Arti Hijab, di HIJUP, HIJAB Celebration Day 2019

Senin, Februari 25, 2019

Apa arti hijab buat kamu?



Bagi aku hijab atau jilbab merupakan suatu kewajiban dari Allah SWT yang harus dilaksanan para muslimah pada umumnya tanpa pengecualian. Eh, tapi itu pemahaman aku setelah belajar agama pada para ustadzah. Dulu, walau aku dibesarkan dalam keluarga yang cukup religius, aku masih belum paham benar kenapa para muslimah harus menutup aurat dan menggunakan hijab.

Saat itu, yang terpikir kalau tidak menggunakan hijab dan menutup aurat, aku akan mengecewakan orang tua terutama Mama. Jadilah saat aku akhil baligh aku menggunakan hijab (FYI aku menggunakan hijab saat umur 15 tahun, dimana saat itu aku cenderung tomboy, jadi sebenarnya agak merasa kesulitan juga memakai hijab karena merasa ngga bebas).

Perlahan – lahan Aku mulai paham makna berhijab, hijab merupakan perintah dari Allah SWT untuk melindungi, bukan untuk membatasi gerak perempuan. Tapi dulu, berhijab tidak semudah saat ini dan banyak stigma negatif yang justru dilekatkan kepada perempuan yang menggunakan hijab. Sehingga Aku sempat merasa tidak percaya diri dalam menggunakan hijab (tapi alhamdulillah ngga sampai terpikir untuk melepas hijab sih).





Dan sekarang, berhijab di Indonesia jauh lebih mudah namun tetap sulit untuk para muslimah yang ada di luar negeri sana. Hingga para muslimah di dunia sepakat mengadakan World Hijab Day yang dirayakan setiap tanggal  1 Februari. Dimana World Hijab Day, mengajak para perempuan merasakan bagaimana menyenangkannya saat menggunakan hijab dan membagikan kesan positif saat menggunakan hijab.

Oleh karena itu, dalam rangka mendukung Movement World Hijab Day, HIJUP kembali menghadirkan Hijab Celebration Day untuk kedua kalinya. Kali ini, HIJUP berkolaborasi dengan Islamic Nexgen Fest milik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) untuk menginspirasi para muslimah milenial agar dapat terus mengembangkan dirinya.




Epic Aerobic



Berbagai aktivitas mulai dari kegiatan olahraga, interactive talkshow, hingga bazar curated halal industry dihadirkan pada acara ini. Selain sebagai bentuk syiar untuk mengajak muslimah agar tetap produktif, kegiatan ini turut berperan dalam mendukung kemajuan industri halal Indonesia melalui pemaparan mengenai masa depan industri ini di Indonesia bersama Ibu Rini Soemarno,  Menteri BUMN.

Diajeng Lestari (Chief Executive Officer HIJUP), menyampaikan, “Sebagai rasa syukur kita semua yang lahir dan tumbuh di negeri multikultur dan demokratis ini, dengan berbagai kemudahan untuk mendapatkan produk-produk halal serta akses untuk beraktivitas dengan tetap mengenakan hijab dan sesuai syariat, HIJUP mengadakan Hijab Celebration Day.  
Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para muslimah untuk terus berkarya dan produktif yang selaras pula dengan campaign HIJUP, yakni #EmpowerChange. Hal utama pada kesempatan kali ini adalah menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan ekosistem industri halal yang diawali dengan sektor fashion muslim.”

Target menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia pada 2020 sudah di depan mata, sinergi dan kolaborasi dengan semua stakeholder merupakan solusi untuk mewujudkan visi bersama tersebut. Merujuk pada data State of the Global Islamic Economy Report 2018/19, untuk industri fashion muslim, Indonesia berada di peringkat ke-3 sebagai pasar fashion muslim terbesar dengan pengeluaran sebesar US$ 20Bn. 

Secara global, total pengeluaran pasar pada industri ini sebesar US$ 270Bn dan diprediksi meningkat 5% pada 2023 sebesar US$ 361Bn. Adanya peluang besar ini menjadikan Indonesia perlu terus meningkatkan kinerja dan sinergi yang menguatkan berbagai aspek dari hulu hingga hilir dan menjadi pemain di negeri sendiri maupun kancah internasional.

Ibu Rini M. Soemarno (Menteri Badan Usaha Milik Negara), memaparkan, “Kami berkomitmen memajukan industri halal Indonesia dengan sektor fashion muslim sebagai gerbong utama. Pada kesempatan ini pula, kami sampaikan insyaAllah Indonesia akan membangun distrik fashion muslim berstandar internasional di daerah Senayan. Kami harapkan sinergi dan kolaborasi semua pihak dari hulu hingga hilir dapat bersama-sama mengembangkan industri halal Indonesia.”

HIJUP, Hijab Celebration Day



Buat Aku, ini merupakan Hijab Celebration Day pertama yang Aku ikuti. Rasanya senang sekali bisa menjadi bagian dari rangakaian acara Hijab Celebration Day yang diadakan pada tanggal 17 Februari 2019. Berbagai aktivitas seperti Fun Run, Epic Aerobic, Interactive Talkshow, Nussa Corner hingga performance oleh RAN dan Vidi Aldiano disiapkan oleh HIJUP, dan Islamicnexgenfest. Rasanya ingin Aku ikuti semuanya, tapi, sayang banget Aku hanya bisa mengikuti epic aerobic dan interactive talkshow.




Interactive talkshow yang paling berkesan untuk aku ketika menghadirkan, Rachel Venya, Diandra Gautama dan tentu saja Diajeng Larasati Chief Executive Officer dari HIJUP, berbagi pengalaman saat pertama kali berhijab. Kalau Rachel bercerita pengalaman berhijab karena dari keinginan hati Rachel. Perlahan – lahan dukungan dari suami membuat Rachel memantapkan hati menggunakan Hijab.

Berbeda dengan Rachel, Diandra yang seorang pembalap wanita Indonesia, sempat ragu untuk berhijab karena pekerjaannya di dunia otomotif. Namun, dengan menguatkan tekad, Diandra mantap berhijab. Qodarullah, Allah SWT memudahkan Diandra untuk berhijab. Kekhawatirannya terkait pekerjaan dan penalty karena mengundurkan diri dan menggunakan hijab, tidak terbukti.

Terakhir, pengalaman berhijab Diajeng Larasati Founder dari HIJUP. Pengalaman Diajeng, sedikit mirip dengan pengalaman berhijabku. Saat itu, berhijab punya stigma yang kurang baik, kuno, ribet, terlihat tidak professional dan lain sebagainya. 

Hal tersebut yang dirasakan oleh Diajeng ketika masih bekerja saat atasannya mempertanyakan keputusannya menggunakan hijab. Namun, Diajeng membuktikan, dengan menggunakan hijab, bisa tetap terlihat professional, dan dari pengalaman ini, merupakan jalan bagi Diajeng membangun HIJUP.

Oia, acara ini didukung penuh oleh Himpunan Bank Milik Negara Syariah yang meliputi BTN Syariah, BNI Syariah, Mandiri Syariah, dan BRI Syariah serta Wika, Pertamina, Telkom, dan Pegadaian. Jadi, saat break Ishoma sehabis talkshow, Aku bisa mengunjungi booth – booth tersebut sambil melihat – lihat penawaran apa saja yang ditawarkan saat acara berlangsung.




Tidak hanya booth perbankan, booth kecantikan dan  booth pakaian muslimah seperti HIJUP, Ria Miranda dan Noore sport juga memeriahkan acara Hijab Celebration Day.



 Sudah cocok jadi BA Noore belum  ^0^ ? 



Sayangnya, aku ngga bisa mengikuti semua acara sampai selesai karena sudah ada janji dengan teman, interactive talkshow dengan Suhay Salim, Chiki Fawzi, Ria Ricis, Anisa Rahma, Syakir Daulay, Arief Muhammad, Prita Ghozie, Ahleyaa, dan Andanu Prasetyo terpaksa aku lewatkan.

Harapan Aku sih, untuk acara Hijab Celebration Day yang akan datang tidak hanya diadakan satu hari namun bisa lebih lama agar lebih bisa menjangkau muslimah dari seluruh wilayah Jabodetabek.

Kira – kira itu pengalaman yang bisa Aku bagikan di HIjab Celebration Day 2019, semoga kita bisa bertemu di Hijab Celebratrion Day 2020 ya.







41 komentar:

  1. Disainer luar negri jg bilang begitu. Indonesia bakal jadi kiblat mode baju muslimah. Seneng ya kalau bisa punya usaha ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, salah satu impian juga bisa punya usaha pakaian muslimah

      Hapus
  2. Hijab adalah wajib, nggak ada alasan dan tawar menawar bagi muslimah yang telah akil baligh.

    Hijab World Day semoga menjadi ajang silaturahmi, kontribusi bagi saudara2 kita setabah air maupun di belahan dunia lain agar lebih mudah mengakses informasi juga kebutuhan akan hijab itu sendiri.

    Semoga next 2020 bisa bersua bersama yaaaa

    BalasHapus
  3. Seruuu banget ya acaranya. HIJUP memang kereen

    BalasHapus
  4. Salut sama Diandra, sang pembalap wanita Indonesia. Meski awalnya ragu berhijab, namun Allah menguatkan. Jadilah beliau bisa semakin keren seperti sekarang dan mebuktikan hijabb bukanlah halangan untuk berprestasi

    BalasHapus
  5. Terimakasih infonya Mbak. Aku yang jauh dan ga tahu jadi nambah wawasan. Semoga setelah ada event ini makin banyak muslimah yang semakin solehah. Amin

    BalasHapus
  6. Wah ini deket rumahku, pantesan rame ada acara ini ya. Muslimah memang harus tetap sehat dengan terus bergerak aktif ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget! Terima kasih sudah mampir mba

      Hapus
  7. Mbak, aku lagi butuh pakaian sport muslimah, di Noore apakah ada plus size ? Soale aku liat di IG-nya gak ada yg plus size padahal pengin banget akutuh. Apalagi liat model pakaiannya yg sporty tapi teteup keliatan cantik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Mba, sport wear yang aku pakai sendiri ukurannya xxl

      Hapus
  8. Seru banget ya acaranya
    Itu kayaknya menarik banget mengunjungi semua booth2. Aku lho pengen nyari outer panjang. Kayaknya di sana ada deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba, Iya seru banget acaranya. Selain outer juga banyak jual perlengkapan lainnya mba

      Hapus
  9. Image hijab sekarang memang jadi lebih naik ditambah lagi banyak artis atau influencer yang mulai berhijab, jadi tambah banyak desainer muslim, sekarang juga hijab gak dianggap kuno lagi ya kak kaya dulu ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sekarang ngga pusing lagi mau hijab gimana karena sudah ada modelnya. Btw, makasih mba sudah mampir

      Hapus
  10. Kemantapan Menggunakan hijab semoga bisa menjadi jalan penuntun hijrah kita ke arah yang lebih baik dan insyaAllah istiqomah,aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga kita selalu istiqomah. Makasih sudah mampir ya Mba

      Hapus
  11. Sayang banget nih aku terlewat acara Hijup Celebration kemarin, padahal dekat sekali dengan rumahku. Seru sekali acaranya, apalagi disini juga banyak booth-booth kece ya.

    BalasHapus
  12. Wah ramai yaaa. Sayang kmrn gak ikutan. Moga tahun depan jg bisa ikutan.
    Kebayang serunya semua yang berhijab kumpul dan merayakan berhijab. Begitu pula dengan pameran2 industri halalnya keren.

    BalasHapus
  13. Seru banget acara iniii, aku kalau gak bawa bayi (Dan pas banget sedang kedatangan tamu bulanan, huhu), pengennya bisa lebih lama lagi disana. Pengen datangi semua Booth dan nonton Talkshownya juga, apalagi bintang tamunya keren2 ya. Yang pasti sih, semangat para Hijabers sangat terasa disana, jadi terpacu utk lebih mandiri dan kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next HCD 2020 semoga bisa sampai selesai ya ^^

      Hapus
  14. Seru banget acaranya.
    Acaranya bagus ini ..semoga diadakan di berbagai kota juga ya lain kali. Sehingga para hijabers ikut merasakan keseruannya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga HCD 2020 bisa di kota besar lainnya ya mba

      Hapus
  15. Aih seruuu..acaranya ramai banget ya mbak. Saya lihat mbak Evrina yang blogger itu ikutan acara ini juga. Ketemu gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru banget! Sempet ketemu dan foto - foto bareng juga

      Hapus
  16. Seru banget kalau hijabers kumpul semua di sini. Semoga diadakan lagi, ya

    BalasHapus
  17. Inspiratif banget nih, apalagi Banyak hijabers berprestasi ya. Aku suka dengan Rachel Vennya, sering ngikutin dia di IGnya. Seru banget nih acara.

    BalasHapus
  18. seru ya acaranya juga sangat bermanfaat, melihat koleksi fashion wanita berhijab jaman sekarang juga makin bervariasi, keren dan modern.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru banget acaranya, semoga tahun depan bisa ikutan juga ya mba

      Hapus
  19. Arti hijab buatku sendiri bukan hanya tentang menutupi bagian-bagian yang wajib untuk ditutupi ya karena masuk dalam kategori aurat, tapi lebih dari itu. Yaitu bentuk kecintaan kepada Allah karena telah memberikan qodar terlahir sebagai wanita muslim :) Acara Hijup ini keren banget, kemarin g berkesempatan hadir semoga next time bisa join :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, makasih sudah mampir semoga bisa ikutan di HCD 2020 6a

      Hapus
  20. AKu dulu sempat buka tutup. Sempat pas kerja nggak pakek, pulangnya pakek lagi. Pokoknya macam-macamlah cerita berhijab ini. Tapi nbismillah, insya Allah sekarang sudah menemukan makna hijab. Lebih pada hati dan kebutuhan. Semoga istiqamah, Amiin.

    BalasHapus

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Copyright © Hana No Yuri. Blog Design by SkyandStars.co