Kelas Online yang Wajib Diikuti Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Minggu, Mei 05, 2019

Hi, teman – teman sudah lumayan lama juga ya Aku ngga bercerita di blog. Mohon maaf ya, soalnya selain masalah teknis (laptop yang ngambek), Aku juga sedang sibuk mempersiapkan diri belajar dan mengikuti pre-test IELTS.

Buat sebagian teman – teman yang belum tau apa itu IELTS, IELTS adalah kepanjangan dari International English Language Testing System (IELTS) merupakan rangkaian tes yang dirancang untuk menguji kemampuan teman - teman dalam berbicara, mendengar, membaca, dan menulis bahasa Inggris.

Oia, bisa dibilang IELTS tidak berbeda jauh dengan TOEFL (Test of English as Foreign Language). Namun, lingkup IELTS lebih luas digunakan seperti negara – negara di Eropa dan negara persemakmuran. Jadi, kalau teman – teman ingin melanjutkan kuliah atau kerja di negara – negara Eropa, lebih tepat jika teman – teman mengikuti IELTS.

Karena salah satu impian Aku ingin melanjutkan pendidikan di Eropa (Aamiin ya Allah) maka, Aku butuh usaha ekstra keras untuk belajar bahasa Inggris agar lolos IELTS dengan nilai yang memuaskan. Menurut informasi yang aku dapat, minimal nilai IELTS yang diterima di universitas di negara – negara Eropa adalah 6,5 (namun ada juga yang mensyaratkan nilai minimal 7).

Kenapa nilai IELTS harus 6.5 keatas ? Teman – teman bisa melihat rinciannya disini ya.

Band score
Skill level
Description
Band 9
Expert user
You have a full operational command of the language. Your use of English is appropriate, accurate and fluent, and you show complete understanding.
Band 8
Very good user
You have a fully operational command of the language with only occasional unsystematic inaccuracies and inappropriate usage. You may misunderstand some things in unfamiliar situations. You handle complex detailed argumentation well.
Band 7
Good user
You have an operational command of the language, though with occasional inaccuracies, inappropriate usage and misunderstandings in some situations. Generally you handle complex language well and understand detailed reasoning.
Band 6
Competent user
Generally you have an effective command of the language despite some inaccuracies, inappropriate usage and misunderstandings. You can use and understand fairly complex language, particularly in familiar situations.
Band 5
Modest user
You have a partial command of the language, and cope with overall meaning in most situations, although you are likely to make many mistakes. You should be able to handle basic communication in your own field.
Band 4
Limited user
Your basic competence is limited to familiar situations. You frequently show problems in understanding and expression. You are not able to use complex language.
Band 3
Extremely limited user
You convey and understand only general meaning in very familiar situations. There are frequent breakdowns in communication.
Band 2
Intermittent user
You have great difficulty understanding spoken and written English.
Band 1
Non-user
You have no ability to use the language except a few isolated words.
Band 0
Did not attempt the test
You did not answer the questions.
sumber : BritishcouncilfoundationIndonesia


Dari table di atas menjelaskan jika teman – teman mendapatkan nilai diatas 6 berarti teman – teman sudah mampu memahami kalimat yang tidak umum dan cenderung kompleks, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

Kenapa hal ini penting? Karena ditingkat perkuliahan umumnya Dosen hingga literatur yang digunakan, menggunakan bahasa Inggris baku dibandingkan menggunakan bahasa Ingris sehari – hari dalam menjelaskan materi pelajaran.

Makanya, selain aku getol belajar secara offline (menggunakan buku hingga kursus) Aku tetap mengikuti kelas online dan aplikasi untuk mengulang – ulang materi bahasa Inggris yang pernah aku dapat.

Berikut ini kelas online dan aplikasi yang Aku ikuti


1. Coursera

Coursera merupakan salah satu kelas online yang menghubungkan pelajar dengan pengajar secara langsung. Salah satu keunggulan Coursera ini adalah pengajarnya merupakan tenaga ahli dari universitas ternama, selain itu juga disediakan kelas – kelas gratis untuk teman – teman yang minim budget seperti Aku, jadi teman – teman bisa belajar dengan gratis (jika ingin belajar dengan materi yang intensif dan mendapatkan sertifikat umumnya tidak gratis dan biaya yang dikenakan disesuaikan dengan materi yang akan diikuti).





2. Busuu

Busuu adalah jejaring sosial terbesar di dunia untuk belajar bahasa, yang menyediakan kursus 12 bahasa di web dan perangkat seluler kepada lebih dari 90 juta peserta didik di seluruh dunia.Oia, Busuu bisa diakses melalui smartphone loh!





3. IELTS Prep

IELTS Prep adalah aplikasi smartphone (teman – teman bisa mendownload di Apple Store atau Google Store) yang membantu teman – teman belajar IELTS. Pada aplikasi ini terdiri dari bagian – bagian yang sama persis saat teman – teman akan melakukan IELTS. Kelebihan dari aplikasi ini adalah teman – teman bisa terhubung dan melakukan pendaftaran IELTS dengan penyelenggara, jika teman – teman sudah merasa siap untuk melakukan tes.




Nah, kelas online dan aplikasi inilah yang aku gunakan untuk memaksimalkan bahasa Ingrisku. Namun, ada satu kendala yang sering banget aku alami yaitu saat harus streaming. Aku kesulitan untuk mendengarkan percakapan secara jelas jika hanya menggunakan speaker bawaan dari laptop (maklum laptopnya sudah sepuh T^T).

Makanya Aku butuh banget pendukung seperti headset, speaker atau laptop baru (mau ini banget ya Allah xD). Untungnya ada Iprice market place belanja online yang memberikan harga – harga terbaik. Enaknya Iprice, bisa searching barang dan harga serta membandingkan dengan toko – toko yang menyediakan  barang yang Aku butuhkan.


https://iprice.co.id/



Insya Allah, dengan ada fitur itu Aku ngga salah beli barang dan pastinya akan mendapatkan harga yang terbaik sesuai dengan budget yang Aku punya.

Sekian cerita Aku tentang kelas – kelas online yang sedang aku ikuti, semoga bisa menginspirasi teman - teman yang sedang menambah kemampuan bahasa Inggrinya.

Semoga bermanfaat ^^

22 komentar:

  1. Waa aku baru tau yul kalo ada kelas online belajar IELTS, jadi memudahkan kita yg sering sibuk buat belajar mandiri

    BalasHapus
  2. Wah, IELTS jadi ingat saat tes kerja, soalnya beginian semuanya. Bahasa inggris sangat penting dan belajarnya pun bisa online ya, asik.

    BalasHapus
  3. ooo baru tahu penjelasan score IELTS. dulu pas baru lulus kuliah, sempet mau kursus buat nguber score. dites awal dulu sbl kursus, lumayan score-nya. udah gitu malah ga daftar kursus karna keburu keterima kerja n nikah :D
    skr kalo dites lagi bubar semua deh udah lupa :D

    BalasHapus
  4. eh ada ya, mau lho saya, entah kapan nih bisanya

    BalasHapus
  5. Wah Ada kelas online nya. Soalnya kalau kursus biasa harus ke kelas dan biayanya lumayan

    BalasHapus
  6. makasih infonya ka, langsung saya save nih, untuk anak saya belajar bahasa inggris:)

    BalasHapus
  7. Senang ya sekarang ada banyak yang menyediakan kelas online, tapi kalau kelas online gitu memang sih speakernya kudu bagus juga biar jelas dengernya hehe.

    BalasHapus
  8. Aku udah banyak lupanya nih. Padahal pernah les, terus kerja dan nikah lalu menguaplah semua.

    BalasHapus
  9. Bener sekali kalau mau lanjut keluar negeri IELTS nya minimal 6.5. Thanks infonya, banyak juga ya ternyata tempat belajar IELTS online

    BalasHapus
  10. Aku dulu belajar sendiri kak, blom ada yang bisa belajar online kyk gini. Skrng enk banget ya, semua serba mudah.

    BalasHapus
  11. perkembang jaman semakin termudahkan ya.. apalagi ada aplikasi bisa belajar bahsa juga nih

    BalasHapus
  12. Pas banget lagi cari info utk si sulung yang Insya Allah ( kalo diterima) kuliah di malaysia

    BalasHapus
  13. Busuu itu pas nih bisa install di hape berarti yah,biar belajar bisa kapan saja

    BalasHapus
  14. Senangnya ikut perkembangan teknologi. Aplikasi di how bnyk membantu termasuk belajar bahas Inggris

    BalasHapus
  15. Zaman now memang kita lebih dimudahkan ya, Mbak.
    Termasuk soal kelas-kelas online. Dan ini bisa diikuti di mana saja kita pas berada.

    BalasHapus
  16. Solusi banget nih buat yang kesulitan ke luar rumah. Tetap bisa belajar secara online

    BalasHapus
  17. Bahasa Inggris aku dodol banget. Padahal kepengen bisa. Mestinya belajar sendiri juga bisa ya, banyak aplikasi yang dapat membantu. Nanti mau merahinkan diri lagi ah. Speaker dan headsetnya menambah semangat belajar ya Mbak

    BalasHapus
  18. Wuah luar biasa usaha kerasnya mba, semoga terwujud harapannya
    Sekarang udah enak banyak media utk bisa kursus online jadi lebih efisien

    BalasHapus
  19. Kalau online dimanapun bisa ikut asal jaringan dan fasilitasnya tersedia ya, kapan-kapan saya mau belajar di kelas online juga, bahasa inggris saya jelek.

    BalasHapus
  20. waah noted nih aku lagi belajar toefl online dulu abis itu lanjut ielts aaah hihi, semoga konsisten amiin

    BalasHapus
  21. Senengnya ada kelas online yang bikin kita bisa menambah ilmu dengan praktis dan ekonomis.
    Makasih sharingnya...bisa buat anakku yang kelas 9 ini..

    BalasHapus
  22. Wah makasih infonya Yul. Aku juga pengen deh kursus bahasa Inggris tapi ga perlu keluar rumah gitu.

    BalasHapus

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Copyright © Hana No Yuri. Blog Design by SkyandStars.co