Pengalaman mengikuti Short Course Bahasa Inggris di The British Institute (TBI) Bandung

Minggu, Mei 19, 2024

Assalammu’alaikum teman – teman, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Kali ini aku mau berbagi pengalaman aku belajar Bahasa inggris di The British Institute atau TBI.


Sebenarnya kenapa aku mau berbagi pengalaman belajar bahasa Inggris, karena sekarang 60 % pekerjaan aku banyak berkomunikasi dengan vendor maupun supplier asing dari berbagai negara, dan tentu saja bahasa yang sama – sama kami ketahui adalah bahasa inggris.


Namun, karena aku jarang melatih dan berkomunikasi dengan bahasa inggris, bisa dibilang kemampuan dan rasa percaya diriku untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris semakin menurun. Tidak jarang, jika ada sesi gathering dan bussines partner, aku cenderung melewatkan acara tersebut karena tidak percaya diri.


Sempat terpikir olehku, ingin kembali belajar bahasa inggris, tapi ada keraguan karena ada ngga ya lembaga bahasa inggris yang bisa mencocokkan dengan aktifitas dan keseharian aku (biar ngga kejadian seperti sebelumnya, sering bolos karena pekerjaan T^T).


Makanya ketika aku mendapatkan kesempatan untuk Short Course Bahasa Inggris di TBI secara online selama 3 hari (13 -14 Mei 2024) yang difasilitasi oleh ISB (Indonesia Social Bloggerpreneur), aku sangat exicited! Karena aku bisa menjajal bagaimana cara pembelajaran TBI Bandung, sehingga nantinya bisa memutuskan apakah cocok dengan aku atau tidak.


Selama 3 hari short course, ternyata bukan hanya aku saja yang ikut kelas ini. Beberapa teman – teman dari ISB juga ikut Kelas TBI Bandung ini, seperti Mba Aie, Mba Tian dan Mba Wulan, sehingga selama belajar aku jadi tidak terlalu canggung karena cukup mengenal beberapa peserta.







Ditambah lagi, pengajar – pengajar TBI Bandung yaitu Miss Intan dan Miss Tati, sangat friendly dan aktraktif, terutama Miss Intan. Beliau benar – benar mengencourage aku dan teman – teman untuk aktif berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, dan menyingkir rasa takut salah kami karena grammar dalam mengekspresikan kalimat – kalimat yang akan kami gunakan. 


Tidak ada satupun dari beliau yang menjudge saat kami menyampaikan pendapat kami dalam Bahasa Inggris (walau beberapa dari kami pasti ada yang salah dalam penggunaan grammarnya).


Tentu saja hal ini salah satu nilai plus buat aku kedepannya jika, aku dikemudian hari aku memutuskan untuk melanjutkan belajar Bahasa Inggris Kembali (karena kami dibuat nyaman dalam berbahasa inngris).


Lalu, apa saja yang kami pelajari selama short course ?


  • Vocabulary.  Banyak kata – kata baru yang dikenalkan dalam materi – materi yang diberikan seperti pada materi day 1 Tourism With Travel Noah, kami diajak untuk mencari padanan kata atau sinonim yang mengganti kata sebelumnya, salah satu contohnya kata expensive bisa diganti penggunaannya menjadi ripped – off, sumptous yang cukup jarang digunakan dalam sehari – hari.
  • Sentences. Pada sesi materi day 2 dan 3 Music, aku dan teman – teman diajak untuk mengingat Kembali bagaimana penempatan penggunaan present passive dan past participle
  • Tips menulis dan promote blog. Selain diajarkan sentences, kami juga diberikan tips bagaimana mempromosi kan blog agar lebih terhubung dengan audiens dan follower blog.
  • Diskusi aktraktif. Selama 3 hari kami diajarkan untuk berani mengeluarkan pendapat dalam bahasa inggris





Bagi aku short course selama 3 hari ini semakin menambah pengalaman aku dalam berkomunikasi berbahasa Inggris, terutama dalam menyampaikan secara lisan maupun tulisan (Selama dua jam pembelajaran jadi tidak terasa karena baik pengajar, materi dan kelasnya sangat aktif).


Dan aku merasa memang pentingnya memahami grammar dan kalimat yang baik ini sejalan dengan pesan dari Mba Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI

Sama dengan profesi lainnya, terdapat serangkaian skill yang yang wajib dimiliki dan dikembangkan oleh para penulis pastinya. Memahami penggunaan grammar dalam bahasa Inggris sangat dibutuhkan agar tidak memberikan struktur tulisan yang salah, karena kemampuan untuk mengkomunikasikan maksud tulisan merupakan hal yang cukup krusial.



Setelah membaca pengalamanku mengikuti short course dari TBI, selanjutnya yuk kenalan dengan The British Institute atau TBI ini.


The British Institute, yang juga dikenal sebagai TBI, didirikan pada 18 Februari 1984 sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris. TBI yang didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

 

Dengan menerapkan metode pengajaran eklektik (eclectic approach), TBI menitikberatkan pelajaran di kelas pada kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal.  TBI memiliki tenaga pengajar baik asing (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional.

 

Kenapa Kursus Bahasa Inggris di TBI Bandung?

 

1. Berkualitas

Sebagaimana TBI yang lain, kualitas TBI Bandung tidak perlu diragukan lagi dari segi metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pendidik, kurikulum, serta modul atau panduan yang digunakan. 

 

2. Sistem pembelajaran beragam

• Offline learning
• Online learning

 

Peserta kursus bahasa Inggris TBI juga bisa belajar di mana saja dan dari mana saja. Hal ini dikarenakan TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara daring dan aplikatif.

 

3. Lokasi strategis

TBI Bandung berada di lokasi strategis yang sangat dekat dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya. 

 

4. Jadwal kelas variatif

Jadwal belajar peserta kursus bahasa Inggris TBI Bandung sangat variatif. Peserta dapat memilih sesuai kebutuhan, dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB. 

 

5. Trial Class

Untuk calon peserta kelas Children(usia 4-9 Tahun), Pre-Teen (10-11 Tahun) dapat mencoba kelas terlebih dahulu sebelum join class apakah kelasnya sesuai dengan level dan bisa mengikutinya.

 

6. Biaya kursus bahasa Inggris terjangkau

Biaya yang terjangkau jadi nilai tambah tersendiri. Apalagi setiap bulannya selalu ada promo program kursus. Khusus untuk bulan Mei ini, dari tanggal 2-11 Mei 2024 TBI Bandung menawarkan diskon sebesar 20% untuk seluruh program bahasa Inggris.  Untuk Info diskon sendiri akan dishare via sosial media TBI Bandung dan Whatsapp di 081314915970

 

7. Program kursus sesuai tingkat kemampuan & kebutuhan

Selain kelas untuk publik yang mencakup anak-anak hingga remaja, TBI Bandung juga memfasilitasi kebutuhan perusahaan maupun institusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris karyawan melalui program pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan bersama dengan tutor bersertifikasi internasional. Dengan demikian, karyawan perusahaan akan lebih banyak peluang untuk promosi jabatan dan juga pengembangan karir ke arah manajerial atau peran internasional.

 

Program-program TBI

 

Core Programmes
• Young Learner English

• Pre - Teenager English

• Teenager English

• Global English
• Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)
• Professional English

• Corporate Training

 

Customised Programmes

• Workshop for Professionals
• Private Classes

• International Exam Prediction Test

• Short Course

 

Powered by UTC

• ICAS
• Teacher Training

• CELTA
• Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)

• Digital Learning

 

Info lebih lanjut:

 

TBI Bandung

P: +62 81314915970 E:  info.bandung@tbi.co.id Website : www.tbi.co.id YouTube : The British Institute
Instagram : @tbibandung
Facebook : TBI Bandung

 

 

 


 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Copyright © Hana No Yuri. Blog Design by SkyandStars.co