaku. Hal ini disebabkan makanan junk food dapat menurunkan sistem imunitas pada tubuh yang menyebabkan penyakit.

3.       Mencuci tangan setiap memulai dan sesudah beraktifitas

Mencuci tangan bertujuan tidak hanya membersihkan tangan tapi juga membantu memutus penyebaran bakteri serta virus.

4.       Berolahraga

Olahraga tetap dianjurkan oleh para pakar kesehatan loh, hal ini tentu saja karena dapat membantu sistem imun untuk menjaga daya tahan tubuh. Tapi perlu diingat ya, jika teman-teman berolahraga diluar atau didalam ruangan jangan lupa untuk tetap menggunakan masker.

Sekian informasi tentang Covid-19 yang dapat aku bagikan untuk teman-teman semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Copyright © Hana No Yuri. Blog Design by SkyandStars.co