Cara Mencegah Hidung Tersumbat, Rhinitis Karena Alergi Dengan Menggunakan QUIXX Nasal Protection

Rabu, Maret 17, 2021

Assalammu’alaikum teman – teman, bagaimana kabarnya di bulan ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat walau kita masih menghadapi pandemic Covid-19 di tahun 2021 ini (aamiin).

Ngomong – ngomong tentang Covid-19, sebelum ada penjelasan terperinci mengenai gejala Covid-19 pada saat awal kemunculannya di bulan Maret tahun 2020, membuat aku sempat salah menduga mengenai gejala yang timbul. 

Di tahun tersebut aku cukup sering mengalami masalah pernapasan yang disebabkan karena hidung tersumbat baik menjelang tidur atau saat bangun pagi. Makanya saat itu sempat terlintas, duh jangan – jangan Covid – 19 nih. Alhamdulillah, setelah banyaknya informasi yang diedarkan oleh pemerintah, peneliti dan pemerhati Covid-19, aku jadi bisa meyakini kalau aku tidak terkena Covid-19.

Lalu aku terkena apa dong? Menurut berbagai sumber yang aku cari di google maupun konsultasi ke dokter klinik, aku mengalami reaksi Rhinitis alergi yang menyebabkan hidungku tersumbat. Gejalanya adalah sebagai berikut :

  1. Sakit tenggorokan.

  2. Sering sakit kepala.

  3. Hidung tersumbat dan berair.

  4. Rasa kelelahan yang berlebihan.

  5. Berkurangnya sensitivitas hidung.

  6. Hidung terasa gatal dan bersin-bersin.

  7. Lingkaran bawah mata menjadi lebih gelap.

  8. Rasa tidak nyaman atau iritasi ringan di daerah sekitar hidung.

  9. Kulit kering, gatal, dan sering lecet. Kondisi ini disebut dengan eksim.

Dari 9 gejala di atas (kecuali nomor 9), nomor 1 – 8 paling sering aku alami, untuk itu menurut anjuran dari dokter agar tidak mengalami gejala alergi berulang seperti di atas adalah menjauhi alergen atau penyebab dari alergi (untuk penyebab alergi, masih menjadi peer buat aku karena belum memeriksakan diri secara lengkap agar dapat mengetahui kalau aku alergi terhadap apa saja). 

Namun, jika kita tidak dapat menghindari penyebab alergi, bisa juga dengan cara mencegah hidung tersumbat, Rhinitis akibat reaksi alergi dengan menggunakan nasal spray yang mengandung Hydroxypropyl Methylcellulose.

Apa sih Nasal Spray? Apa fungsi dari Hydroxypropyl Methylcellulose? 2 pertanyaan ini akan aku coba jawab berdasarkan referensi yang aku dapat. 

  1. Nasal Spray 

Nasal Spray adalah istilah pada kemasan yang dikhususkan penggunaannya di area bagian dalam hidung. Kemasannya serupa dengan botol obat tetes mata yang bisa ditekan dan memiliki kepala (plug) yang panjang dan ujungnya meruncing. Hal ini bertujuan agar botol kemasan dapat masuk ke lubang hidung dan dapat menyemprotkan serbuk yang berada di dalam botol nasal spray dapat keluar tepat mengenai area yang dituju.


  1. Hydroxypropyl Methylcellulose

Hydroxypropyl Methylcellulose disingkat HPMC merupakan kelompok selulosa eter di mana gugus hidroksil telah disubstitusi dengan satu atau lebih dari tiga gugus hidroksil yang ada dalam cincin selulosa (mengacu pada gambar).  




HPMC mempunyai sifat yang unik, selain dapat larut dalam air (hidrofilik) HPMC juga dapat larut dalam pelarut organic (dilarutkan tanpa air). HPMC umumnya tidak berbau dan tidak berasa, dapat digunakan secara efektif sebagai pelindung dan bahan baku pelapis karena memiliki sifat sebagai penghalang yang memiliki kekuatan serta kelembaban sedang. 

Aplikasi potensial HPMC di bidang biomedis telah menarik perhatian besar dari para ilmuwan dan akademisi karena biokompatibilitasnya yang sangat baik dan toksisitas yang rendah. (Sumber : Sciencedirect.com)

Gimana? Teman – teman mulai pahamkan dari dua penjelasan singkat di atas? Kalau sudah, aku ingin merekomendasikan teman – teman yang mengalami Rhinitis alergi untuk menggunakan QUIXX Nasal Protection. Biar makin jelas, yuk kita kenalan dengan QUIXX NASAL PROTECTION.


QUIXX NASAL PROTECTION

Apa itu QUIXX Nasal Protection? 


QUIXX Nasal Protection merupakan produk semprot pelindung hidung (nasal spray) yang berfungsi sebagai perlindungan awal untuk membantu mencegah masuknya udara kotor, kuman dan bakteri ke dalam hidung. Terdiri dari dua bahan baku utama yaitu Hydroxypropyl Methylcellulose dan Peppermint berbentuk bubuk. QUIXX Nasal Protection berawal dari Inggris, dengan merek dagang asli NASALEZE (nasaleze.com) yang sudah dipasarkan secara internasional di lebih dari 30 negara di seluruh dunia.


Bagaimana cara kerja QUIXX Nasal Protection?


Bubuk QUIXX Nasal Protection yang disemprotkan ke dalam hidung berubah menjadi lapisan gel pelindung. Gel pelindung ini berfungsi sebagai garis pertahanan pertama untuk menghalangi partikulat berbahaya seperti polusi (PM10 hingga PM2,5), Alergen (bagi yang alergi rinitis, sinusitis, dll), bakteri, kuman, dan virus umum (seperti influenza). Selain itu aroma Peppermint pada QUIXX Nasal Protection memberikan sensasi segar, dingin dan melegakan pernapasan.


Apakah QUIXX Nasal Protection aman digunakan oleh siapa saja?


QUIXX Nasal Protection berbahan dasar alami, bukan obat dan tidak menyebabkan kantuk, sehingga dapat digunakan oleh orang dewasa, atlet, ibu hamil dan menyusui serta anak – anak di atas 18 bulan.


Apakah QUIXX Nasal Protection bisa digunakan berkali – kali dalam sehari?


Sebaiknya QUIXX Nasal Protection dipakai saat akan terpapar polusi, udara kotor & allergen, namun QUIXX bisa dipakai 2-3x sehari dengan rentang waktu perlindungan 6-8 jam dalam sekali pemakaian.


Apakah QUIXX Nasal Protection bisa dipakai untuk jangka panjang?


QUIXX Nasal Protection bisa dipakai jangka panjang karena Natural Ingredient dan tidak diserap ke dalam tubuh/paru-paru.


Review QUIXX Nasal Protection


Sebelum aku memutuskan merekomendasikan ke teman – teman dan membeli QUIXX Nasal Protection, aku mendapatkan informasi tentang QUIXX Nasal Protection dari kenalan aku yang bekerja dibidang kesehatan. Kemudian, aku tertarik mencari informasinya lebih lengkap melalui https://quixx.co.id/.


Dari website, aku tau apa itu QUIXX, bagaimana cara penggunaan QUIXX Nasal Protection serta manfaatnya. Menurut website QUIXX, ada 4 langkah dalam penggunaan QUIXX Nasal Protection, yaitu :


  1. Kocok botol agar bubuk tidak menggumpal dan tercampur rata.

  2. Hembuskan Nafas sebelum pemakaian.

  3. Arahkan Botol ke lubang hidung, dan semprot QUIXX sebanyak 1 – 2 kali hingga bubuk keluar dan memenuhi lubang hidung, kemudian hirup secara perlahan. 

  4. Produk dinyatakan bekerja jika ada sensasi dingin dari aroma peppermint.



 



 

Akhirnya aku memutuskan untuk membeli QUIXX Nasal Protection di official store Menarini Tokopedia. Ternyata, jika teman – teman membeli di official store Menarini Tokopedia, teman – teman akan mendapatkan free masker lucu serta free ongkir (QUIXX juga tersedia di Shopee, Lazada, dan Blibli). Oia, jika butuh cepat teman – teman bisa membeli QUIXX di berbagai jaringan apotek seluruh Indonesia yaitu Guardian, Century, Viva Health, Kimia Farma, K24, dan Apotek Roxy.  




Setelah 4 hari berselang QUIXX Nasal Protection sampai juga ke tempatku (tips, untuk pengantaran jangan menggunakan antareja karena lama). QUIXX Nasal Protection yang aku pesan berukuran 800 miligram dengan klaim 200 kali spray untuk 2 hidung.

Berdasarkan cara penggunaanya, ketika QUIXX Nasal Protection akan digunakan pertama kali, botol dari QUIXX Nasal Protection harus diuji dulu daya semprotnya agar mendapat dosis ideal (jarak semprotan untuk dosis ideal adalah 10 hingga 15 cm). Selanjutnya, cara penggunaannya sama persis dengan yang aku tulis di atas.





Setelah aku mencoba QUIXX Nasal Protection, awalnya aku merasakan hidung aku geli disertai sensasi segar dan dingin. Kemudian selama 6 – 8 jam aku penasaran, kira – kira seperti apa ya bagian dalam hidung aku setelah disemprotkan QUIXX Nasal Protection? Ternyata bagian dalam hidung aku tetap bersih (mungkin bagian dalam hidung aku tetap bersih karena selama beberapa bulan ini selalu di rumah saja). 




Karena QUIXX Nasal Protection berfungsi untuk melindungi membrane hidung dan menghalangi partikulat berbahaya seperti polusi (PM10 hingga PM2,5), Alergen (bagi yang alergi rinitis, sinusitis, dll), bakteri, kuman, dan virus umum (seperti influenza), maka amat disarankan menggunakan QUIXX Nasal Protection sebelum menggunakan masker dan beraktifitas di luar rumah.

Buat teman – teman yang masih penasaran dan ada pertanyaan, bisa dengan bertanya di kolom komentar aku. Semoga pertanyaan dari teman – teman bisa aku jawab. Terima kasih sudah membaca blog aku, salam.

Keterangan QUIXX Nasal Protection di e-commerce


No

Spesifikasi

Tokopedia

Shopee

Lazada

Blibli

1

Ukuran

800 mg

800 mg

800 mg

800 mg

2

Harga

93750

93750

125000

94800

3

Diskon/Cashback

Diskon

Diskon

Tidak

Diskon

4

Free Gift

Masker SOVLO

Tidak

Ya

Tidak

5

Free Ongkir

Tidak

Ya

Tentative

Tentative

57 komentar:

  1. ini kayak yang pernah aku liat dulu di fb kali ya, yg dokter nyemprot idung bayi sampe ingusnya keluar semua, tp bayinya ga nangis sama sekali hahaa

    BalasHapus
  2. Duh sedih Mba, ada beberapa gejala yang sama dirasain anakku dari 8 gejala yang mba rasain di atas. Anakku pun belum diperiksain, apalagi cek alergen..lagi pandemi gini juga kan ya. Aku jadi pengen beli Quixx nassal juga buat anakku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nh iya ya, kalau alergi itu bikin sedih, dikit-dikit kena hidung tersumbat.
      Memang wajib stok Quixx Nassal gini.
      Karena orang dewasa aja ga nyaman, apalagi anak-anak ya.
      Jadi super rewel deh

      Hapus
  3. Kalau saya dulu sering stock nassal buat anak-anak pas masih bayinya.
    Mereka tuh paling sering terkena hidung tersumbat, dan kalau udah gitu, ampun rewelnya.

    Kalau saya biasanya kena hidung tersumbat kalau pas lagi batpil, trus minum es, wadohhh, malamnya ga bisa tidur tuh, ga bisa nafas.

    Harus banget stock Quixx nassal ini :)

    BalasHapus
  4. Tadi sempat lihat di Instagram produk ini dan mau cari tahu info lengkapnya, ternyata aman ya untuk anak-anak pengen coba ahh

    BalasHapus
  5. wah baru tahu ada nasal protection ini ^_^ hidung jadi gak tersumbat lagi ya, bagus buat yang suka alergi ya mba. Makasih infonya

    BalasHapus
  6. Produk ini bakal kepake banget apalagi di masa pandemi seperti sekarang ya mba
    QUIXX Nasal Protection memang kudu ada di kotak obat rumah kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak Nurul, pandemi begini saluran hidung dan pernafasan rawan sekali terkena virus harus benar-benar dijaga kesehatannya. Selain pakai masker juga butuh perlindungan QUIXX Nasal Protection

      Hapus
    2. Yupp

      apalagi belakangan ini, hidungku sering gatel2 gitu mba :D
      Apa kebanyakan pake masker kali ya wkwkwk

      Hapus
  7. Setelah baca ini jadi tahu bahwa bukan hanya sekadar pilek tapi tanda alergi. Untung aja nambah informasi juga kan. Harus beli juga.

    BalasHapus
  8. Ampuh banget nih QUIXX Nasal Spray, awalnya aku takut2 ngeri tersedak gitu ternyata sesudah dipakai malah suka & nyaman alergi debu pun bisa teratasi

    BalasHapus
  9. wah manfaatnya banyak ya, jadi kudu sedia QUIXX Nasal Protection di kotak P3K dirumah bahkan harus sedia di tas juga.

    BalasHapus
  10. Aku mau coba QUIXX Nasal Protection juga deh soalnya kalau habis beres-beres atau kena debu, hidung suka tersumbat dan itu jelang tidur. Asli gak nyaman banget deh

    BalasHapus
  11. Ternyata mudah menggunakan QUIXX Nasal Protection yaa..
    Aku pikir bakal sakit gimana...kayanya seger kalau dikasih cairan gitu.

    BalasHapus
  12. sebagai orang yang memang punya alergi, kayanya aku harus coba nih yaa quixx nasal spray ini nih, apalagi kalo udh alergi debu duh ampun deh

    BalasHapus
  13. Nah cocok nih produknya untuk sekarang ini ya. Ga hanya melindungi dari virus tapi juga udara kotor.

    BalasHapus
  14. aku baru ngeh nih mba ada nasal protection seperti ini. asli enak memang yaaa dan bagus

    BalasHapus
  15. aku kira awalnya obat tetes mata waktu banyak yang post di instagram ternyata buat hidung, ini ngebantu banget deh mba.

    BalasHapus
  16. Sukurlah bukan covid ya Mbak. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan

    BalasHapus
  17. bisa untuk hidung tersumbat ya mba, aku jug apake ini sebelum pake masker

    BalasHapus
  18. Aku dan keluarga belum pernah mengalami gejala seperti itu sih (miga2 tidak pernah) jadi m pernah pakai nasal spray juga. Tapi terima kasih infonya, bisa jadi pengwtahuan baru dan jaga2 kalau sewaktu-waktu ada yg butuh..

    BalasHapus
  19. Wah, kayaknya perlu nih nyetok QUIXX Nasal Protection
    supaya tenaaangg kalo mau pergi2 selalu bawa dan tinggal semprot ajah

    BalasHapus
  20. Alami dan aman digunakan, ya, Mbak. Apalagi bisa buat melindungi pernafasan dari partikulat yang berbahaya. Cocok nih buat yg tinggal di perkotaan.

    BalasHapus
  21. Mbak hidungku tu alergian gitu, kalau ada debu meski tipis pasti tu langsung bersin dan sensitif dengan aroma

    Masih di toko online ya, kalau di apotek off line sudah bisa didapat belum y

    BalasHapus
  22. Wah penting nih buat yang memiliki hidung tersumbat btw harga di ecommerce itu beda2 ya ... hehe...

    BalasHapus
  23. Baru tahu kalau ada nassal protection juga untuk orang dewasa. Selama ini tahunya untuk bayi saja.

    BalasHapus
  24. Oo, Nassal ini bentuknya bubuk, toh? Saya kira cairan mbak. Ketika baca saya sudah bayangin bersin gak ya kalau habis disemprot? Ternyata ada sensasi dingin khas pepermint. Wah, kok sepertinya menyenangkan yaa. Jadi penasaran saya mbak pingin mencoba

    BalasHapus
  25. Suamiku pakai ini juga karena hidungnya mudah tersumbat dan bikin tidurnya jadi ngorok. Pake ini katanya hidung lebih lega.

    BalasHapus
  26. waa aku baru tau produk ini niih, jadi pengen beli juga deh buat sedia di rumah , kadang kadang emang suka butuh juga yaaa, mumpung besok mau ke guardian mau cari ah

    BalasHapus
  27. Itu kan bentuknya bubuk ya, apa gak malah bersin mba kalo dimasukin ke hidung, kan biasa gitu hidung kita klo kemasukan serbuk malah bersin hehe

    BalasHapus
  28. Wah yang punya rhinitis kebantu banget ya dengan quixx ini. Jadi lebih enakan hidungnya. Cara penggunaan nya juga cukup mudah

    BalasHapus
  29. Daku punya alergi dingin sama debu kak, jadinya gampang bersin2. Selain jaga kesehatan tubuh, pakai QUIXX juga dapat membantu

    BalasHapus
  30. Hidung tersumbat tuh ga enak banget deh rasanya, tidur pun ga nyenyak. Btw ini bisa juga ga ya buat sinus soale kalau dah kambuh nyiksa banget huhu.

    BalasHapus
  31. Wah pas banget ini saya punya rhinitis kak, thank you bgt udh share tulisan ini

    BalasHapus
  32. Banyak yg rekomend ini juga nih, anakku yg alergi debu dan bulu disarankan untuk pake produk ini juga

    BalasHapus
  33. Nasal ini skarang harus jadi barang wajib buta lindungi diri ya mba dari paparan polusi juga. Cara gunakannya pun mudah :)

    BalasHapus
  34. nah, suamiku sering mengalami nih mba, apalagi setiap pagi, kumat alerginya.
    belum pernah cobain nassal, kayaknya perlu dicoba nih..

    BalasHapus
  35. Anak saya sering bersin di pagi hari karena alaergi. Berarti aman ya kalau pakai ini. Soalnya kasihan juga kalau bersin terus

    BalasHapus
  36. Wah QUIXX Nassal ini aman untuk bumil dan balita ya. Kalau gitu wajib ada nih di kotak P3k dirumah

    BalasHapus
  37. bisa untuk seluruh anggota keluarga ya.
    perlu ada di rumah nih, apalagi jika terpaksa harus keluar rumah, biar lebih tenang...

    BalasHapus
  38. waaaa, aku baru tahu produk ini.... ternyata kandungannya ga hanya nacl seperti nassal spray yang biasa ku pakai.... thanks infonya ya mbaaa....

    BalasHapus
  39. Lihat foto menghirup nasal spray berasa ikutan lega, hahaha.
    Temenku ada yang punya gejala mirip deh. Kasihan liatnya, apalagi kalau udah terlanjur bersin, bakal bersiiin terus. Aku coba rekomendasikan produk ini deh.

    BalasHapus
  40. Aku banyak ngobrol sama dokter juga tentang rhinitis ini. wah, mba udah coba dan reviewnya oke mba. Coba nanti aku mau juga. Thanks udah sharing ya mba.

    BalasHapus
  41. wahhh saya baru tahu nih produk ini, Mba. dan sepertinya harus di-stok di rumah karena anakku alergi debu. eh btw, ini aman untuk anak kan, Mba?

    BalasHapus
  42. Seneng banget aku sekarang tau ada QUIXX bis aatasi alergi hidung aku juga, kalau dingin suka bersin-bersin terus apalagi kalau banyak debu

    BalasHapus
  43. Aku pengidap alergi rinitis mbak. Belakangan lagi parah banget >.< Udah pake nasal protection merek lain tapi ga mempan. Aku jadi mau coba quixx aja nih sepertinya.

    BalasHapus
  44. Sebuah terobosan baru ini mbak, aku baru tau soal quixx alhamdulillah ya bisa untuk perlindungan diri kita. Soalnya aku juga termasuk yang kalo dingin dikin langsung bersin

    BalasHapus
  45. Dulu kuliahnya Kimia kah, kak Yulia?
    Soalnya penjelasan mengenai Hydroxypropyl Methylcellulose ini sangat Kimia banget, hehehe..
    Aku jadi buka Fessenden F. Fessenden lagi.

    Bagus sekali berarti yaa...menggunakan QUIXX Nasal Protection, terutama di saat hidung sedang tidak nyaman dan akan bepergian.

    BalasHapus
  46. aku nyetok pembersih buat hidung juga, mba, tapi bukan merk ini. makasi yaa infonya, bisa jadi opsi kalau punyaku udah habis

    BalasHapus
  47. Nah ini nih yang aku pengen punya. Sejak pandemi, alergiku gampang banget kambuh. Kalo hidungnya dibersihkan dengan Quixx mungkin bisa gak kambuhan lagi deh alergiku.

    BalasHapus
  48. wah makasih mbak, ini anakku yang tengah lagi alergi hidung juga, kayaknya memang alergi jadi setiap pagi dia bersih bersin dan keluar ingus, binung diapain ya, makasih rekomendasinya mbak

    BalasHapus
  49. Saya sudah baca
    Sudah rekomendasikan ke teman juga
    Soalnya beberapa diantaranya bermasalah sama hidung juga

    BalasHapus
  50. Hiyaa..kemana aja saya selama ini. Malah baru tahu lho untuk pertama kalinya, tentang QUIXX nassal..setelah baca postingannya mbak.

    BalasHapus
  51. Wah ini bisa jadi solusi hidung tersumbat jadi enak buat bobo dong ya. Aku belum pernah coba QUIXX sih, tapi kata temen-temen bagus untuk kesehatan hidung

    BalasHapus
  52. cocok banget ya Mbak digunakan saat sekarang ini, apalagi yang sering mengalami gangguan pernapasan ya.
    itu selain dispray ke masker bisa dihirup langsung juga ya, lebih segar lagi pasti ya :)

    BalasHapus
  53. Wahh.. Baru faham sekarang. Jadi jangan salahkan asam lambung terus ya kalau bangun tidur pusing atau tenggorokan sakit. Terimakasih info pentingnya, Mbak Yuli
    😀

    BalasHapus

Bagi teman - teman yang selesai membaca, terima kasih untuk komentarnya. Author, amat menghargai saran dan kritik setelah membaca blog ini. Salam ^^

Copyright © Hana No Yuri. Blog Design by SkyandStars.co